SILUWOK, AIR TERJUN PERAWAN DI LERENG MENOREH

SILUWOK, AIR TERJUN PERAWAN DI LERENG MENOREH

Sunday, 13-01-2019 | 23:28

 

Air Terjun Siluwok merupakan satu dari empat air terjun yang berada di Desa Keweron Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun tiga air terjun lainnya adalah Air Terjun Sidoharjo, Air Terjun Cibiru dan Air Terjun Watu Jonggol. Air Terjun Siluwok ini termasuk air terjun perawan yang masih benar-benar alami dan masih jarang dikunjungi wisatawan.

 

Baca juga: "Sensasi Berenang di Water Park Alami di Kulon Progo"

 

Lokasinya memang menantang, untuk mencapainya diharuskan melewati jalan tanah di tengah perkebunan sejauh kurang lebih 300 m. Meski jalur tempuh terbilang landai, namun masih terdapat beberapa titik dengan kondisi jalan yang sangat licin.

 

Air terjun setinggi 20 m ini debit airnya tidak begitu besar dan langsung mengalir bebas dari atas tebing menuju sebuah kolam alami di bawahnya. Kolam alami dengan air jernih kehijauan tersebut memiliki kedalaman sekitar 2 m dengan diapit oleh bebatuan besar di sekelilingnya. Dengan kondisi ini, kolam Air Terjun Siluwok bisa dikatakan aman bagi pengunjung jika dimanfaatkan untuk berenang, berendam atau juga sekadar untuk basah-basahan.

 

 

Di media sosial nama Air Terjun Siluwok baru-baru ini memang sedang ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak, air terjun tersembunyi di lereng Pegunungan Menoreh ini lokasinya jauh dari keramaian sehingga sangat tepat dijadikan pilihan bagi yang mencari ketenangan. Belum lagi ditambah airnya yang dingin di tengah-tengah suasana alam yang menyejukkan, membuat pengunjung enggan untuk pulang.

 

Fasilitas yang tersedia hingga kini baru sebuah gazebo kecil di tepi air terjun, sementara warung tradisional dan toilet hanya disediakan di dekat lokasi parkir.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Air Terjun Siluwok antara lain, gunakan sandal anti selip, bawa pakaian ganti dan datanglah di pagi hari untuk mengantisipasi turunnya hujan. Bagi Trippers yang penasaran, Air Terjun Siluwok bisa diakses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak sekitar 40 km atau kurang lebih 1,5 jam berkendara, sementara untuk tiket masuk dan ongkos parkir gratis.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


379

Back to Top