PANDUAN CERDAS EKSPLOR KOH SAMUI 2017-07-14 00:00

Grandpa & Grandma Rock

 

Letak Koh Samui di Teluk Siam, di Provinsi Surat Thani, 700 km ke selatan Bangkok. Kota besar di mainland Thailand yang terdekat adalah Surat Thani, di sebelah barat Koh Samui. Koh Samui berdekatan dengan 3 pulau wisata lainnya di bagian utaranya yakni Koh Phangan, Koh Tao dan Koh Nang Yuan. Koh Samui sendiri luasnya 247 km2 (sekitar 1/3 Jakarta), merupakan pulau terbesar ketiga di Thailand (setelah Phuket dan Koh Chang), dengan kota utamanya Nathon Town yang berada di sisi barat laut. Di Nathon inilah pelabuhan kapal ferinya berada.

 

Letak Koh Samui

 

CARA KE SANA

Dari Jakarta nggak ada penerbangan langsung ke Samui. Adanya dari Bangkok, Phuket, Krabi, Chiang Mai, Kuala Lumpur, dan Singapura. Maskapai yang melayani: Bangkok Airways, Thai Airways, Silk Air, SQ.

Alternatif murah: Cari tiket promo Jakarta-KL, lalu lewat jalan darat ke Krabi atau Surat Thani. Dari Krabi sambung pesawat, kalau dari Surat Thani sambung dengan kapal feri. Kapal feri akan merapat di Nathon Town di Samui. Durasi: 1,5-3 jam tergantung kapal ferinya. Atau bisa juga dari KL naik pesawat lagi ke Surat Thani. Dari Bandara Surat Thani mudah beli paket bus + feri untuk ke Samui. Harganya yang standar THB 550 sekali jalan.

FYI: Pelabuhan menuju Samui di Surat Thani nggak cuma satu, tergantung perusahaan feri mana yang kita pilih (ada Seatran Ferry, Lomprayah, Raja Ferry). Tapi tenang, kalau beli paket bus + feri nggak bakal salah pelabuhan.

 

Seatran Ferry

 

Transportasi dari bandara atau pelabuhan ke penginapan di Samui:

-          Dari bandara naik taksi. Ke area Maenam atau Chaweng (area favorit turis).

-          Dari pelabuhan Nathon Pier ke penginapan bisa naik songthaew umum atau taksi.

 

Mata uang: Thailand Baht (THB). THB 1= +/-Rp 380

 

BANDARA SAMUI  

Samui Airport pernah menjadi salah satu dari 5 best boutique airport in the world. Letaknya di timur laut pulau, dekat Bophut Beach. Nggak besar, tetapi pasti kita nyaman saat berada di sana. Konsepnya homey, dan ada beberapa toko baju dan tempat-tempat nongkrong dengan konsep outdoor di area umum. Toiletnya pun sangat cantik.

 

WAKTU TERBAIK

 

Datang di waktu yang tepat akan membuat nyaman main di laut

 

Desember-Februari paling diminati karena hawa sejuk, matahari bersahabat walaupun kadang turun hujan. Maret-Juni masih tergolong ramai meskipun sudah lebih panas. September-November paling banyak hujan, kurang pas buat liburan pantai. Apalagi November selalu ada risiko datangnya badai, ombak pun sangat tinggi. Kalau nyari murah dan kondisi sepi sih dateng deh di bulan ini. Tapi nggak janji bisa main nyaman di laut ya.

 

CARA MENGEKSPLOR

- Keliling Samui bisa 1 atau 1/2 hari dengan ikut city tour atau jalan sendiri dengan naik songthaew umum (sejenis angkot) atau taksi (jarang yang berargo), bisa juga sewa mobil dengan supir (sewa van THB 2.000) atau sewa sepeda motor (nggak perlu SIM internasional, cukup SIM Indonesia). Jangan takut nyasar, petunjuk jalan jelas, dan jalanannya pun nggak sulit. Tapi tetap hati-hati ya, rawan kecelakaan juga.

