BOHONG DEH KALAU ANDA NGGAK JATUH CINTA DI SINI (Bagian 2)

BOHONG DEH KALAU ANDA NGGAK JATUH CINTA DI SINI (Bagian 2)

Saturday, 02-04-2016 | 14:07

Kura-kura raksasa Galapagos

 

Jatuh cinta berjuta rasanya. Apalagi di tempat super indah yang menjadi dream destination banyak orang. Gimana nggak jatuh cinta coba kalau di laut luas tak bertepi setiap hari kita bisa bercengkerama dengan burung-burung endemik dan apalagi kalau Anda seorang penyelam, Anda berkesempatan bercanda mesra dengan sea lion, juga hiu martil! Galapagos nama tempat itu, yang bikin Anda bakal jatuh cinta setengah mati.

Baca bagian 1 di sini 

 

PULAU-PULAUNYA

Puerto Ayora

Pulau yang terluar di sisi barat adalah Pulau Fernandina dan Isabela. Sedangkan yang terdekat ke daratan (paling timur) adalah San Cristobal. Yang terpadat penduduknya Santa Cruz yang terhubung dengan Pulau Baltra (South Seymour) di mana terdapat bandara utama. Kota utama di Santa Cruz yakni Puerto Ayora adalah kota terbesar dan teramai di seluruh Galapagos, walaupun ibu kotanya adalah Puerto Baquerizo Moreno di San Cristobal, sebagai pulau kedua terpadat.

Pulau terbesarnya Isabela yang dilewati garis katulistiwa di bagian utaranya dan adalah rumah bagi beberapa species kura-kura raksasa Galapagos. Juga tempat untuk melihat aneka macam burung, salah satunya flamingo.

Pulau Fernandina merupakan pulau termuda dan hingga kini gunung apinya masih aktif. Koloni terbesar marine iguana hidup di sini. Dan di pulau inilah turis kemungkinan mendapatkan pengalaman terbaik seputar wildlife.

Di Santa Cruz terdapat Charles Darwin Research Station. Atraksi utama di sini tentunya melihat aneka species kura-kura Galapagos. 

Parque Nacional Galapagos (Galapagos National Park) berada di San Cristobal. Di sini turis akan berjalan di boardwalk dari kayu yang di kiri kanannya dipenuhi kaktus dan tumbuhan lainnya. Juga ada museum di sini. Inilah pulau pertama yang disinggahi Charles Darwin karena paling dekat dengan mainland.

 

PULAU TUJUAN TURIS

Suasana gersang North Seymour

North Seymour: Bisa melihat dari dekat sea lion, land iguana, blue footed booby, burung frigate, kadal, swallow-tailed gull, dan suasana gersang pulau kecil dengan kaktus.

Darwin Island: Pulau paling ujung utara ini dihuni banyak fauna khas Galapagos. Formasi batu karang berbentuk gerbang melengkung yang dikenal sebagai Dariwn Arch juga jadi incaran turis. Dan isi bawah lautnya, amboiii... jangan ditanya lagi banyaknya scallop hammerhead sharks, juga whaleshark, dan tentunya sea lion.

 

Pinnacle Rock di Bartolome Island

Bartolome: Pemandangannya sangat menawan, terutama dari atas puncaknya. Formasi pulaunya sangat dramatis dengan Pinnacle Rock di salah satu sisinya. Di sini juga berkumpul koloni penguin, salah satu yang terbanyak di Galapagos.

 

CRUISE ATAU LAND-BASED?

Untuk eksplor Galapagos, gampangnya ambil paket tur dari Kota Guayaquil, atau Quito, ibu kota Ekuador. Biasanya paket yang ditawarkan termasuk tiket pesawat domestik dari Guyaquil atau Quito ke Galapagos, plus akomodasi kapal cruise atau penginapan di Puerto Ayora berikut paket tur. Paket tur yang ditawarkan ada yang dive trip (plus land excursion tentunya) atau non dive trip.

Atau Anda bisa juga baru memutuskan mengambil paket tur setelah tiba secara mandiri di Puerto Ayora (Pulau Santa Cruz) atau Puerto Baquerizo Moreno (Pulau San Cristobal).

Baik dive trip ataupun bukan, agar puas mengeksplor Galapagos dianjurkan untuk mengambil paket cruise (tinggal di kapal). Kapal untuk cruise ini ada tipe ekonomi, kelas turis, kelas satu, dan luxury.

 

PERLU TAHU!

Buking land tour, apalagi cruise tour di Galapagos untuk peak season harus minimal 10 bulan di muka atau bahkan 2 tahun!

 

CARA KE SINI

  • Dari Jakarta ke Guayaquil yang merupakan kota gerbang masuk untuk naik pesawat domestik ke Galapagos. Ada penerbangan internasional dari Jakarta ke sana, salah satunya dengan KLM.
  • Dari Guayaquil naik pesawat ke salah satu dari dua bandara yang ada di Kepulauan Galapagos yakni Baltra dan San Cristobal. Durasi terbang 2-2,5 jam. Hanya dua maskapai yang melayani rute ini yakni Tame dan Aerogal. Baltra lebih direkomendasikan, terutama jika Anda belum memesan paket tur, karena terhubung dengan Puerto Ayora di Pulau Santa Cruz, sebagai basis yang menyediakan banyak tur.

Info penting! Terkadang pesawat ke Galapagos berubah jadwal mendadak karena cuaca buruk. Maka rajin-rajinlah mengecek dengan travel agent yang Anda buking.

Harga tiket: Harga tiket pesawat dari Guayaquil ke Galapagos PP USD 350-400.

 

 

PARK FEE

Semua turis asing yang ke Galapagos harus membayar national park entrance fee USD 100. Harus dibayar begitu tiba di Bandara Baltra atau San Cristobal. Sementara di Bandara Guayaquil sebelum check in kita harus membeli transit control card (TCT) dulu USD 10.

 

VISA

WNI tak butuh visa untuk masuk Ekuador sebagai turis.

 

WAKTU TERBAIK

Peak season dari mid Juni sampai mid September dan mid Desember hingga mid Januari. Jika datang saat peak season, sebaiknya jangan baru buking tur setelah tiba di Galapagos. Karena pemerintah Ekuador membatasi jumlah pengunjung hanya 90.000 per tahun.

 

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

1 COMMENTS


Mya Apr 18, 2016 Reply

Destinasi impian saya nih


785

Back to Top