EKSOTISME GIANYAR BALI 2020-02-06 06:00

Salah satu spot foto di air terjun Tegenungan

 

Rasanya nggak mungkin ya ada yang merasa bosan liburan di Bali. Karena tiap sudut Bali menawarkan hal yang menarik. Salah satunya Gianyar yang berada di sebelah timur laut Denpasar. Kabupaten Gianyar terdiri dari 7 kecamatan yaitu Blahbatuh, Gianyar, Payangan, Sukawati, Tampaksiring, Tegallalang, dan Ubud. Mendengar nama-nama kecamatannya saja kita sudah membayangkan betapa eksotisnya kabupaten yang luasnya 368 km2 ini. Banyak sekali objek wisata di Gianyar, tapi kali ini ditampilkan hanya tiga.

 

AIR TERJUN TEGENUNGAN

Dari Blahbatuh ke Air Terjun Tegenungan hanya 8 km. Lokasi tepatnya di Jl. Ir. Sutami Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Begitu masuk dari area parkir, tempat ini tak terlihat sebagai kawasan wisata alam. Area parkir yang cukup luas dengan bangunan loket yang bagus, mirip seperti akan masuk ke Candi Borobudur. Tampak dikelola dengan sangat baik.

 

Setelah membeli tiket seharga Rp15.000 kita diberi cap di tangan sebagai tanda masuk. Baru 5 m dari gerbang kita sudah menemukan kawasan resto, ada yang berupa bangunan permanen maupun bangunan artistik dari bambu, serta tempat duduk dengan atap tenda warna-warni.

 

Kafe dan resto di sekitar air terjun

 

Setelah melewati deretan kursi kafe di kanan dan kiri, suara gemericik air sudah mulai terdengar. Air Terjun Tegenungan sudah mulai tampak tapi berada di bawah, berkisar 100 m. Untungnya ada anak tangga dengan pegangan besi sehingga lebih mudah mencapainya.

 

Area utama Air Terjun Tegenungan

 

Tempat ini sudah ditata sangat kekinian, dilengkapi spot foto ala Instagram. Ada ayunan, rajutan ranting berbentuk love, bahkan juga bentuk love permanen dari semen, ada juga bentuk sangkar burung, atau tulisan-tulisan seperti “I love U”, “Travel and never stop to explore” “ Miss u” hingga “Calon Mantu Idaman”. Nah tinggal pilih deh mana yang sesuai dengan mood Anda. Ada kotak donasi untuk setiap spot foto. Silakan isi seikhlasnya, tapi tidak menerima uang koin. Jadi artikan sendiri berapa minimal yang harus Anda bayar.

 

Spot foto berupa ayunan

 

O ya Air Terjun Tegenungan ini dikenal juga dengan sebutan Air Terjung Blangsinga karena bisa didatangi dari Banjar Tegenungan di sisi barat, dan juga bisa didatangi dari Banjar Blangsinga di sisi timur. Jam buka: 08.00-18.00

 

Baca juga: "Eksplor Nusa Penida Itu Murah, Murah Banget!"

 

PASAR SENI SUKAWATI

Dari Puri Blahbatuh ke Pasar Seni Sukawati berjarak 10 km, satu jalan dengan ke Air Terjun Tegenungan. Jadi banyak yang usai bermain di Air Terjun Tegenungan mampir ke Pasar Seni Sukawati. Lokasi tepatnya di Jl.Raya Sukawati Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar.

 

 

Pasar yang tersohor ini diresmikan tahun 1985. Ya, Pasar Seni Sukawati tidak bisa dilepaskan dari daftar objek wajib kunjung di Pulau Bali. Tak aneh kalau pasar yang buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 ini selalu dipenuhi wisatawan walaupun saat ini sudah sangat banyak toko-toko modern yang menjual suvenir khas Bali. Pasar Seni Sukawati tetap menjadi legenda tersendiri.  

 

PASAR SENI GUWANG

Pasar Seni Guwang dibangun di sebelah selatan Pasar Seni Sukawati, hanya berjarak 2 km saja. Tepatnya di Jl. Raya Guwang No.5 Desa Guwang Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Pasar Seni Guwang muncul untuk mengakomodir limpahan wisatawan yang sulit mencari parkir di Pasar Seni Sukawati dan malas berdesakan di dalam kios-kios yang sudah terlalu padat.  

 

Aneka lukisan di Pasar Seni Guwang

 

Barang seni yang dijual di sini juga hampir sama dengan yang ada di Pasar Seni Sukawati. Pakaian adat Bali, kerajinan tas, sandal, bed cover, baju dengan motif Bali, celana, mukena, dan banyak lagi, semuanya sama dengan yang dipajang di Pasar Seni Sukawati. Jam bukanya pukul 08.00-18.00.

 

Transportasi ke objek-objek wisata: Nggak ada angkutan umum, jadi gunakan ojek online atau ojek pangkalan, atau sewa sepeda motor untuk 12 jam Rp125.000 dan sewa mobil minimal Rp300.000.

Teks & Foto: Raiyani Muharramah
Comment
Soiploxia

1 In 1988, the NCI Clinical Alert also recommended tamoxifen for women with node negative, ER positive breast cancer lasix medication

2022-10-22