PERNAH MEMBAYANGKAN KEPALA KITA BISA BERPUTAR 180 DERAJAT?

PERNAH MEMBAYANGKAN KEPALA KITA BISA BERPUTAR 180 DERAJAT?

Tuesday, 29-03-2016 | 10:35

Tarsius

 

Banyak fenomena unik di seputar dunia binatang. Berikut sedikit yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

TAHUKAH ANDA MENGAPA PANDA BERWARNA HITAM DAN PUTIH?

 

 

 

Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2.000 sampai 3.000 panda di seluruh dunia. Sehingga tak heran bila panda menjadi unggulan atau daya tarik kebun binatang dalam menggaet pengunjung.

Bentuk tubuh panda sangat mirip dengan beruang, namun panda hanya berwarna hitam dan putih, berbeda dengan beruang yang memiliki warna coklat. Nah, mengapa panda warnanya hitam dan putih saja? Para ilmuwan menduga bahwa warna hitam putih merupakan bentuk kamuflase yang efektif di habitat panda yang berbatu dan bersalju. Itulah mengapa panda warnanya hitam dan putih. Believe or not?

 

TARSIUS SI MUNGIL UNIK YANG HAMPIR PUNAH

 

 

 

 

Tarsius bisa dibilang primata terkecil di dunia. Secara umum, ada  9 jenis tarsius yang ada di dunia.  Bangganya kita, 7 jenisnya ada di Pulau Sulawesi, sedangkan 2 jenis lainnya ada di Filipina. Dari 7 jenis ada 2 jenis tarsius yang paling populer di Indonesia yakni tarsius tarsier yang sering disebut kera hantu dan tarsius pumilus atau tarsius kerdil atau krabuku kecil.

Nama tarsius diberikan berdasarkan pada ciri fisik tubuhnya yang berupa tulang tarsal yang memanjang dan  membentuk pergelangan kaki sehingga walaupun kecil, tarsius bisa melompat sejauh 3 m dari satu pohon ke pohon lainnya. Unik dan hebat kan?

Ada keunikan lain yakni tarsius yang rata-rata berukuran 10-15 cm ini bola matanya lebih besar daripada ukuran otaknya. Nah, bola mata yang besar ini sangat bermanfaat saat berburu mangsa di malam hari.  Satu keunikan lagi, kepala tarsius bisa berputar hingga 180 derajat. Sayangnya hampir punah, makanya binatang ini dilindungi. Yuuk jaga keberadaan Tarsius.

 

MENGAPA KEPALA BURUNG HANTU BISA BERPUTAR 270 DERAJAT?

Bila kita mencermati burung hantu, mungkin kita hanya melihat sosoknya yang seram dengan matanya yang selalu melotot. Tapi pernahkan Anda tahu kenapa burung hantu selalu melotot? Ternyata bukan karena ada mangsa, tetapi lebih karena pupil mata burung hantu sangat besar sehingga susah digerakkan atau diputar bola matanya apalagi berkedip.

Karena keterbatasan itulah burung hantu memiliki kelebihan lain yakni bisa menggerakkan lehernya 180 derajat bahkan sampai 270 derajat. Itu karena burung hantu memiliki 14 tulang belakang, yang artinya dua kali lebih banyak dibanding manusia. Cuma, fleksibilitas leher itu tidak tampak karena ketutup bulunya yang tebal.

Teks: Adi Pamungkas Foto: Daniel Kampua, Dok.MyTrip, Dok.Singapore Zoo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


363

Back to Top