AMSTERDAM, ANTARA VAN GOGH, TULIP DAN HEINEKEN

AMSTERDAM, ANTARA VAN GOGH, TULIP DAN HEINEKEN

Sunday, 30-12-2018 | 00:06

Tulip di Keukenhof

 

Amsterdam sebagai ibu kota Belanda memiliki pesona tersendiri. Karena sebagai kota modern ia tetap mampu menunjukkan sisi-sisi keindahan peninggalan abad ke-17 seperti bangunan-bangunan kuno, museum serta kanal-kanal yang sudah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Keukenhof yang terkenal dengan tulipnya juga berada tak jauh dari Amsterdam. 

 

Panduan ke Belanda silakan baca dulu di sini.

 

Bandara Schiphol Amsterdam

 

CARA KE AMSTERDAM

Berhubung Bandara Schiphol ada di Amsterdam, jadi mudah sekali untuk mencapai pusat kotanya. Hampir semua kereta dari Bandara Schiphol menuju kota lain akan melewati Stasiun Amsterdam Centraal.

 

Baca juga: "Siapa Mau Keliling Belanda Cuma 16,50 Euro?"

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

MUSEUM VAN GOGH

Alamat: Museumplein 6, Amsterdam

Ke sini: Naik tram 2, 3, 5, atau 12 menuju Museumplein (Van Baerlestraat) atau bisa juga dengan bus 358.

Jam buka: 09.00–17.00 (setiap hari, kecuali Jumat pkl.09.00–21.00)

Tiket masuk: EUR 18 (per 1 Januari 2019 naik menjadi EUR 19), untuk pengunjung <18 tahun gratis.

 

 

Sesuai namanya, museum ini memiliki koleksi pelukis legendaris Belanda, Vincent van Gogh. Lebih dari 200 lukisan, 500 gambar, dan 750 dokumen tertulis, semua berkaitan dengan karya dan perjalanan hidup van Gogh. Beberapa karya bernilai tinggi yang dikoleksi museum ini di antaranya Potret Diri, Sunflowers, The Potato Eaters, dan The Bedroom.

 

Sunflowers, salah satu karya van Gogh

 

WISATA KANAL

Alamat: Stadhouderskader 550, Amsterdam

Jam buka: pkl.10.00–17.45 (setiap hari kecuali malam Tahun Baru dan Natal).

Tiket: mulai EUR 19.

 

 

Bila berkunjung ke Amsterdam kurang afdol bila tidak menikmati wisata kanal. Ya, Amsterdam memiliki banyak kanal yang akan memberi kesan mendalam bagi siapa saja yang menikmatinya. Ada beberapa paket wisata mulai dari yang berdurasi 30 menit hingga paket wisata malam yang romantis. Wisata kanal akan melewati rute-rute bangunan bersejarah seperti Westertoren, Rumah Anne Frank (Anne Frank House), pelabuhan tua, Oosterdok dan banyak lagi.

 

HEINEKEN EXPERIENCE

Alamat: Stadhouderskade 78, Amsterdam

Jam buka:  pkl.10.30–19.30 (Senin-Kamis), pkl.10.30–21.00 (Jumat-Minggu). Untuk Juli dan Agustus setiap hari pkl.10.30-21.00.

Tiket masuk: EUR 18. Tiket dijual terakhir 2 jam sebelum jam tutup.

 

Mengikuti paket Heineken Experince layak dilakukan bila berkunjung ke Amsterdam. Selain bisa mengetahui sejarah perusahaan bir terbesar di Belanda, kita juga diajak untuk mengetahui proses pembuatan bir serta bahan-bahannya. Yang paling menarik dari paket ini, ketika seluruh pengunjung diajak masuk ke ruangan multimedia yang mengisahkan proses pembuatan bir. Setiap pengunjung berdiri berjajar dan berpegangan pada tiang besi yang disediakan. Awalnya kita pasti bertanya-tanya kenapa harus pegangan besi? Nah saat perjalanan kisah pembuatan bir, kita seperti menjadi bahan yang harus mengalami proses mulai dari dibawa ke pabrik, dicuci hingga masuk ke dalam mesin dan menjadi sebotol bir. Saat poses itulah kita akan merasakan getaran, goyangan bahkan percikan air, sesuai dengan keadaan yang ada di layar monitor. Untuk itulah kita harus berpegangan tiang besi supaya nggak jatuh.

