8 DARI 10 PENDUDUK MALDIVES PERNAH CERAI MINIMAL SEKALI!

8 DARI 10 PENDUDUK MALDIVES PERNAH CERAI MINIMAL SEKALI!

Monday, 28-03-2016 | 16:03

 

 

Maldives indah, pastinya. Tapi selain indah, negara kepulauan ini unik. Tahukah Anda apa saja keunikannya?

 

Negara Asia Terkecil

 

 

Maldives adalah negara Asia terkecil baik dari segi jumlah penduduk (330.000) maupun luas area (90.000 km2). Juga merupakan satu-satunya negara dengan pulau-pulau yang sangat terpencar-pencar.

 

Negara Terendah

 

 

 

Tinggi rata-rata daratan di Maldives hanya 1,5 mdpl. Jadi Maldives adalah negara terendah di planet bumi ini! Sekaligus merupakan negara yang memiliki lokasi tertinggi yang terendah di dunia, hanya 2,4 m! Maldives menjadi negara nomor tiga di dunia yang paling terancam jika ada bencana banjir karena perubahan iklim dan terutama akibat global warming. Kebayang ‘kan bagaimana luluh lantaknya negara mungil ini saat bencana tsunami menerjang pada Desember 2004 yang juga menghantam Aceh?  

 

Dari Perikanan ke Turisme

 

 

 

Turisme baru berkembang di Maldives tahun 1972 dengan dibukanya resor pertama yaitu Bandos Island Resort dan Kurumba Village Resort yang masih beroperasi hingga kini. Sejak itulah Maldives bertransformasi dari negara yang tergantung pada industri perikanan menjadi fokus pada turisme.

 

Pemegang Rekor Perceraian

Penduduk Maldives pernah memegang rekor tingkat perceraian tertinggi di dunia. 8 dari 10 penduduknya pernah bercerai minimal sekali. Hal ini karena pada masa itu seorang suami boleh menceraikan istrinya hanya dengan mengatakan “Kuceraikan kamu” sebanyak 3 kali dan cukup melaporkannya ke petugas administratif setempat hanya lewat sepucuk surat. Saking mudahnya bercerai, mudah pula mereka rujuk. Gara-gara itu, pemerintah sampai  membuat aturan pembatasan nikah ulang maksimal 3 kali untuk pasangan yang sama. (Sumber: Sam Harwood & Rob Bryning dalam buku Dive The Maldives). Tapi katanya praktik itu kini sudah tak lazim lagi.

 

Bebas Visa Bagi Semua Warga Dunia

 

 

 

Bukan cuma kita WNI yang bebas masuk Maldives tanpa visa (maksimal kunjungan 30 hari), melainkan juga seluruh warga dunia. Nggak heran Maldives nggak pernah sepi turis. Belakangan ini bahkan banyak sekali pasangan muda asal Cina Daratan berlibur ke Maldives.

 

“Are You Working Here?”

Kalau di negara-negara Timur Tengah, Malaysia maupun Hong Kong, TKW Indonesia semuanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, lain di Maldives. Banyak wanita muda asal Indonesia bekerja sebagai terapis spa di kapal-kapal LOB maupun resor-resor mewah. Makanya jangan heran kalau ada penduduk lokal yang menyapa Anda (para wanita) dan menebak “Are you working here?”.

Teks: Mayawati NH Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


590

Back to Top