30 SPOT DI RAJA AMPAT DAN YANG WAJIB DILAKUKAN DI SANA (Bagian 3)

30 SPOT DI RAJA AMPAT DAN YANG WAJIB DILAKUKAN DI SANA (Bagian 3)

Thursday, 08-06-2017 | 00:19

Laguna Sumbayo, formasi bebatuannya seperti di negeri antah berantah

 

Ke Raja Ampat di Provinsi Papua Barat selain menyelam dan snorkeling ngapain aja? Foto-foto aja atau gimana? Yuk ikuti panduan berikut. Apa saja yang wajib dilakukan di 30 spot keren yang ada di Raja Ampat. Untuk bisa mengunjungi semuanya, tentu nggak bisa dalam satu kunjungan yang hanya 4-5 hari. Kudu berkali-kali baru komplet!

 

KAWASAN SELATAN RAJA AMPAT (MISOOL):

18. BUKIT HARFAT JAYA DAPUNLOL

 

Dari atas bukit setinggi +/-140 m ini mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan mirip Wayag. Yang membedakan, di bagian bawah bukit ini tak ada pantai. Dan Anda nggak bisa melihat pemandangan 360 derajat seperti Wayag karena terhalang pepohonan. Tapi Anda bisa berpindah tempat untuk melihat pemandangan empat penjuru. Jalur pendakiannya moderat, berupa karang tajam dan sebagian lagi tanah. Di beberapa ruas Anda harus menapaki tangga kayu yang dibuat untuk memudahkan.

Must Do: Mendaki bukitnya dan eksplor semua titik pandangnya.

 

19. GUA KERAMAT

Batu Singgasana Raja di sebelah kanan

 

Disebut Gua Keramat karena ada makam di bagian depan gua. Dan uniknya, ada terpatri kaligrafi “Allah” di bagian atas mulut gua yang terbentuk secara alami. Untuk mencapai gua ini harus dengan speedboat. Dan untuk masuk ke dalamnya Anda harus nyemplung ke air laut yang memenuhi pintu masuk gua. Dalam jarak sekitar 50-an meter terdapat batu besar yang tersembul dari balik air yang mirip singgasana. Batu ini dinamai Kursi/Singgasana Raja. Di depan batu ini ada jalur naik menuju Kamar Putri.

Must Do: Bagi para pemberani, lompatlah ke air dari tebing batu di depan Kamar Putri dan Kursi Raja.

Berani loncat?

 

20. LAGUNA YAPAP

 

Namanya terdengar asing? Ya, tempat maha indah ini memang masih jarang yang tahu. Padahal keindahannya cetar membahana. Sekeliling laguna berair hijau bening ini adalah rangkaian bukit karst yang bentuknya unik –ada yang mirip layar, kemaluan pria, dan banyak lagi. Juga terlihat seperti kumpulan candi dari zaman prasejarah. Anda seakan berada di dimensi lain. Breathtaking view!

Must Do: Berenang ngambang-ngambang sambil menikmati pemandangan.

 

FYI: Kalau datang saat air surut, speedboat nggak bisa masuk ke area utama. Jadi Anda harus berenang atau jalan kaki untuk masuk.

 

21. PANTAI YAPAP

Batu mirip moncong buaya

 

Yapap juga ada pantainya lho! Pasirnya putih halus dan ada tempat teduh yang pas untuk duduk-duduk.  Di sisi kanan pantai ada batu karst yang mirip moncong buaya. Dan dalam perjalanan menuju pantai ini kita akan melewati banyak formasi bebatuan unik, salah satunya ada yang mirip anjing pudel.

Batu mirip anjing pudel

 

Must Do:

- Berenang dan main di pantai.

- Buka bekal makan siang.

 

22. TEBING SUMALELEN DAN SUMBAYO

Lukisan purba di Tebing Sumbayo

 

Lukisan purba di Tebing Sumalelen

 

Di tebing batu yang letaknya berdekatan ini terdapat lukisan purbakala berupa telapak tangan, gambar ikan dan simbol-simbol lain yang dominan berwarna merah. Diperkirakan lukisan ini dibuat 10.000 tahun lalu! Selain tebing batu, di sekitar Sumbayo juga ada laguna yang airnya hijau muda, dan formasi bebatuan karstnya ada yang mirip kepala orang, unta dan penyu.

Must Do: Berpose di atas batu onta dan batu penyu. Keren!

Berpose di atas batu onta di Laguna Sumbayo

 

 

23. KABALILIKLOL

 

Kawasan perairan ini dilewati dalam perjalanan dari Sumalelen dan Sumbayo ke Laguna Yapap. Pandangan mata Anda saat melewati area ini pasti akan berpindah dari kiri ke kanan dan sebaliknya secara berulang-ulang karena kepincut hamparan pulau-pulau berbukit karst dengan bentuk yang unik.

Must Do: Motret, motret dan motret ke segala penjuru.

 

Mau ngetrip ke Raja Ampat dengan harga terjangkau? Silakan hubungi mytrip@media.femalindo.com atau 0811821006

 

(Bersambung)

 

Teks: Mayawati NH Foto: Buntoro Sabariman, Gunata Gura, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


298

Back to Top