PULAU MENJANGAN BALI, COCOK BUAT WEEKEND GETAWAY 2020-04-06 00:00

Underwater di perairan Menjangan

 

Kalau wabah Corona sudah berlalu –semoga secepatnya-- pasti banyak yang kepengen langsung ngetrip. Tapi sayangnya, mungkin banyak yang nggak bisa ambil cuti karena sekian lama work from home, kinerja kurang optimal, harus segera ‘dipulihkan’ dengan kerja lebih keras. Tapi kepala rasanya mau meledak kalau nggak dibawa pelesiran ya.... Jalan satu-satunya ya perginya saat weekend. Tapi mau yang agak jauhan. Bukan cuma ke Bogor atau Bandung (bagi warga Jabodetabek). Bali OK. Tapi masak ke area Kuta dan Ubud lagi? Coba deh ke Pulau Menjangan.

 

DI MANA?

Pulau Menjangan berada di Taman Nasional Bali Barat. Terletak 10 km di lepas pantai barat laut Pulau Bali. Masuk dalam wilayah Desa Sumber Klampok Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng,  Bali.

 

Baca juga: "Serunya Berfoto Selfie dengan Latar Twin Lake di Bali"

 

CARA KE SANA?

Kalau dari Pulau Jawa, Pulau Menjangan lebih dekat diakses dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Jadi dari Jakarta terbang ke Banyuwangi International Airport (dulunya disebut Bandara Blimbingsari) selama 1,5 jam. Dari Banyuwangi ke Menjangan ada 3 alternatif:

 

1. Dari bandara lanjut berkendara ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi selama 45 menit. Kemudian naik kapal ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali yang jadwal berangkatnya kapan saja dan kapalnya banyak, dengan ongkos hanya Rp6.500 (untuk orang). Durasi perjalanan laut 45-60 menit.

 

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

 

Tiba di Pelabuhan Gilimanuk berkendara 15 menit ke Labuan Lalang, pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Menjangan. Di Labuan Lalang banyak kapal bermotor yang disewakan. Atau dari Gilimanuk ke dermaga kecil di Teluk Banyuwedang di dekat Mimpi Menjangan Resort, yang juga merupakan titik penyeberangan ke Pulau Menjangan. Dari Labuan Lalang ataupun Banyuwedang naik perahu bermotor ke Pulau Menjangan 30-40 menit.

 

2. Dari bandara berkendara ke Pantai Bangsring (masih di Banyuwangi) sekitar 1 jam. Dari Pantai Bangsring bisa sewa perahu nelayan atau speedboat langsung ke Pulau Menjangan. Lama penyeberangan ke Pulau Menjangan 45 menit sampai 1 jam. Jadi nggak menginjak Pulau Bali.

 

3. Dari bandara berkendara ke Pantai Watu Dodol di Desa Bangsring (masih di Banyuwangi juga) sekitar 1 jam. Di sini banyak agen yang menawarkan paket day trip ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan. Lama penyeberangan ke Pulau Menjangan 45 menit sampai 1 jam. Ini juga nggak menginjak Pulau Bali.

 

Untuk info tambahan, kalau dari Denpasar ke Labuan Lalang lewat jalur tengah sekitar 3,5 jam dengan mobil. Sewa mobil antara Rp800.000-1.000.000 sudah termasuk supir + BBM.

 

NGAPAIN AJA?

Ke Menjangan ya kalau nggak snorkeling, ya menyelam. Pulaunya sendiri tak berpenghuni dan gersang. Nggak ada fasilitas apa-apa di pulau seluas 175 ha ini, hanya ada beberapa pura. Pasir pantainya putih dan kita bisa berkesempatan melihat kawanan rusa liar yang hidup di pulau ini dan dilindungi. Tapi leyeh-leyeh di pantai dan melihat rusa hanya menjadi selingan saja setelah lelah snorkeling atau menyelam di perairan sekitar pulau.

 

Salah satu pura di Pulau Menjangan

 

Tahun 2007, pertama kali ke Menjangan saya turun menyelam di 2 spot, namanya Post 2, kiri dan kanan dari dermaga. Yang satunya berupa wall, satunya lagi ada celah antara batu karang yang bisa dimasuki seperti gua dan banyak batfish di sini. Keduanya cocok buat penyelam pemula seperti saya waktu itu. Dan spot ini pula yang sering menjadi spot snorkeling. Kalau visibility bagus di bulan baik antara April sampai November, bahkan hanya snorkeling pun palung laut di sini terlihat. Ini malah biasanya bikin jiper yang snorkeling, hehe...

