ANAK-ANAK BELAJAR, EMAK-EMAK BERFOTO KEREN DI SAMSUNG INNOVATION MUSEUM SUWON 2019-11-20 06:00

 

Kota Suwon yang hanya berjarak 1 jam berkendara dari ibu kota Korea Selatan Seoul identik dengan merek bergengsi yang sangat populer tak hanya di Korea tapi juga di seluruh dunia, Samsung. Ya, Samsung berkantor pusat di Suwon, dan di dalam kantor pusatnya ini terdapat museum yang sangat menarik serta interaktif yakni Samsung Innovation Museum yang biasa disingkat SIM.

 

Memang apa menariknya sebuah museum? Mungkin ini pertanyaan banyak orang. Tapi percaya deh, museum yang satu ini rugi banget kalau nggak didatengin. Keren banget! Apalagi masuknya gratis. Sabtu waktu yang cocok untuk berkunjung karena bisa langsung datang, sedangkan kalau datang Senin-Jumat harus reservasi dulu.

 

Baca juga: "Bernostalgia di Hwaseong Haenggung Palace, Tempat Syuting Dae Jang Geum"

 

Museumnya sangat modern, tampak baru dan kinclong, baru dibuka tahun 2014. Semua keterangan ditulis dalam bahasa Korea, Inggris, Jepang dan China. Terdiri dari 4 lantai. Lantai 1 History of Samsung (jangan lewatkan koleksi HP Samsung plus tempat obor Olimpiade dari masa ke masa di mana Samsung menjadi sponsornya), lantai 2 Inspiring Innovation (Era of Creation), lantai 3 Core of Innovation (Era of Corporate Innovation), Lantai 5 –sebenarnya lantai 4—Seeds of Innovation (Era of Inventors). Tur dimulai dari lantai 5, sesuai proses inovasinya.

 

Koleksi HP Samsung dan tempat obor Olimpiade

 

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pengunjung adalah menonton film dokumenter 7 menit di teater mininya. Filmnya menggambarkan tentang kecanggihan teknologi masa depan yang membuat hidup kita menjadi sangat mudah. Tinggal pencet-pencet permukaan beragam perabot di rumah, dan taraa... info yang kita butuhkan tampil real time.

 

Yang menariknya juga, museum ini menyediakan fasilitas-fasilitas berteknologi sederhana yang bisa kita pencat-pencet, dan tadaaa... wajah cantik atau ganteng kita muncul di layar besar, atau cliing... tulisan atau tanda tangan kita muncul di panel besar.

 

Hal lainnya, ruang-ruang pamernya yang berdesain sangat futuristik sungguh sasaran legit buat berselfie ria. Sementara anak-anak menonton eksperimen ilmu alam secara langsung, emak-emak bisa menclok dari satu display ke display lain buat berfoto. Juga berbelanja di gift shop-nya.

 

Ya, di museum ini kita boleh memotret tapi nggak boleh pakai flash dan tripod, juga nggak boleh membuat video. Foto dibatasi hanya untuk keperluan pribadi, nggak boleh untuk komersil. Tapi harap diperhatikan, ada spot tertentu yang dilarang difoto.

 

 

Jam buka: 10.00-18.00 (Senin-Jumat), tapi harus buat janji dulu, 09.00-17.00 (Sabtu) bisa langsung datang, terakhir masuk 16.30.

Tutup: Minggu, hari libur nasional, 31 Desember.

Tiket masuk: gratis.

Reservasi: www.samsunginnovationmuseum.com

Alamat: Samsung Innovation Museum, Samsung Electronics Co., 129, Samsung-ro, Yeongtong-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do, Korea

Rekomendasi durasi kunjungan: 2,5-3 jam kalau mau puas, termasuk melakukan aktivitas interaktif di dalam museum.

 

 

Cara ke Suwon baca di sini.

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment