HAL-HAL YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM JALAN-JALAN KE SPANYOL (Bagian 3-tamat)

HAL-HAL YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM JALAN-JALAN KE SPANYOL (Bagian 3-tamat)

Friday, 13-05-2016 | 16:45

Spanyol yang berada di Semenanjung Iberia di Eropa bagian barat daya, dengan Samudera Atlantik di sisi barat, Teluk Biscay di utara, Laut Tengah (Mediterranea) di timur dan Selat Gibraltar di selatan yang memisahkannyaa dengan Benua Afrika (tepatnya dengan Maroko), mempunyai kontur yang menarik terutama di bagian pesisir. Negara seluas 504.782 km2 (kira-kira 4X luas Pulau Jawa) ini juga memiliki kota-kota yang eksotis di antaranya Madrid (ibu kotanya) dan Barcelona. Jadi tak heran kalau negeri matador ini jadi destinasi favorit para pelancong. Tapi sebelum memutuskan liburan ke Spanyol, ada baiknya simak dulu apa saja yang perlu Anda ketahui.

(Baca bagian 2 di sini)

BANYAK COPET LIHAI DI BARCELONA

Banyak copet lihai di Barcelona, terutama di area turis, apalagi di La Rambla. Teknik mereka mencopet atau menyambar bener-bener bikin kita ternganga. So, ikuti petunjuk berikut:

  • Jangan pernah sedetik pun melepas atau tidak mengawasi barang Anda.
  • Bagi pria jangan menyimpan dompet di saku celana.
  • Tas ransel sebaiknya dibawa di bagian depan badan. Tas selempang juga harus diarahkan ke depan, bukan ke samping sebagaimana biasa. Saat makan di resto/kafe tas harus ditaruh di pangkuan.
  • Jangan mengalungkan kamera di leher.
  • Jangan terlihat bingung atau membuka map di keramaian, karena ini memancing orang jahat beraksi.
  • Jangan percaya polisi gadungan yang pura-pura ingin mengecek identitas Anda.
  • Pencopet sering beraksi dalam kelompok, jadi jangan terkecoh kalau ada yang berusaha menarik perhatian dengan bertanya arah, menjatuhkan koin, minta sumbangan, atau pura-pura membersihkan kotoran burung dari punggung Anda.
  • Pisahkan uang kecil untuk membeli tiket metro atau membeli sesuatu di bagian yang mudah diambil. Sementara dompet sedapat mungkin jangan dikeluarkan di tempat ramai.

Hati-hati di La Rambla

 

HOTEL JARANG YANG TERMASUK SARAPAN

Penginapan dari dormitory yang harga per orang per malamnya mulai Rp 200.000, apartemen (yang menyediakan dapur) sampai hotel bintang 5 maupun properti mahal yang harganya tak terhingga ada di kota-kota besar Spanyol, terutama di Madrid dan Barcelona. Tarif hotel bintang 3 di kawasan strategis di Madrid dan Barcelona mulai EUR 80/malam, dengan kamar yang relatif sempit. Sementara di Ibiza penginapan kebanyakan berbentuk apartemen luas dengan dapur dan peralatannya; tarif di lokasi strategis dekat pantai mulai EUR 90/malam untuk apartemen 1 kamar. Yang lebih murah di Ibiza Town mulai EUR 50/malam. Di kota kecil seperti Calella (Costa Barcelona) hotel bintang 2 di lokasi strategis mulai EUR 30/malam. Kebanyakan hotel bintang 3 ke bawah di Spanyol tidak menyediakan sarapan gratis (tidak termasuk dalam tarif kamar).

 

MAKANAN & MINUMAN WAJIB COBA

  • Tapas: Camilan khas Spanyol. Jenisnya banyak, dari kentang, sosis, ham, keju, sayap ayam, udang, ikan, buah dll. Disajikan dalam piring-piring kecil, per piring per jenis. Untuk makan siang berdua, minimal pesan 3 jenis/piring. Tapi tanya dulu seberapa besar porsinya. Tapas bisa dimakan saat jam makan utama (siang atau malam), bisa juga sebagai camilan sebelum makan siang atau makan malam.

Tapas ditemani sangria

 

  • Paella: Semacam nasi kuning dengan buliran nasi yang besar-besar. Disajikan di wajan kecil atau hot plate, biasanya dengan topping ayam atau seafood, ditambah potongan lemon. Karena porsinya besar, sudah lazim orang menyantap 1 porsi paella untuk berdua.

Paella

 

  • Sangria: Campuran wine dengan juice ditambah potongan buah dan batu es. Menyegarkan diminum saat siang yang panas. Tapi jangan kebanyakan ya, kadar alkoholnya ada yang cukup tinggi juga.

Sangria

 

KE PASAR YUK!

Baik Madrid maupun Barcelona punya pasar yang asyik buat dieksplor. Jangan bayangkan pasar becek. Noo... Baik Mercado de San Miguel di Madrid maupun La Boqueria (Mercat de Sant Josep) di Barcelona berupa gedung beratap tinggi dan pastinya bersih. Mercado de San Miguel termasuk pasar paling tua di Madrid (hampir 100 tahun), tapi sudah dibangun ulang seperti sekarang. Namanya pasar, yang dijual ya keperluan sehari-hari: buah, sayur, keju, ikan, daging. Asyiknya, aneka makanan siap santap, terutama tapas dijual di sini. Bener-bener seperti food festival. Makanya sediain perut kosong deh kalau ke mari. Untuk makan, cuma ada meja-meja kecil tanpa kursi, jadi makannya berdiri. Jam buka pagi hingga malam.

Mercado de San Miguel di Madrid

 

La Boqueria (Mercat de Sant Josep) di Barcelona

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


159

Back to Top