HONG KONG A to Z (bagian 1)

HONG KONG A to Z (bagian 1)

Sunday, 24-04-2016 | 19:58

Mendengar kata Hong Kong, pikiran kita pasti langsung tertuju pada kata “belanja”. Ya, Hong Kong memang identik dengan belanja. Tapi padahal Hong Kong nggak hanya menjanjikan surga belanja,melainkan juga menyuguhkan pesona wisata yang tak kalah memikatnya. Mari kita  menyusuri Hong Kong yang luasnya hanya 1.103 km2  dari A hingga Z.

 

Avenue of Star:  Terinspirasi oleh Hollywood Boulevard dengan Walk of Fame-nya, Hong Kong membangun Avenue of Star untuk menghargai artis-artis topnya. Tempat wisata dengan ikon patung   jagoan kungfu Bruce Lee ini berada di Kowloon, tepatnya di Tsim Sha Tsui, persis di tepi laut. Di sini Anda bisa menyaksikan tapak tangan Jet lee, Jackie Chan, Andy Lau dll. Menjadi keasyikan tersendiri mencari tapak tangan artis favorit kita dan berpose dengan menempatkan telapak tangan kita di situ. Dari tempat ini juga Anda bisa menikmati pertunjukan Symphony of Light setiap  pukul 7 malam.

 

Aberdeen: Taman Aberdeen diklaim sebagai taman tertua di Hong Kong. Selain dihiasi hijaunya alam dan birunya danau, di taman seluas 371 ha ini juga terdapat tempat rekreasi air. Agar lebih seger, Anda mesti naik cable car untuk menikmati indahnya taman dari atas.

 

Bank of China (BOC) Tower: Gedung berlantai 70 (367 m) ini adalah satu dari sekian banyak landmark Hong Kong. Selesai dibangun tahun 1990, desain gedung ini terinspirasi dari keanggunan bambu, dan melambangkan vitalitas, kekuatan, dan pertumbuhan. Fasad bangunan yang berupa kaca dengan motif geometris membuatnya sangat fotogenik.

 

Causeway Bay: Sering disebut juga “Indonesia City” karena distrik dengan banyak mal mewah ini paling banyak dikunjungi orang Indonesia untuk berbelanja. Di distrik ini juga terdapat kantor Konjen RI di Hong Kong, sehingga banyak BMI (Buruh Migran Indonesia) --mereka tidak mau disebut TKI— sering datang. Tidak heran bila di sepanjang jalan Anda akan bertemu orang yang fasih berbahasa Indonesia maupun Jawa.

Citygate Outlets: Sepulangnya dari Giant Buddha di Ngong Ping, sebelum naik MTR di Tung Chung, Anda perlu menoleh ke Citygate Outlets dulu. Di sanalah tempatnya barang-barang bermerek dengan harga  miring. Seperti outlet Esprit, Giordano, Crocs, Puma, Nike dll. Shop till you drop!

 

Disneyland Resort:  Disneyland  Resort terletak  di Tsing Yi Island, Lantau. Resmi dibuka 12 September 2005. Meski kalah besar dibanding Disneyland Tokyo, Disneyland Hong Kong  menjadi salah satu andalan wisata di Hong Kong. Ada 3 tema wahana yang dihadirkan: Fantasyland, Tommorowland dan Adventureland. Setiap pukul 7 malam ada pertunjukan kembang api. Untuk menuju Disneyland Resort Anda cukup naik MTR menuju Sunny Bay Station. Dari Sunny Bay pindah naik MTR khusus Disneyland dengan ciri khas Mickey Mouse-nya.

 

Ferry Farrel: Adalah  orang yang merancang Victoria Peak Tower di The Peak. Ia merancang Victoria Peak Tower  berbentuk  seperti wajan. Dengan model bangunan seperti ini Victoria Peak Tower tidak menghalangi pandangan Anda untuk menikmati indahnya Hong Kong dari The Peak.

 

Giant Buddha: Terletak di Pulau Lantau, tepatnya di  Ngong Ping Village. Patung Buddha yang diresmikan tahun 1993 ini terbuat dari perunggu dan dikerjakan selama 10 tahun. Patung dengan tinggi  34 m dan bobot 250 ton ini merupakan hadiah Pemerintah China sekembalinya Hong Kong ke wilayahnya. Untuk mencapai puncak patung, Anda perlu menaiki anak tangga sekitar 268 buah. 

Untuk menuju Ngong Ping Village, Anda yang tidak tinggal di Pulau Lantau bisa menggunakan MTR jurusan Tung Chung. Dari Tung Chung Tower Anda bisa naik Ngong Ping Cable Car seharga HKD 185 PP.  Anda akan menikmati petualangan yang mengasyikkan. Selama 25 menit di udara dengan jarak 5,7 km mata Anda akan dipesonakan  pemandangan  indah melewati gunung, danau dan laut. Jika ingin adrenalin lebih terpacu, Anda bisa naik cable car yang lantainya dari kaca (Crystal Cabin, HKD 255 PP). Mantap.

 

 

 

Hairy Crab: Merupakan kepiting khas Hong Kong, yang ada hanya di bulan Oktober–November.

Heritage 1881: Merupakan hotel yang berada di atas bukit kecil dekat Victoria Harbour. Hotel ini bisa dikatakan  hotel paling unik di Hong Kong. Bergaya Victorian dan berbentuk mirip penjara. Hotel ini hanya memiliki 13 kamar dan  semuanya suite room.  Wuihhh!


(Bersambung ke sini)

Teks: Adi Pamungkas Foto: Daniel Kampua, Dok.MyTrip, Herry Tjiang, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


662

Back to Top