APA SPOT SNORKELING PALING CANTIK DI RAJA AMPAT? PULAU FRIWEN JAWABNYA!

APA SPOT SNORKELING PALING CANTIK DI RAJA AMPAT? PULAU FRIWEN JAWABNYA!

Thursday, 13-06-2019 | 20:41

Pantai di Pulau Friwen, begitu menggoda

 

Kalau ditanya di mana spot snorkeling paling cakep di Raja Ampat, saya akan menjawab dengan cepat, “Friwen!” Jujur, butuh beberapa kali snorkeling trip bagi saya untuk akhirnya menyimpulkan inilah spot snorkeling yang memenuhi hasrat saya akan keindahan bawah laut.

 

Terumbu karang cantik di Friwen Wall

 

Pertama, kedua dan ketiga kali mampir di Friwen tahun 2015 dan 2016, saya hanya tahunya Friwen ya satu pulau kosong yang satu sisinya pantai cantik berpasir putih yang sepi, dan sisi lainnya berupa wall tempat kami terjun langsung dari speedboat untuk snorkeling. Maka saat tahun 2017 saya mampir lagi ke Friwen tapi penampakannya sangat beda –bukan hanya keberadaan warung-warung tapi juga garis pantai yang lebih panjang—saya agak bingung.

 

Baca juga: "Yang Masih Perawan di Raja Ampat: Kali Biru"

 

Ternyata o ternyata Pulau Friwen memang ada dua, berdekatan. Pulau yang lebih kecil yang bentuknya mirip tanda panah ke atas namanya Friwenbonda. Luasnya hanya 0,12 km2, total coastline-nya 1,7 km. Di pulau inilah saya dan rombongan pernah bermain-main di pasir pantainya yang berupa ceruk, foto-foto gelimpangan aneka gaya. Sepiiii.... Nggak ada warga, apalagi rombongan lain. Di sinilah juga terdapat Friwen Wall di sisi utara pulau yang terumbu karangnya cantik dan ikannya banyak. Memuaskan deh snorkeling di sini. Spot ini juga salah satu favorit para penyelam.

 

Pantai di Friwenbonda yang sepi dan asyik buat gegelimpangan

 

Cantiknya Friwen Wall

 

Pulau satunya lagi namanya Friwen saja, berjarak 500 m di barat laut Friwenbonda. Lebih besar, luasnya 0,2 km2, total coastline-nya 2 km. Garis pantai yang bisa dibuat main dan berenang-renang cantik memang lebih panjang, berada di sisi utara. Gradasi air lautnya benar-benar menggoda.

 

Pantai Friwen, gradasi air lautnya menggoda

 

Di sini lebih ramai. Sudah tampak jejeran warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman termasuk pisang goreng dan kelapa muda. Toilet umum berbayar juga ada. Di garis pantainya selalu terlihat banyak speedboat wisatawan merapat. Dan yang menjadi ciri khas adalah adanya ayunan panjang di bawah pohon besar di bagian pantai sebelah kanan, sisi barat. Tampak banyak anak-anak lokal bermain ayunan seperti Tarzan lalu menceburkan diri ke air laut. Kita mau coba juga bisa lho.... Dan dari sisi ini kita bisa menyaksikan sunset.

 

Jejeran warung-warung di Pantai Friwen

 

Speedboat wisatawan merapat di Pulau Friwen

 

Ayunan di Pantai Friwen

 

Mau coba main ayunan?

 

Pulau Friwen ini berpenghuni. Anak-anak di sini kalau sekolah naik speedboat ke Desa Yenbeser yang berada di Pulau Gam tepat di seberangnya, berjarak sekitar 1 km ke arah barat. Pulau Friwen juga nggak jauh dari pesisir Pulau Waigeo yang banyak terdapat resor-resor, juga dari mulut Teluk Kabui. Jadi Pulau Friwen strategis juga untuk dijadikan homebase selama di Raja Ampat. Ada dua homestay di sini, di sisi utara dan selatan. Sedangkan di Friwenbonda ada satu homestay. Tapi saya nggak pernah mampir melihat-lihat homestaynya. Yang jelas sih sinyal telepon masih dapat di sini.

 

Anak-anak lokal Pulau Friwen

 

O ya, snorkeling di Friwen Wall kita bisa menyaksikan schooling yellow tail fusiliers, ikan badut (nemo) dan anemonnya, aneka terumbu karang warna-warni termasuk sea fan, juga celah di antara dua batu karang yang bagus sebagai lokasi foto. Kadang arus di sini cukup deras karena berupa selat dalam antara Friwen dan Friwenbonda. Jadi minta pemandu Anda untuk mengecek dulu kondisi arus sebelum Anda terjun dari boat. Yang belum biasa snorkeling akan panik begitu turun lantas terkena arus apalagi konturnya bukan shore, tapi wall.

 

Spot foto cantik di Friwen Wall

 

Cara ke Raja Ampat Papua Barat bisa dibaca di sini.

Teks: Mayawati NH Foto: Anita Hia, Hernawati Soekarseno, Mayawati NH, Zakarias Wader

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


773

Back to Top