13 TEMPAT WISATA MENARIK DI VIENNA, YANG NO. 9 VIENNA BANGET!

13 TEMPAT WISATA MENARIK DI VIENNA, YANG NO. 9 VIENNA BANGET!

Saturday, 30-09-2017 | 10:12

Hofburg Imperial Palace

 

Kota cantik Vienna, ibu kota Austria yang juga dikenal dengan nama Wina ini memiliki banyak sekali museum yang menarik. Tapi selain museum, tentu Vienna juga punya tempat wisata menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan. Apa saja?

 

1. STEPHANSPLATZ & STEPHANSDOM

Bagian dalam Gereja Stephansdom

 

Stephansplatz adalah alun-alun di tengah kota di mana terdapat Gereja Stephansdom atau St. Stephan’s Cathedral yang merupakan gereja tertinggi di Eropa. Area ini dikelilingi pusat perbelanjaan kelas menengah hingga atas. Juga banyak restoran dan kafe. Pertokoan di sini hanya buka hingga jam 6 sore, dan mayoritas Minggu tutup.

 

2. MARIAHILFER STRASSE

Kawasan belanja ini merupakan jalan terpanjang di Vienna. Memang lokasinya nggak di tengah kota, tapi di Distrik 6 tapi bisa diakses dengan kereta bawah tanah. Dari department store, toko pakaian, toko buku, aksesoris dan lainnya bisa ditemukan di sini, termasuk restoran dan kafe.

 

3. THE VIENNA NASCHMARKT

Pasar yang sudah ada sejak abad ke-18 ini buka setiap hari kecuali Minggu. Nggak hanya kebutuhan sehari-hari saja yang dijual tapi juga camilan lokal dan impor. Naschmarkt bersih, dan banyak restoran yang menyajikan makanan khas Vienna, selain juga makanan India, Vietnam, dan Italia. Saat musim panas menyenangkan duduk-duduk di salah satu kafe sambil melihat kerumunan orang. Sabtu ada flea market yang selalu penuh.

 

4. SCHONBRUNN PALACE

Palm House

 

Istana yang paling banyak dikunjungi turis di Vienna ini merupakan bekas kediaman musim panas kerajaaan. Bergaya Barok, dibangun pada 1696. Dikelilingi taman indah yang dihiasi Monumen Gloriette, Palm House atau konservatorium yang merupakan rumah bagi puluhan tanaman. Uniknya, terdapat kebun binatang dan Teater Marionette di sekitar kompleks istana.

 

Monumen Gloriette di Schönbrunn Palace

 

Untuk berfoto dan menikmati pemandangan istana kita nggak perlu beli tiket. Biasanya halaman belakang istana menjadi tempat favorit berfoto. Saat musim semi atau panas halaman ini dipenuhi bunga-bunga cantik. Tapi kalau punya banyak waktu sebaiknya beli tiket masuk untuk melihat interior istana yang indah, walaupun nggak diperbolehkan mengambil gambar. Pengunjung dipinjamkan audio guide.Dibutuhkan +/-1,5 jam untuk menikmati bagian dalam istana, dan untuk menikmati keseluruhan kompleks bisa sampai 4 jam.

 

5. TEATER MARIONETTE

Pertunjukan boneka kayu yang disebut Marionette dan terkenal di Austria ini digelar di Teater Marionette, di dalam kompleks istana. Memang harga tiketnya nggak murah dan dalam bahasa Jerman, tapi sayang kalau dilewatkan. Berlangsung  +/-2 jam. Penonton dibolehkan mengambil gambar tapi nggak boleh pakai flash.

 

6. HOFBURG IMPERIAL PALACE

Hofburg Imperial Palace

 

Sama Seperti Schönbrunn, pengunjung akan dipinjamkan audio guide untuk mendengarkan sejarah istana yang dibangun dari abad ke-13 hingga sekitar tahun 1900. Istana ini besar sekali dan terbagi menjadi beberapa sisi. Saat ini sebagian bangunan berubah fungsi menjadi Istana Presiden Austria, sebagian lagi merupakan beberapa museum yang dapat kita kunjungi dengan membeli satu tiket masuk. Museumnya antara lain:

  • Imperial Apartment

Hampir semua furniturnya masih asli dari abad ke-19 bahkan sebagian aksesoris seperti tapestry dan pemanas ruangan keramik sudah ada sejak abad ke-17.

