MAU YANG ANTI MAINSTREAM? ADA PANTAI LUMBUNG DI TULUNGAGUNG

MAU YANG ANTI MAINSTREAM? ADA PANTAI LUMBUNG DI TULUNGAGUNG

Saturday, 19-05-2018 | 22:10

 

Mau liburan ke destinasi yang anti mainstream? Kawasan Tulungagung bisa menjadi alternatif. Kabupaten Tulungagung yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur ini memanglah kawasan yang memiliki belasan wisata bahari yang mumpuni. Sebut saja salah satunya Pantai Watu Lumbung atau lebih tenar dengan nama Pantai Lumbung.

 

Pantai Lumbung tepatnya berlokasi di Desa Pucanglaban dan bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Tulungagung ke arah tenggara. Pantai yang bisa dikatakan masih perawan ini memang masih terjaga kealamiannya. Bagaimana tidak, dengan hamparan pasir putih yang amat bersih dan sesekali nampak berkilau karena terpaan cahaya matahari, ditambah lagi dengan pengunjung yang masih relatif sedikit, menjadikan destinasi tersebut amat cocok bagi Trippers yang mencari ketenangan dalam liburannya.

 

Jalan untuk menuju Pantai Lumbung memanglah belum bagus, masih berupa jalan tanah berumput dengan permukaan tanah yang bergelombang dan sempit, sehingga hanya sepeda motor yang bisa masuk. Mungkin karena belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat, akses menuju lokasi ini sama sekali belum diperbagus. Pengunjung juga tidak dikenakan tiket masuk dan hanya diwajibkan membayar biaya parkir motor sebesar Rp5.000 saja.

 

Setibanya di lokasi parkir kita bisa langsung menuju bibir pantai dengan cara menuruni tangga yang terbuat dari kayu setinggi 30 meter. Tangga ini memang dipersiapkan oleh warga setempat dengan tujuan untuk mempermudah pengunjung menuruni bukit sehingga langsung bisa menuju pantai.

 

Selain berpasir putih dengan kebersihan yang tetap terjaga, yang menjadi ciri utama Pantai Lumbung ini adalah batu raksasa berbentuk unik yang berada di bibir pantai. Keberadaan batu raksasa inilah yang menjadi cikal-bakal pantai ini dinamai Pantai Watu Lumbung atau Batu Raksasa. Bersantai, bermain air ataupun berfoto-foto dengan latar belakang batu raksasa di tepi pantai merupakan aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

 

 

Pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas di antaranya warung tradisional yang menjajakan beberapa jenis makanan dan minuman, serta telah tersedia pula toilet bagi pengunjung.

 

Baca juga: "Kubangan Cantik Itu Bernama Kedung Tumpang"

 

Berikut info rute menuju Tulungagung bagi Trippers dari Jakarta yang tertarik mengunjungi Pantai Lumbung.

 

Dari Jakarta ambilah penerbangan ataupun kereta api dengan tujuan Malang, Solo atau bisa juga Surabaya.

  • Rute dari Malang

Dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menuju Stasiun Kota Malang lama perjalanan 45 menit atau berjarak 20 km.

Dari Stasiun Kota Malang menuju Stasiun Tulungagung lama perjalanan sekitar 2,5 jam.

 

  • Rute dari Solo

Dari Bandara Adi Sumarmo Solo menuju Stasiun Solo Balapan/ Purwosari/ Solo Jebres lama perjalanan 30 menit atau berjarak sekitar 15 km.

Dari Stasiun Solo Balapan/ Purwosari/ Solo Jebres menuju Stasiun Tulungagung lama perjalanan sekitar 4 jam.

 

  • Rute dari Surabaya

Dari Bandara Juanda Surabaya menuju Stasiun Gubeng lama perjalanan sekitar 45 menit atau berjarak 20 km.

Dari Stasiun Gubeng untuk menuju Stasiun Tulungagung belum tersedia layanan langsung, sehingga Trippers harus transit dulu di Stasiun Kertosono atau Stasiun Nganjuk, lalu dilanjutkan menuju Stasiun Tulungagung. Lama perjalanan kurang lebih 5 hingga 6,5 jam.

 

Dengan bus:

Bandara Adi Sumarmo Solo ke Terminal Solo (Gojek/ Gocar).

Terminal Solo ke Brak’an Kertosono (Bus Mira/ Sugeng Rahayu/ Sumber Selamat/ Eka).

Brak’an Kertosono ke Terminal Tulungagung (Bus Harapan Jaya/ Pelita Indah).

 

Bandara Abdul Rachman Saleh Malang ke Terminal Malang (Gojek/ Gocar).

Terminal Malang ke Terminal Surabaya (Bus Restu/ Tentrem/ Kalisari).

Terminal Surabaya ke Terminal Tulungagung (Bus Harapan Jaya/ Pelita Indah).

 

Bandara Juanda Surabaya ke Terminal Surabaya (Gojek/ Gocar).

Terminal Surabaya ke Terminal Tulungagung (Bus Harapan Jaya/ Pelita Indah).

 

Untuk lama perjalanan dengan menggunakan bus tidak bisa diprediksi karena tergantung kondisi jalan pada saat itu, macet atau tidak.

 

Setibanya di Stasiun atau Terminal Tulungagung, Trippers bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ataupun rental untuk menuju lokasi Pantai Lumbung, dengan lama perjalanan sekitar 90 menit atau berjarak sekitar 45 km baik dari Stasiun Tulungagung maupun Terminal Tulungagung.

 

 

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


766

Back to Top