OPERASI KUNING 2016-04-21 00:00

Apa yang terpikirkan oleh Anda saat membaca tajuk di atas? Ya… pikiran kita pasti langsung tertuju dengan sakit kuning atau liver. 

Mata dan kulit nampak kuning itu merupakan gejala paling umum untuk kerusakan hati yang disebut Jaundice. Jaundice umum terjadi pada penderita penyakit hati karena terlalu banyak bilirubin (pigmen warna kuning) dalam darah. Penderita kerusakan hati, bilirubinnya tidak bisa dipindahkan melalui hati sehingga menumpuk di dalam darah dan tersimpan di kulit dan mata, mengakibatkan warna kuning pada kulit dan mata. 

 

Dr. Vincent Chia, CEO Gleneagles Hospital dan Dr. Cheah Yee Lee, pakar spesialis transplantasi liver dan operasi hepatopancreatobiliary

Gleneagles Hospital Singapore melanjutkan kampanye Operasi Kuning untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini akan penyakit tersebut. Berdasarkan hasil survei dalam 5 tahun terakhir ini, hanya 6,7% orang dapat sembuh dari penyakit ini, dikarenakan penyakit ini sudah masuk dalam tahap stadium lanjut. Pemeriksaan rutin sangat dianjurkan untuk mendeteksi keadaan yang tersembunyi dengan metode diagnosis meliputi tes darah, diagnostic pencitraan-termasuk ultrasound, CT scan, MRI atau angiogram, serta biopsy hati.

CEO Gleneagles Hospital Singapore, Dr. Vincent Chia memaparkan, ”Gleneagle memiliki program Living Donor Liver Transplant (LDLT). Kami juga mendirikan Parkway Asian Transplant Unit (PATU), yang memiliki bangsal rawat inap dengan fasilitas ICU. Rumah sakit ini juga dilengkapi peralatan medis yang mutakhir yang mendukung serta tim ahli bedah spesialis serta perawat berdedikasi dalam merawat pasien.”

Teks: Monica Foto: Monica & Dok.Gleneagles Hospital Singapore
Comment