Rute keliling: Obyek wisatanya kebanyakan nggak jauh dari garis pantai, hanya air terjun yang agak masuk ke dalam. Mulai dari Chaweng ke selatan, ke Hin Ta dan Hin Yai di Lamai Beach, lalu ke Wat Khunaram, masuk agak ke dalam ke Na Muang Waterfall, lalu mampir makan siang dan belanja-belanja di Nathon Town, lanjut ke utara ke Maenam Beach, terus ke timur Bophut Beach, Wat Phra Yai (Big Buddha) dan Wat Plai Laem, dan balik ke Chaweng.

 

Peta Koh Samui

 

- Bisa juga ikut join tour untuk island hopping ke Koh Tao dan Koh Nang Yuan. Harga tur +/-THB 1.500 termasuk antar jemput hotel, makan siang, private boat atau kapal besar, biaya masuk ke Koh Nang Yuan, alat snorkeling dan pemandu.

- Tiga malam cukup untuk eksplor Koh Samui dan juga ke Koh Tao dan Koh Nang Yuan, kecuali kalau ingin eksplor Koh Phangan juga harus tambah minimal 1 hari lagi.

 

Koh Nang Yuan

 

PENGINAPAN

Sebagai pulau wisata, tentulah area menginap favorit berada di dekat pantai-pantai utamanya yakni Chaweng (di sisi timur), Lamai (tenggara) dan Bophut Beach (utara). Chaweng Beach yang paling favorit dan itulah sebabnya hostel, hotel dan resor mewah banyak bertebaran di sini, termasuk juga kafe, resto, money changer, spa. Banyak penginapan punya akses langsung ke pantai.

 

Di Chaweng banyak penginapan yang punya akses ke pantai

 

Lamai lebih banyak resor mewah. Sementara di Maenam Beach dan Nathon Town lebih banyak pilihan hostel/guest house murah. Kisaran harga mulai THB 500. Mayoritas hotel menyediakan wifi gratis. Di Koh Tao juga banyak resor mewah.

 

Resor di Koh Tao

 

Untuk skala hotel dan resort bintang 5 harga di Samui lebih tinggi dibandingkan Bangkok. Dan karena pulau ini cocok untuk honeymoon, resort-resort untuk upper class pun lebih banyak pilihannya.

 

KULINER

Jajanan pinggir jalan

 

Urusan makan sangat gampang karena baik resto dan kafe mewah sampai warung serta jajanan pinggir jalan pun banyak. Harga makanan di warung sangat terjangkau, sama aja dengan di Bangkok, mie kuah ataupun nasi campur +/-THB 50-80. Tapi hati-hati buat yang Muslim karena banyak yang nggak halal. Selain night market di Chaweng, ada juga pusat makanan murah meriah di Nathon Town. Penjualnya kebanyakan nggak bisa bahasa Inggris, tapi gampang kok, tinggal tunjuk makanannya, lalu bayar aja pake duit seratusan, pasti ada kembalian.

 

OBYEK WISATANYA

Wat Phra Yai (The Big Buddha Temple), Wat Plai Laem, Chaweng Beach, Lamai Beach, Hin Ta dan Yin Hai (Grandpa & Grandma Rock), Bophut Beach, Wat Khunaram, Na Muang Waterfall, Koh Nang Yuan, Ang Thong National Marine Park.

 

Ang Thong National Marine Park

 

Baca juga “Panduan Cerdas Eksplor Thailand (Bagian 1)” dan “Panduan Cerdas Eksplor Thailand (Bagian 2-Tamat)

 

 

Teks: Lisa Hendrawan, Mayawati NH, Merry Indrasari Foto: Jetty Mardona, Mayawati NH, Shutterstock
Comment
Mayawati

Maaf, kami nggak punya kontaknya. Tp gampang sekali cari mobil sewa di sana. Pas baru sampe pasti ada org2 yg akan nawarin, tinggal pilih dan bandingkan. Atau kalo nggak mau repot ya minta pihak penginapan yg carikan

2018-01-16
ALBERT UTAMA

Ada dinyatakan saudari bahwa sewa van 2000THB. Apakah ada kontek numbernya. Saya ke Koh Samui dr tanggal 26 desember - 2 janurai. Mohon bantuannya. Thanks

2017-12-09
Mayawati

Maaf, kami nggak punya kontaknya. Tp gampang sekali cari mobil sewa di sana. Pas baru sampe pasti ada org2 yg akan nawarin, tinggal pilih dan bandingkan. Atau kalo nggak mau repot ya minta pihak penginapan yg carikan

2018-01-16