 

 

Kita juga bisa melabeli nama dalam botol bir --tentu dengan mengeluarkan biaya (EUR 6), berinteraksi dengan kuda berbulu kaki yang panjang, yang dulunya sebagai sarana untuk mendistribusikan bir ke seluruh penjuru Belanda dan Eropa. Untuk saat ini kuda-kuda itu dijadikan sarana promosi bir, yang setiap hari berkeliling di jalanan dekat Amsterdams Centraal.

 

Dan di akhir tur, kita bisa foto atau membuat video seolah naik sepeda keliling Amsterdam dan hasilnya akan dikirim via email.

 

LISSE

Lisse sebuah kota kecil di Belanda, letaknya tidak jauh dari Amsterdam. Kota yang hanya berpenduduk ratusan ribu ini mungkin kurang akrab di telinga kita padahal tiap tahun selalu ramai dikunjungi wisatawan termasuk dari Indonesia. Kok? Ya, nama kota ini kalah tenar dengan nama taman bunganya yakni Keukenhof --sebuah taman bunga tulip terbesar di dunia.

 

KEUKENHOF

Alamat: Stationsweg 166a 2161AM, Lisse

Ke sini: Tersedia bus khusus dari Bandara Schiphol yang terletak di dekat terminal kedatangan 4. Dan lokasi pemberhentian bus ini berbeda dengan halte bus rute Bandara Schiphol ke beberapa kota di Belanda.

Tiket masuk tahun 2019:

EUR 17 (dewasa, beli online), EUR 18 (dewasa, beli di lokasi), EUR 8 (anak-anak 4-17 tahun). Anak di bawah 4 tahun gratis.

 

Taman Bunga Tulip Keukenhof di Lisse memiliki luas 32 hektar dan memiliki  hampir 7 juta jenis bunga tulip yang indah memesona. Eloknya lagi, setiap tahun koleksi jenis bunga tulipnya selalu bertambah, dan tema tamannya pun berganti-ganti. Jadi kalaupun kita datang setiap tahun pasti nggak akan bosan karena selalu menemukan hal yang baru.

 

 

Untuk tahun 2019 taman bunga ini akan dibuka tanggal 21 Maret hingga 19 Mei 2019. Taman dibuka setiap hari mulai pkl.08.00 hingga 19.30, dan penjualan tiket ditutup pkl.18.00.

 

Selain hamparan bunga tulip yang indah, di taman ini ada juga kebun binatang yang berisi beberapa koleksi binatang mini, serta kincir angin, toko suvenir dan restoran.

 

Tips:

  • Waktu terbaik berkunjung ke Keukenhof sekitar minggu ke-2 April hingga pertengahan Mei.  Karena saat itu seluruh pesona bunga tulip sudah tampil sempurna. Kalau berkunjung di awal musim banyak bunga tulip yang belum mekar, sebaliknya pada saat-saat akhir banyak koleksi yang sudah layu bahkan sudah ada yang dipotong.
  • Kalau mau tidak terlalu ramai datanglah sebelum pukul 10.30 atau setelah pukul 16.00. Lagipula cahaya matahari pagi maupun sore membuat hasil foto lebih bagus. Lebih sepi lagi datang jam segitu di hari Senin-Rabu.
  • Untuk pengunjung pribadi atau bukan rombongan dianjurkan beli tiket gabungan (tiket combi) berupa tiket masuk dan tiket bus PP. Bus tersedia di Bandara Schiphol.

 

 

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


935

Back to Top