SENSASI BERENANG DI TELAGA NIRWANA PULAU ROTE NTT YANG SUPER JERNIH! 2023-09-04 15:15

Telaga Nirwana di Pulau Rote menawarkan air tenang nan jernih

 

Telaga Nirwana di Pulau Rote menawarkan air tenang nan jernih dan segar yang sangat mengundang untuk direnangi. Bagi yang kurang suka basah-basahan di air laut tak masalah, karena kalian bisa menikmati pemandangan dari tepian telaga dan tentu saja berfoto-foto serta membuat konten video. Pokoknya, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Telaga Nirwana berada di Dusun Kotalai Desa Oeseli Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Baca juga: “Panduan Lengkap & Terkini Menyusuri Mulut Seribu di Pulau Rote NTT

 

NAIK PERAHU DARI PANTAI OESELI

Seperti telah diulas di artikel sebelumnya, dari Pantai Oeseli Trippers bisa melanjutkan eksplorasi ke Telaga Nirwana. Untuk mencapai telaga ini Trippers mesti sewa perahu bermotor. Perahunya langsing, maksimal untuk 10 orang. Kalau kondisi air pasang, Trippers  bisa masuk dengan perahu ke telaga nirwana lewat koridor laut sepanjang +/-700 m yang kiri kanannya penuh pohon bakau.

 

Naik perahu ke Telaga Nirwana dari Pantai Oeseli

 

Naik perahu ke Telaga Nirwana dari Pantai Oeseli

 

Perahunya tidak besar

 

Rombongan MyTrip dua kali ke sana di Juni dan Agustus 2023 dalam kondisi air surut, jadi tak bisa melewati koridor itu, bisa kandas perahu saking dangkal airnya. Perahu yang kami sewa akhirnya hanya menyeberangi teluk menuju sisi luar koridor tersebut, yang durasinya hanya 15 menit. Bisa dilihat di peta untuk memahami letaknya.

 

Peta Telaga Nirwana dan Pantai Oeseli

 

 

Telaga Nirwana dan koridor lautnya

 

 

Perahu menyeberangi teluk

 

Perahu merapat di sisi luar koridor yang memiliki pantai berbatu karang. Dari sini kami sambung jalan kaki, menanjak sedikit, melewati jalan setapak dengan dasar tanah bercampur batu karang. Nggak full panas terbuka karena ada pepohonan, tapi nggak full teduh juga. Nggak sulit dan nggak jauh untuk sampai di spot pertama di mana Trippers sudah bisa melihat Telaga Nirwananya. Hanya 5-6 menit!

 

Perahu merapat

 

Pantai berbatu karang, titik awal ke Telaga Nirwana

 

Menanjak sedikit di awal

 

Jalurnya begini, tidak full terbuka dan tidak full teduh

 

ADA 4 SPOT UNTUK BERFOTO

Setidaknya ada 4 spot berfoto di tepi tebing yang berpemandangan ke arah Telaga Nirwana, yang ditunjukkan Stivan Mooy, pemandu lokal yang menemani kami dari Pantai Oeseli.

 

Baca juga: “Ini Nih Sudut-Sudut Cantik di Pantai Oeseli Pulau Rote NTT

 

Di spot pertama ada batu karang cukup besar yang bisa dinaiki untuk mengambil foto high angle. Foto juga bisa diambil dari bawah samping batu karangnya. Kalau Trippers perhatikan fotonya, terlihat beda kedalaman air Telaga Nirwana membentuk pola hati di permukaannya. Dan uniknya, juga terdapat batu karang pipih yang cukup lebar yang juga berbentuk hati. Sayang rombongan MyTrip tidak membawa drone yang bisa makin menampakkan bentuk ini.

 

Spot pertama, ada batu karang yang bisa dinaiki

 

Foto high angle. Perhatikan, ada bentuk hati di permukaan air, dan batu karang pipih berbentuk hati

 

Foto dari bawah samping

 

Spot kedua juga berupa batu karang di bibir tebing yang bisa menjadi pijakan sekaligus aksen untuk mempercantik foto. Dari sini, dari angle tertentu, bisa terlihat juga si batu karang pipih berbentuk hati.

 

Spot kedua

 

Spot kedua

 

Spot kedua, masih terlihat batu bentuk hati

 

Di spot ketiga ada plang bertuliskan “Telaga NIRWANA”. Tentu ini jadi spot favorit untuk berfoto.

 

Spot ketiga

 

Grup MyTrip Juni 2023

 

Grup MyTrip Agustus 2023

 

Di tiga spot pertama, tidak ada jalur untuk turun ke air. Barulah di spot keempat, Trippers bisa turun ke bawah, hingga mencapai air telaganya. Saat Juni 2023 belum ada teras kayu di sini. Tapi di Agustus 2023 sudah ada teras kayu. Dan ada warga lokal yang menawarkan rakit dengan dekorasi bentuk hati/love bagi yang ingin berfoto di tengah telaga tanpa harus nyebur ke air. Harganya hanya Rp10.000 per orang, maksimal sekali naik 5 orang.

 

Spot ke-4, saat Juni 2023, belum ada teras kayu

 

Spot ke-4, saat Agustus 2023, sudah ada teras kayu dan rakit

 

Naik rakit

 

Bagi yang bisa berenang, jangan lewatkan kesegaran dan kejernihan air di Telaga Nirwana. Turunnya dari spot ke-4 ini. Kedalaman airnya tergantung pasang-surut, yang jelas tidak terlalu dalam, dasarnya tampak. Tapi tetap ada bagian-bagian yang dalam. Yang tidak bisa berenang kalau mau ikut berenang harus mengenakan jaket pelampung. Ayo nyemplung!

 

Nikmati Telaga Nirwana dengan berenang

 

Ayo nyemplung!

 

Cara ke Rote bisa dibaca di sini. 

 

Berminat mengunjungi Pulau Rote? Hubungi MyTrip di 0811821006.

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Dicky Rote, jadesta.kemenparekraf.go.id, Mayawati NH, Stivan Mooy
Comment