 

 

Tahun 2019 ke Menjangan lagi, saya dan keponakan yang mencoba try scuba turun menyelam di Sandy Slope dan Coral Garden. Keduanya sangat cocok buat try scuba ataupun penyelam pemula. Tempatnya landai dan dangkal, dasar pasir putihnya terlihat. Terumbu karangnya cantik, dan ikannya juga banyak, aneka jenis. O ya, try scuba adalah kegiatan menyelam yang diperuntukkan bagi orang yang belum punya lisensi menyelam tapi ingin mencoba menyelam dengan didampingi instruktur.

 

 

Sayang, saya nggak sempat turun menyelam di spot favorit bagi penyelam yang sudah berpengalaman yakni Cave Point. Di sana katanya ada electric clam, dan tentu aneka penghuni laut lain. Spot penyelaman lainnya juga saya belum pernah. Eel Garden katanya banyak eel dan sea fan. Secret Bay surga bagi pecinta makro. Juga ada Anchor Wreck yang ada bangkai kapal di kedalaman 45 m.

 

 

Jadi enaknya di Menjangan itu, semua level penyelam cocok, tinggal pilih spot berdasarkan kemampuan menyelamnya.

 

MENGINAP DI MANA?

Area penginapan berada di sekitar Teluk Banyuwedang dan Labuan Lalang. Mau menginap di mana tergantung bujet tentunya. Yang paling favorit di kalangan turis berduit ya Mimpi Menjangan Resort. Resor lainnya ada The Menjangan Resort, Taman Sari Bali Resort and Spa, Pondok Sari Beach & Bungalow Resort. Homestay sederhana yang tarifnya hanya Rp150.000 per malam juga ada.

 

Saya memilih Tuke Menjangan, milik Pak Wayan yang juga adalah pemandu selam. Penginapannya berupa bungalow-bungalow di dalam kebun, sangat homey, dan bersih. Menyenangkan dan murah, hanya Rp250.000 per malam, kamar AC dan termasuk sarapan.

 

Suasana homey di penginapan Tuke Menjangan

 

PAKET MENYELAM MAUPUN SNORKELING

Dari Tuke Menjangan saya juga mengambil paket fun dive untuk saya, Rp800.000 untuk 2X penyelaman. Sedangkan keponakan saya try scuba Rp1.000.000 untuk 2X penyelaman. Sudah termasuk biaya kapal bermotor yang hanya diisi kami berdua, dan makan siang, juga Pak Wayan sebagai pemandu tentunya. Kalau snorkeling saja Rp400.000 sudah termasuk makan siang juga.

 

Harga paket menyelam maupun snorkeling mungkin beda-beda tipis antara satu tempat dengan tempat lainnya. Tergantung juga jumlah orang dan fasilitas atau layanan tambahan yang diberikan.

 

Harga tiket masuk Pulau Menjangan Rp2.500 saja plus asuransi Rp4.000 untuk wisatawan domestik. Tapi kalau untuk mancanegara Rp400.000.

 

Baca juga: "Menikmati Keunikan Air Terjun Campuhan di Buleleng"

 

GAMBARAN ITINERARY

Hari 1

- Naik pesawat paling pagi ke Banyuwangi

- Sekitar pukul 12 siang sudah tiba di Labuan Lalang atau Teluk Banyuwedang

- Langsung naik kapal dan melakukan 2X penyelaman

- Menginap

 

Hari 2

Berhubung pesawat dari Banyuwangi ke Jakarta paling akhir pukul 13.15, jadi nggak maksimal memanfaatkan waktu weekend-nya, jadi disarankan untuk melanjutkan jalan darat ke Bali Selatan (Kuta, Legian atau Sanur), jadi kembali ke Jakarta via Bandara Ngurah Rai Bali dengan pesawat sore atau malam. Nah, dari Labuan Lalang ke Bali Selatan lewat jalur tengah bisa mampir di Gili Putih Sumberkima, Munduk, Danau Tamblingan, Danau Beratan.

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment