INI DIA POTRET CANTIK SUNSET DI PURU KAMBERA SUMBA TIMUR 2020-09-07 00:00

Potret cantik sunset di Puru Kambera

 

Puru Kambera boleh jadi tampak biasa saja serta terkesan gersang dan terik saat siang hari. Tapi coba datanglah menjelang sang surya bersiap pamit dari muka bumi. Semburat rona merah dan oranye memenuhi langit di segala penjuru. Sementara padang sabana maha luas yang dicoraki gerumbulan pepohonan yang seperti bonsai seolah berkilau tertimpa cahaya matahari. Di kejauhan tampak laut biru dengan garis cakrawala membatasi. Cantik banget! Puru Kambera yang berada di Desa Mondu Kecamatan Kanatang Kabupaten Sumba Timur, Sumba, NTT ini memang menawarkan pemandangan sabana dan juga pantai sekaligus.

 

Semburat oranye, laut, dan sabana dengan gerumbulan pepohonan

 

After sunset di Puru Kambera

 

Momen menjelang sunset, sunset dan after sunset yang spektakuler menjadi potret Puru Kambera yang saya simpan rapi di memori. Sampai akhirnya di kesempatan kedua dan ketiga datang lagi di siang terik, padang sabananya hanya menawarkan kegersangan maksimal. Sesekali kami dapat bonus kawanan kuda liar yang melintas atau tengah merumput. Serasa safari di Afrika. Lantas berteduh di bawah pohon cemara saat tiba di pantainya untuk membuka bekal makan siang adalah pilihan yang paling tepat.

 

Kami berfoto dengan latar pemandangan aduhai

 

After sunset di pantainya

 

Teriknya Puru Kambera di siang hari

 

Kawanan kuda melintas

 

Puru Kambera biasa disinggahi setelah dari Air Terjun Tanggedu dan juga Bukit Mondu. Jaraknya dari Kota Waingapu –homebase selama di Sumba Timur-- sekitar 30 km, ditempuh berkendara 45-60 menit. Kalau pas musimnya, sepanjang perjalanan kita akan melihat banyak pohon bunga gamal yang sekilas tampak seperti bunga sakura.

 

Perjalanan ke Puru Kambera

 

Bunga gamal di perjalanan

 

Lokasi Puru Kambera di sini nih

 

Nggak mungkin kita melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar rimbunan bunga gamal. Begitu juga kalau kebetulan nemu kawanan kuda yang tengah asyik merumput, rasanya sayang kalau nggak diabadikan. Jangan grasa-grusu mendekati kuda-kuda itu ya, karena mereka malah akan lari menjauh.

 

Baca juga: "Tempat Favorit Melihat Sunrise dan Sunset di Sumba: Pantai Mananga Aba"

 

Sampai September 2018 kali terakhir saya ke sana, tidak ada fasilitas wisata apa pun di pantai dan area sabananya. Fasilitas terdekat berupa penginapan dan restoran, sekitar 3 km ke arah timur dari Pantai Puru Kambera, arah kembali ke Waingapu, sekitar 5 menit berkendara, adalah Pondok Wisata Pantai Cemara.

 

 

Sayang belum ada dive operator, padahal katanya sih Puru Kambera punya spot selam, di pulau di dekat situ. Bisa snorkeling juga pastinya, tapi saya belum pernah mencoba.

 

Suasana pantainya

 

Baca juga: "Puncak Kepuasan Itu Ada di Tanjung Mareha Sumba Barat Daya"


O ya, video ucapan ultah dari Glenn Fredly buat istrinya yang diunggah di Instagram April 2020 diambil di Pantai Puru Kambera ini lho. Video ini membuat banyak orang terharu-biru setelah Glenn meninggal. Dan pastinya yang belum ke sini jadi penasaran sama Puru Kambera deh!

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment