REKOMENDASI ANEKA DESTINASI UNTUK MENIKMATI NEW ZEALAND DI SETIAP MUSIM 2019-05-21 00:00

Cathedral Cove

 

New Zealand, negeri ini selalu menjadi incaran wisatawan mancanegara termasuk Indonesia. Pemandangan alamnya memang menawan. Dan lagi, Negeri Kiwi ini cocok dikunjungi kapan saja, di segala musim. Selalu ada sesuatu yang menarik untuk semua orang di setiap musim, mulai dari menikmati aktivitas bersalju di musim dingin, bersantai di pantai saat musim panas, mengagumi bunga warna-warni bermekaran di musim semi, hingga berjalan-jalan sambil melihat dedaunan berwarna keemasan selama musim gugur.

 

Tourism New Zealand telah membuat rekomendasi tempat-tempat yang dapat Anda nikmati untuk setiap musimnya. Simak yang berikut.

 

MUSIM PANAS (DESEMBER HINGGA FEBRUARI)

Suhu berkisar antara 20-25°C

 

Terkenal sebagai salah satu destinasi liburan favorit penduduk setempat, The Coromandel merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan musim panas di New Zealand. Bersantailah di pantai-pantai berpasir dan pepohonan pohutukawa di Hahei Beach. Tak jauh dari pantai, terdapat Cathedral Cove yang terkenal dengan gua melengkung raksasa yang menyusuri tanjung berbatu putih dan bergabung dengan dua teluk kecil yang terpencil. Setelah menikmati ombak pantai, Anda juga bisa menyelam di pedalaman laut Cathedral Cove Marine Reserve, yang dikenal sebagai Te Whanganui-a-Hei dalam bahasa Maori (bahasa asli New Zealand). Di sana Anda bisa snorkeling untuk melihat ikan marblefish, ikan gindara, dan ikan moki merah bersembunyi di antara rumput laut.

 

MUSIM GUGUR (MARET HINGGA MEI)

Suhu berkisar antara 7-21°C

 

Wildfoods Festival

 

Jika berencana pergi pada awal musim gugur yang berangin, pastikan Anda mengenakan jaket dan meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam bebas, mencicipi makanan segar langsung dari kebun, dan mengunjungi acara musiman seperti Hokitika Wildfoods Festival. Digelar sejak tahun 1990, festival tahunan ini telah berkembang dari acara lokal menjadi pemenang penghargaan berbagai festival dan pariwisata yang terkenal di tingkat internasional. Cicipi hidangan lezat manis yang dibuat khusus di festival ini, seperti Mastitis Mousse, Colostro-Yummy Cheesecake, dan Colostrum Shots. Selain makanan yang menggiurkan, festival ini juga menawarkan banyak hiburan dan pertunjukan. Jangan lupa mengenakan kostum yang paling unik dan ikut serta dalam kompetisi berpakaian terbaik.

 

Untuk agenda yang lebih santai, kunjungi Wanaka untuk menikmati alam terbuka New Zealand yang berhiaskan warna-warni musim gugur. Anda dapat berjalan santai melewati dedaunan berwarna keemasan di berbagai trek seperti Waterfall Creek Track, di mana Anda dapat berhenti untuk berpiknik. Selain itu, Anda juga dapat mencoba scenic flight yang melintasi Mount Aspiring, Fiordland National Park, dan menuju Aoraki Mount Cook, untuk mendapatkan pemandangan New Zealand yang bermandikan warna kemerahan dan keemasan.

 

Waterfall Creek Track

 

MUSIM DINGIN (JUNI HINGGA AGUSTUS)

Suhu berkisar antara 1,5-15,5°C

 

Jika berencana mengunjungi New Zealand pada musim dingin untuk mencoba aktivitas salju seperti bermain ski, Anda dapat pergi ke Queenstown Winter Festival, pesta musim dingin terbesar di New Zealand. Kegiatan empat hari yang penuh kegembiraan ini awalnya hanya merupakan karnaval musim dingin para penduduk setempat sewaktu kota ini masih sepi. Kini pesta tersebut telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung internasional. Festival pada Jumat malam selalu berkesan dengan adanya musik live dan kembang api.

 

Queenstown Winter Festival

 

Untuk pengalaman yang berbeda, ikuti perayaan Tahun Baru Maori atau Matariki yang diadakan sepanjang bulan Juni di seluruh New Zealand. Terdapat berbagai pertunjukan budaya yang menarik selama perayaan ini. Salah satunya di Queenstown, di mana Anda bisa menyaksikan Torchlight Hikoi yang ikonik di sepanjang jalan dan disambut oleh pagelaran budaya. Anda juga dapat menikmati kai (makanan) di wilayah Hamilton Waikato, di mana ada banyak restoran dan kafe yang berkumpul untuk mengikuti Matariki Dish Challenge -- sebuah tantangan tahunan bagi restoran-restoran untuk memamerkan hidangan yang menggunakan produk lokal. Namun, jika Anda lebih tertarik dengan kisah sejarah yang lebih mendalam dari Matariki, Te Papa Tongerawa di Wellington dan Otago Museum and Planetarium di Dunedin akan mengadakan rangkaian kegiatan dan acara bertemakan Matariki.

 

Matariki Torch

 

MUSIM SEMI (SEPTEMBER HINGGA NOVEMBER)

Suhu berkisar antara: 16-19°C

 

Pemandangan di pagi hari dengan langit biru di Danau Tekapo jelas tidak boleh dilewatkan. Hiruplah udara segar saat Anda berjalan-jalan pagi dikelilingi oleh bunga lupin ungu di tepi pantai. Setelah itu, minum seteguk kopi atau makan es krim gelato di salah satu kafe di Central Otago sambil menikmati pemandangan danau yang cantik di depan Anda. Coba sewa sepeda gunung untuk menjelajahi Central Otago atau bersepeda di sepanjang Otago Central Rail Trail.

 

Otago Rail Trail

 

 

Teks & Foto: Tourism New Zealand
Comment