SUKA SNORKELING? JANGAN LEWATKAN PULAU KANAWA!

SUKA SNORKELING? JANGAN LEWATKAN PULAU KANAWA!

Thursday, 04-05-2017 | 06:46

Moorish idol

 

Banyak pilihan snorkeling spot di perairan Taman Nasional Komodo di Flores, NTT. Tapi satu yang tak boleh dilewatkan selain Pink Beach adalah Pulau Kanawa. Pulau yang menjadi lokasi bagi salah satu resor di TN Komodo ini cukup populer dan pasti dikunjungi oleh wisatawan yang ke TN Komodo. Bahkan ada kapal yang berangkat rutin dari Labuan Bajo, kota gerbang masuk ke TN Komodo, untuk mengangkut tamu-tamu yang menginap di pulau ini.

 

Ikan badut (clown fish) yang lebih dikenal sebagai ikan nemo. Ini jenis yang berbeda dari nemo yang di film

 

Urusan menginapnya sih saya no comment karena nggak pernah nyoba, bahkan saya nggak menginjak pantainya waktu akhir April 2017 lalu kapal yang saya tumpangi merapat di dermaga pulau ini. Saya hanya menginjak dermaganya untuk kemudian langsung nyemplung ke laut di depan pulau, lengkap dengan peralatan snorkeling yang sudah terpasang.

 

Jerniihh...

 

Jerniih...Beniiing

 

Saya mengawali snorkeling dari sisi sebelah kiri dermaga. Bening airnya, tapi o owww.... banyak sekali bulu babinya! Saya langsung kicking dengan hati-hati karena air agak sedikit dangkal –rasanya jarak saya dengan duri-duri panjang bulu babi sangat dekat. Tak mau ambil risiko nyenggol bulu babi, saya langsung mengarahkan diri saya ke tempat yang lebih dalam. Juga menyusur berenang ke arah kanan dermaga. Waaah, terumbu karangnya bagus dan variatif, ikan-ikan karangnya pun banyak dan warna-warni. Ikan damsel, ikan kakatua, nemo, moorish idol, surgeon fish, bat fish, fusilier, ikan cucut, lion fish, clam, penyu, kepiting, jenis ikan-ikan grouper, bahkan saya nemu kerapu bebek yang cantik dengan totol-totol hitamnya itu dan giant trevally. Ah senangnya bermain-main dengan mereka.... Paling excited saat menghampiri gerombolan ikan yang sedang mematuk-matuk karang mati, dan mereka pun langsung bubar begitu saya mendekat. Seruu...

 

Kerapu bebek yang cantik juga ada

 

Lion fish berenang-renang. Hati-hati jangan sampai tersentuh ikan ini

 

Sebagai penyelam, standar saya untuk sebuah snorkeling spot cukup tinggi. Kalau yang biasa-biasa aja sih saya cepet bosen. Nah, Pulau Kanawa bikin saya betah, dan menurut penilaian saya masuk dalam daftar one of the best snorkeling spots in Indonesia. Jadi Trippers jangan sampai skip snorkeling di Kanawa kalau berkesempatan mengeksplor TN Komodo ya... Apalagi ada bonus sunset juga.

 

Sunset di depan Pulau Kanawa

 

O ya karena Kanawa dimiliki oleh pihak resor, jadi kapal yang bersandar di dermaganya dikenai kutipan sebesar Rp 100.000. Bahkan dulu sempat diberlakukan tiket masuk untuk setiap tamu yang datang menginjakkan kaki ke Kanawa sebesar Rp 100.000. Untung sekarang aturan itu sudah dihapus. Hanya saja, bagi Anda yang turun ke pantai di Kanawa, jangan duduk di kursi-kursinya karena itu ada tarifnya. Happy snorkeling!

 

Kapal sandar di Pulau Kanawa harus bayar

 

Baca juga “Dendamku’ Pada Pulau Padar Terbalaskan Sudah

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


861

Back to Top