MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 5)

MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 5)

Friday, 26-08-2016 | 12:15

Insadong

 

Korea (baca: Korea Selatan) memang nggak ada matinya. Sejak Winter Sonata tahun 2002 sampai Descendants of The Sun yang sekarang lagi ngetop dan ditayangkan RCTI ini, Korea jadi tujuan favorit pejalan dari Indonesia. Ya, gegara serial drama yang dibintangi Song Joong Ki sebagai Kapten Yoo dan Song Hye Kyo sebagai Dokter Kang, banyak yang ingin jalan-jalan ke Negeri Ginseng ini. Ada yang ingin ke coffee shop tempat kencan kedua tokoh utamanya, dan bahkan ada yang berharap bertemu pria secakep Song Joong Ki dan wanita secantik Song Hye Kyo di Korea.

 

(Bagian 4 bisa dibaca di sini)

 

Setelah di bagian 1-4 dibahas mengenai obyek-obyek wisata di 3 kota utama di Korea yaitu Seoul, Gyeongju dan Busan, di bagian 5 ini kita bahas soal pasar favorit di Korea yuk.

 

  1. INSADONG (SEOUL)

 

Insadong merupakan jalan yang membentang lebih dari 700 m antara Anguk-dong Rotary dan Taman Tapgol (Jongno 2-ga).  Selama Dinasti Joseon (1392-1910) jalan ini didominasi oleh Dohwawon, tempat studi bagi pelukis. Nggak heran sampai sekarang jalan ini masih menjadi pusat seni. Berbagai acara kesenian dan festival secara teratur sering diselenggarakan di sepanjang jalan ini.

Selain itu, di Insadong juga terdapat banyak toko yang menjual suvenir seperti T-shirt, gantungan kunci khas korea dan sebagainya. Laiknya pasar tradisional lainya, pengunjung harus berani menawar untuk mendapatkan harga yang bagus. Biasanya harga dapat ditawar 10-15%.

Insadong buka tiap hari sampai malam. Bahkan setiap Sabtu (pkl 14.00-22.00) dan Minggu (pkl.10.00-22.00). Kendaraan dilarang masuk.

Akses: Dari Anguk Station (Seoul subway jalur 3) keluar di pintu 6.

 

  1. GWANGJANG MARKET (SEOUL)

 

Anda penggemar kain sutra sekaligus hobi kuliner? Gwangjang Market salah satu tempat yang dipastikan bisa memuaskan hasrat Anda. Pasar yang buka pukul 07.00 hingga 22.00 ini merupakan pasar utama kain sutra di Korea, terutama yang berada di lantai 2. Sedang lantai bawah merupakan pusat jajan dan makanan terutama menu tradisional Korea. Menjelang jam makan malam, banyak masyarakat Korea yang nongkrong di warung dan restoran di Gwangjang Market untuk menyantap mayak gimbap, bindaetteok dan sebagainya. Harga makanan itu mulai 3.000 won. Pasar ini buka sepanjang tahun, hanya beberapa toko yang tutup pada hari Minggu.

 

Akses: Dari Jongno 5-ga station  (subway jalur 1) keluar di pintu 8. Atau dari Euljiro 4-ga station (subway jalur 2 atau 5) keluar di pintu 4.

 

  1. POHANG JUKDO MARKET (GYEONGSANG)

 

Pasar Jukdo yang terletak di Pohang, Provinsi Gyeongsang Utara, 4 jam perjalanan dengan bus dari Seoul atau 1,5 jam dari Busan, merupakan pasar ikan terkenal di Korea. Pasar yang buka setiap hari (kecuali Hari Minggu pertama dan ke-3) menyajikan hampir semua jenis ikan. Mulai dari ikan segar hingga ikan asin. Dari ikan yang kecil hingga yang besar. Bahkan di pasar ini juga ada rajungan (sejenis kepiting) raksasa. Paling enak menikmati shusi yang banyak disajikan di restoran-restoran di sini. Harga mulai dari 3.000 won hingga ratusan ribu won, seperti sajian shusi lengkap yang tertata rapi dalam nampan. Sebagian restoran menyajikan juga kacang tanah rebus dan ubi yang manis persis ubi cilembu.

 

Pasar ini buka mulai pukul 08.00 hingga 22.00. Dan letaknya tidak jauh dari terminal bus Pohang Express maupun Pohang Station.

 

(Bersambung ke sini)

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


598

Back to Top