MAU BERTEMU LUNA MAYA DI PANTAI PASIR PUTIH TRENGGALEK?

MAU BERTEMU LUNA MAYA DI PANTAI PASIR PUTIH TRENGGALEK?

Wednesday, 03-04-2019 | 18:02

Menuju Pulau Karang Bintang

 

Di Trenggalek ada sebuah pantai bernama Pantai Pasir Putih yang selalu menjadi idola para wisatawan. Pantainya bersih, berpasir putih lembut, berair biru dan teduh karena saking banyaknya pohon kelapa. Pantai Pasir Putih memiliki keunggulan dibanding pantai-pantai lain di Trenggalek, yakni adanya fasilitas island hopping. Pengunjung akan diajak berkeliling dengan perahu motor kapasitas 15 sampai 20 orang ke beberapa spot seperti Rumah Apung, Jembatan Luna Maya, Pulau Watu Bentis, Pulau Rembeng, Pulau Mutiara, Pulau Karang Bintang dan Gua Merah. Sementara untuk pantai ada Pantai Karanggongso, Pantai Asmara dan Pantai Kecil.

 

1. Rumah Apung

 

Di Pantai Pasir Putih snorkeling hanya bisa dinikmati di Rumah Apung seluas 20 m melalui kolam buatan yang berisi beberapa jenis ikan hias, ikan kerapu dan juga terumbu karang. 

 

2. Jembatan Luna Maya

 

Banyak yang bertanya-tanya alasan pemberian nama jembatan ini. Usut punya usut, dulu aktris Luna Maya pernah syuting film di jembatan ini. Jembatan Luna Maya merupakan jembatan dari kayu yang terbentang dari bibir pantai hingga ke tengah lautan. Meski terlihat sepi, namun justru memberi kesan nyaman, menenangkan dan serasa berada di pulau pribadi.

 

3. Spot Pulau

Gua Merah

 

Beberapa pulau yang bisa dijelajahi adalah Pulau Watu Bentis, Pulau Rembeng, Pulau Mutiara, Pulau Karang Bintang dan Gua Merah. Meski perahu motor tak bisa bersandar, setidaknya keberadaan pulau-pulau tersebut sangat membantu untuk dijadikan latar belakang saat berfoto. Sementara Gua Merah merupakan sebuah gua kecil yang berada di bawah gugusan karang besar berwarna kemerahan. Gua yang konon berkedalaman 750 m ini keberadaannya masih menjadi misteri, sebab sampai sekarang belum ada pembuktian yang jelas mengenai apa isi dari gua tersebut.

 

4. Spot Pantai

Pantai Karanggongso

 

Pengunjung akan diantarkan ke beberapa pantai seperti Pantai Asmara, Pantai Karanggongso dan Pantai Kecil. Pantai Asmara merupakan sebuah pantai yang sepi, tenang dan berpasir kuning kecoklatan. Lalu Pantai Karanggongso adalah pantai yang terkenal banyak menyediakan vila. Sementara yang terakhir adalah Pantai Kecil, pantai yang biasanya dimanfaatkan untuk berenang dengan aman.

 

Baca juga: "Pantai Pasir Putih, Pantai Perawan di Pesisir Blitar"

 

Seluruh tempat ini bisa dikelilingi dalam waktu 1 hingga 2 jam dengan harga sewa perahu motor mulai Rp350.000 hingga Rp650.000 atau nego. Tiket masuk lokasi Pantai Pasir Putih Rp10.000, ongkos parkir kendaraan roda dua Rp2.000 dan kendaraan roda empat Rp5.000. Sementara untuk snorkeling di Rumah Apung, dikenai biaya masuk Rp10.000, sewa alat snorkeling dan alat pelampung Rp10.000, sewa kano Rp20.000 dan bagi yang ingin menginap di Rumah Apung dikenai biaya Rp150.000 per orang untuk satu malam.

 

Pantai Pasir Putih terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Pantai ini bisa dijangkau melalui Stasiun Tulungagung Jawa Timur dengan jarak berkisar 45 km atau butuh waktu kurang lebih 1,5 jam berkendara. Fasilitas yang tersedia sudah lengkap, seperti warung makan, penginapan, kamar mandi dan mushola.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


870

Back to Top