MENAKJUBKAN BANGUNAN MIRIP UFO DI SEOUL INI

MENAKJUBKAN BANGUNAN MIRIP UFO DI SEOUL INI

Tuesday, 14-05-2019 | 17:13

 

Bangunan unik yang menyerupai UFO ini terlihat sangat menonjol apalagi saat dihiasi pendar lampu-lampu di malam hari. Dirancang oleh arsitek ternama dunia keturunan Irak bernama Zaha Hadid serta Samoo Architect & Engineers, Dongdaemun Design Plaza (DDP) menjadi ikon terbaru industri kreatif di Korea yang diresmikan sejak 14 Maret 2014. Lokasinya di 281, Euljiro, Jung-gu, Seoul. Dongdaemun sendiri merupakan kawasan perbelanjaan yang terkenal di Korea.

 

 

Luas bangunannya 85.000 m2 dan berada di tengah-tengah kawasan perbelanjaan Dongdaemun. Jadi ketika berbelanja di kawasan ini, biasanya wisatawan akan jadi salah fokus dan terhenti sejenak karena ada bangunan yang sangat artsy dan futuristik menyerupai UFO. Tentunya kita jadi penasaran bagaimana dan apa isi di dalamnya.

 

 

Bangunan ini berfungsi sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pelestarian kebudayaan masyarakat Korea Selatan. Biasanya bangunan ini digunakan untuk event-event atau pameran industri kreatif sehingga para seniman dapat memamerkan sekaligus menawarkan hasil karya seni yang dibuatnya. Selain itu, bangunan ini biasanya digunakan sebagai inspirasi bagi para desainer ataupun arsitek dari luar maupun dalam negeri, sehingga ada program DDP Tour yang disertai pemandu khusus untuk rombongan dari kampus atau lembaga tertentu.

 

Pathway

 

Di dalam bangunan ini ada Art Hall, Learning Centre, Design Lab, Design Market, dan Dongdaemun History and Culture Park. Pada Design Market banyak terdapat UKM yang menjual berbagai suvenir yang sangat cute! Mulai dari kartu pos, kaos, pajangan berupa tokoh-tokoh kartun atau boyband dan girlband Korea, stationery, dan banyak lagi. Barang-barang yang dijual di DDP Design Market ini tidak hanya berasal dari seniman dan desainer dalam negeri saja, tetapi juga ada yang dari luar negeri. Pokoknya, segala bidang desain mulai dari grafis sampai fashion design semua terwadahi di sini. Keren, ya?

 

Shop Entrance

 

Di bagian atapnya terdapat taman yang walkable disertai dengan rerumputan hijau. Dari sini dapat terlihat bangunan dan suasana di sekitar DDP, seperti Lotte FITIN, Doosan Tower, dll.

 

Baca juga: "Mau Paket Komplit Korea Selatan?"

 

Konstruksi eksterior bangunannya terbuat dari beton, 45.000 panel aluminium dengan derajat kelengkungan yang berbeda-beda, besi, dan batuan, lho! Nggak heran bangunannya kelihatan kokoh banget dan nggak ada satu pun bentuk bangunan yang menyiku!

 

 

Teks: Luh Ayu Ariesta Foto: Luh Ayu Ariesta, Priyo Tri Handoyo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


139

Back to Top