  • Sisi Museum

Menampilkan +/-300 barang koleksi pribadi Empress Elizabeth yang memiliki nama panggilan Sisi.

  • Imperial Silvery Collection

Di ruangan ini kita bisa memotret barang-barang koleksi kerajaan berupa peralatan rumah tangga, perangkat makan yang terbuat dari perak maupun emas, termasuk keramik-keramik.

 

7. VIENNA’S RINGSTRASSE

The Burg Theater di Ringstrasse

 

Merupakan ring road yang dibangun tahun 1860-1890, panjangnya 5,3 km di sekitar Innere Stadt Distrik 1. Bangunan-bangunannya didesain dengan gaya berbeda beda, ada yang  Neo-Renaissance pada Vienna State Opera dan Vienna University; ada Museum of Fine Art, The Parliament, City Hall yang bergaya Flemish Gothic; The Burg Theater dengan gaya Barok Baru; sementara Gedung Bursa Efek Vienna dan Gereja Votive dan dengan gaya Gothic Baru. Ada tram yang melewati jalur Ringstrasse ini. Jadi bisa naik tram jika malas jalan kaki.

 

8. LOWER BELVEDERE & UPPER BELVEDERE 

Tampak depan Upper Belvedere

 

Merupakan dua buah kompleks istana. Upper Belvedere dan Lower Belvedere yang lokasinya nggak berdekatan ini merupakan salah satu bangunan bergaya Barok terbaik di dunia. Dibangun pada abad ke-18 sebagai tempat tinggal musim panas bagi Pangeran Eugene dari Savoy.

 

Upper Belvedere dulunya untuk acara-acara khusus dan sebagai galeri lukisan kerajaan. Di istana inilah sekarang kita bisa melihat lukisan terkenal karya seniman Austria, Gustav Klimt, salah satunya “The Kiss”.

 

Taman di belakang Upper Belvedere

 

Istana ini terdiri dari beberapa ruangan, ada yang namanya Sala Terrena, Carlone Hall, Marble Hall. Juga ada taman yang disebut Garden Hall.  

 

Sementara Lower Belvedere pernah digunakan sebagai tempat tinggal Pangeran Eugene dan juga tempat menyimpan koleksi barang-barang kerajaan.

 

9. RATHAUS VIENNA

Christmas Market di Rathaus

 

Merupakan City Hall sekaligus kantor walikota Vienna yang terletak di Vienna’s Ringstrasse. Di salah satu menara yang paling tinggi terdapat patung Rathausmann yang merupakan simbol Kota Vienna. Untuk bisa melihat interiornya ikuti guided tour setiap Senin, Rabu dan Jumat pkl.13.00, dan menariknya, nggak perlu bayar lho, cukup meninggalkan identitas diri di resepsionis. Tur dalam bahasa Jerman tapi kita dipinjamkan audio guide dalam bahasa Inggris. Kalau datang antara pertengahan November hingga malam Natal, biasanya ada Christmas Market di depan Rathaus ini.

 

10. AUSTRIAN NATIONAL LIBRARY

Dibangun oleh arsitek yang sama yang membangun Schönbrunn Palace dan dulunya disebut Imperial Library. Di dalamnya tak hanya ada perpustakaan saja, tetapi ada tiga museum, antara lain Papyrus Museum, Globe Museum dan Esperanto Museum. The Ceremonial Room atau State Hall di perpustakaan ini pernah masuk menjadi salah satu perpustakaan paling indah di dunia karena detil interiornya yang didesain dengan gaya Barok.

