30 SPOT DI RAJA AMPAT DAN YANG WAJIB DILAKUKAN DI SANA (Bagian 4-Tamat)

30 SPOT DI RAJA AMPAT DAN YANG WAJIB DILAKUKAN DI SANA (Bagian 4-Tamat)

Friday, 09-06-2017 | 19:50

Berenang bersama ubur-ubur tak bersengat di Karawapop, Misool

 

Ke Raja Ampat di Provinsi Papua Barat selain menyelam dan snorkeling ngapain aja? Foto-foto aja atau gimana? Yuk ikuti panduan berikut. Apa saja yang wajib dilakukan di 30 spot keren yang ada di Raja Ampat. Untuk bisa mengunjungi semuanya, tentu nggak bisa dalam satu kunjungan yang hanya 4-5 hari. Kudu berkali-kali baru komplet!

 

KAWASAN SELATAN RAJA AMPAT (MISOOL):

24.  PANTAI NAMLOL

 

Pantai yang satu ini unik karena di bagian tengahnya terdapat bagian yang dalam ibarat akuarium berair bening dengan aneka ikan dengan latar belakang bebatuan karst yang berbaris rapat. Di area belakang pantai juga ada laguna yang airnya sangat tenang dan jerniiiiih banget!

Must Do:

- Kalau pas ada perahu nelayan, minta mereka berpose dan cari sudut pencahayaan yang tepat hingga perahu terlihat seperti melayang saking jernih airnya. Dan kalau mereka menjual ikan, beli deh! Ikannya baru mati sekali!

 

- Berenang-renang cantik.

 

25. LAGUNA BALBULOL

 

Laguna ini beda dengan Yapap. Perairannya nggak dangkal, dan sekelilingnya berupa pulau-pulau karst yang ditumbuhi tanaman hijau. Highlightnya adalah dua batu karst menjulang mirip piramid atau lebih tepatnya mirip nasi tumpeng.

Must Do: Snorkeling di sini, banyak yang bisa dilihat.

 

26.   PANTAI FARONDI

Tak jauh dari Balbulol terdapatlah Pantai Farondi. Pantainya berpasir putih. Di belakangnya ada semak belukar dan pepohonan untuk tempat berteduh.

Must Do:

- Khusus para penyelam, di bawah lautnya ada gua yang sangat cantik. Mintalah menyelam ke Farondi Cave ini kalau Anda menyelam di kawasan Misool.

 

- Yang hanya bisa snorkeling jangan sedih. Area snorkeling favorit berada di sisi kanan pantai.

- Menggelar bekal makan siang.

 

27. PULAU BANOS

 

Pulau kecil ini layaknya pulau kosong lain di Raja Ampat. Pasirnya putih dan landai.

Must Do:

- Snorkeling di sini banyak yang bisa dilihat. Clam kecil, nudibranch, ikan damsel, christmas tree, dan aneka terumbu karang lain.

- Kalau mau sekadar goler-goler di pasir putihnya juga asyik.

 

28. DANAU UBUR-UBUR LENMAKANA

 

Sudah tahu ‘kan, ubur-ubur tak bersengat bukan cuma ada di Pulau Kakaban Kalimantan Timur, tapi juga ada di Misool? Tepatnya di Danau Lenmakana. Untuk mencapai danau  yang berada di tengah pulau ini susah banget sih. Jalurnya batu-batu karst tajam yang curam.

Must Do: Berenang untuk melihat dua jenis ubur-ubur di sini, moon jellyfish (aurelia aurita) yang seperti piring transparan dan mastigias papua yang berwarna oranye.

 

 

29. DANAU UBUR-UBUR KARAWAPOP

 

Satu lagi danau ubur-ubur tak bersengat di Misool, yakni Karawapop. Untuk mencapainya butuh jalan kaki juga tapi singkat dan mudah. Hanya saja untuk masuk ke danaunya perlu berjibaku dengan lumpur.

Must Do: Berenang untuk melihat dua jenis ubur-ubur. 

 

30. GUA WANITA MURUNG/PUTRI TERMENUNG

Namanya diambil dari batu di dalam gua yang menyerupai wanita yang tengah duduk murung/ termenung. Ke sini juga harus dengan speedboat. Dari pantainya Anda masih harus mendaki untuk masuk ke gua. Untuk mencapai batu wanita murung, Anda harus menyusuri lorong-lorong lebar maupun sempit. Tapi ini bukan jenis kegiatan caving yang serius kok.

Must Do: Berpose di depan batu yang mirip wanita termenung.

 

Cara ke Raja Ampat bisa dibaca di sini.

 

Tulisan lengkap tentang “30 Spot Wajib Kunjung di Raja Ampat” bisa dibaca di MyTrip vol 28. Untuk pembelian langsung bisa menghubungi mytrip@media.femalindo.com atau 0811821006.

 

Teks: Mayawati NH Foto: Buntoro Sabariman, Eddy Sukandar, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo, Yuhsie Lohanda

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


859

Back to Top