ADA NEGERI DI ATAS AWAN DI BUKIT CUMBRI

ADA NEGERI DI ATAS AWAN DI BUKIT CUMBRI

Thursday, 10-05-2018 | 19:15

 

Berbicara mengenai destinasi wisata di Jawa Tengah, tentunya tak pernah bisa terlepas dari nama-nama daerah yang lebih lama tenar, seperti Yogyakarta, Solo ataupun Semarang. Tapi bukan berarti daerah-daerah lain tidak mempunyai destinasi wisata lho.

 

Sebut saja Wonogiri. Nama ini mungkin belum setenar tiga tempat di atas. Tapi tidakkah Anda tahu, Wonogiri memiliki satu destinasi wisata yang sangat luar biasa indahnya. Tempat itu bernama Cumbri.

 

Cumbri adalah sebuah bukit dan merupakan satu dari ribuan bukit yang ada di Indonesia. Saat ini nama Cumbri semakin dikenal seiring kemunculannya di media sosial. Keindahan panorama alamnya menjadikan Bukit Cumbri menjadi salah satu destinasi anti mainstream bagi para travellers.

 

Secara geografis bukit ini terletak di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo dan Desa Biting Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Lokasinya memang berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

 

Untuk mencapai lokasi ini ada 2 rute yang bisa menjadi pilihan. Rute yang pertama dimulai dari Ponorogo yakni melalui Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo. Perjalanan dari Kota Ponorogo untuk menuju Desa Pager Ukir ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Sementara rute yang kedua dimulai dari Purwantoro yakni melalui Desa Biting dan Desa Kepyar dengan jarak tempuh kurang dari 30 menit.

 

Bagi yang berniat mengunjungi Bukit Cumbri lebih disarankan untuk mengendarai sepeda motor sebab jalanannya banyak sekali tanjakan dan tikungan sempit. Motor matic masih bisa asalkan kondisinya fit.

 

Setibanya di lokasi parkir, kita masih harus berjalan kaki menuju puncak Bukit Cumbri dengan jarak yang cukup jauh. Rutenya lumayan menanjak dan berkelok-kelok. Wajib membawa air minum sebagai bekal untuk menuju puncak, karena trekkingnya memakan waktu sekitar satu jam.

 

Bukit ini berada pada ketinggian 638 mdpl. Dari ketinggian kita akan disuguhi pemandangan layaknya berdiri di atas awan. Kita juga bisa menyaksikan Kota Wonogiri dari atas secara lengkap, dihiasi bukit bukit lain yang ada di sekitarnya.

 

Baca juga: “Ssst... Jangan Bilang Siapa-Siapa Ya Ada Negeri di Atas Awan di Pangalengan

 

Terutama pada siang hari, panorama alam berupa deretan perbukitan terlihat sangat jelas di bawah kita. Pemandangan alam yang berkolaborasi antara bukit dari Jawa Tengah dan Jawa Timur inilah yang seakan menghipnotis banyak travellers untuk berkunjung ke tempat ini.

 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini memang tergantung selera. Jika ingin menyaksikan hamparan perbukitan dengan jelas, maka waktu yang tepat adalah siang hari, namun sinar matahari akan terasa sangat menyengat kulit. Sementara waktu pagi ataupun sore juga bisa menjadi alternatif. Pada pagi hari pengunjung bisa menyaksikan perbukitan yang berselimutkan kabut dengan suasana yang sejuk dan pada sore hari pengunjung bisa menikmati saat-saat matahari mulai terbenam.

 

Karena Bukit Cumbri memiliki struktur tanah yang tidak rata maka Anda harus ekstra hati-hati. Tidak direkomendasikan untuk anak-anak, karena begitu banyak bebatuan terjal berada di sekitar bukit ini dan ada tebing yang cenderung curam di sisi kanan dan sisi kiri bukit.

 

Sejauh ini untuk memasuki lokasi belum ada tarif khusus yang dibebankan kepada pengunjung. Biaya hanya dikeluarkan untuk parkir saja yakni sebesar Rp3.000.

 

 

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


737

Back to Top