 

Memiliki kubah setinggi +/-20 m dihiasi dengan lukisan fresco di seluruh plafonnya, begitu juga di sebagian permukaan dindingnya. Diperbolehkan motret tapi tanpa flash. Hati-hati menyenggol patung marmer Emperor Charles VI yang berdiri tepat di tengah ruangan dan dikelilingi patung-patung kaisar lainnya yang juga terbuat dari marmer ya!

 

11. ART AND HISTORY MUSEUM & NATURAL HISTORY MUSEUM

Natural History Museum

 

Lokasinya di kawasan Ringstrasse. Museum yang dibangun tahun 1891 ini merupakan rumah bagi barang-barang koleksi keluarga istana. Berseberangan dengan Natural History Museum dan bentuk bangunannya pun sama persis;dipisahkan dengan monumen Maria Theresa di bagian tengah taman yang dikenal sebagai Maria-Theresien-Platz.Karya seni di daamnya berasal dari berbagai era, mulai dari Abad Pertengahan, Renaissance dan Barok.

 

Sementara Museum Natural History menampilkan sejarah bumi, alam beserta isi di dalamnya, mulai dari hewan terkecil seperti serangga, bebatuan, hingga mineral. 

 

12. MUSEUM QUARTIERS VIENNA

Museums Quartiers Vienna

 

Museum terbesar di dunia yang berdiri di sebuah kompleks bangunan bersejarah abad ke-18 dan 19 ini juga sering dijadikan tempat festival atau acara kebudayaan. Selain toko suvenir dan kafe, ada courtyard luas di tengah kompleks, biasanya dijadikan tempat pertunjukan ataupun hanya sekadar tempat warga duduk-duduk saat musim panas. Museum yang ada di kompleks ini antara lain:

  • Leopold Museum

Banyak karya seni dari seniman Vienna dari tahun 1900.

-          Mumok

 

Dikenal sebagai museum seni modern terbesar di Eropa Tengah. Beberapa karya seni dari aliran Classic Modernisme, Pop Art, Fluxus dan Viennesse Actionism bisa dilihat di sini, begitu juga karya dari Pablo Picasso, Andy Warhol dan Franz West.

      Quartier21

     Dibuat sebagai tempat pameran kebudayaan internasional mulai desain, fotografi, fashion, sastra.

  • Zoom Kinder Museum

Dibangun tahun 1994 sebagai museum anak-anak pertama di Austria. Banyak objek menarik sehingga mendorong anak-anak untuk bertanya, menyentuh, menyelidiki, merasa, dan bermain.

  • ArchitekturZentrum Museum

Museum yang dibuka tahun 1993 ini merupakan satu-satunya museum tentang arsitektur di Austria yang menjadi pusat pameran, acara, dan penelitian tentang masalah arsitektur dan budaya bangunan. Selain menampilkan sejarah arsitektur Vienna abad ke-20 dan 21, museum ini juga menggelar pameran temporer.

 

13. ALBERTINA MUSEUM

Menyimpan beberapa karya seni terbaik dunia sejak 1805, mulai dari modern graphic works, fotografi dan gambar arsitektural, hingga lukisan impresionis karya Renoir, Degas, Cezanne, Henri Matisse, Marc Chagall, Edvard Munch, Monet hingga Picasso.

 

Dulunya istana untuk Count Emanuel Teles Silva-Tarouca dengan gaya Neo Klasik. Direnovasi tahun 2000-2003, ditambahkan kanopi desain dari arsitek terkenal Hans Hollein pada facade-nya yang berbentuk sayap spektakuler.

 

Untuk bisa menikmati semua koleksi +/-2 jam. Di halaman museum ini banyak bangku yang di kala musim panas biasanya dipakai duduk-duduk santai.

 

Baca juga “Panduan Cerdas Eksplor Vienna

 

Untuk mengetahui info lengkap mengenai cara ke objek-objek wisata di Vienna, lokasi, jam buka dan harga tiket silakan baca MyTrip vol 16/2016.Untuk membelinya, hubungi mytrip@media.femalindo.com

 

Teks: Regina Sari Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


537

Back to Top