NAIK KERETA DI SWISS HARUS PUNYA JAM TANGAN DIGITAL. KALAU NGGAK.... 2016-10-28 00:00

 

Sistem transportasi di Swiss amat canggih dengan adanya Swiss Travel System. Hampir semua tempat di Swiss bisa dijangkau dengan transportasi umum. Dan tingkat ketepatan waktunya bikin kita yang terbiasa ngaret bakal kalang kabut. Haha!

 

APA AJA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT NAIK KERETA DI SWISS?

- Pastikan kita naik gerbong yang benar. Karena ada beberapa kereta yang memiliki titik keberangkatan sama tapi dengan 2 tujuan berbeda sehingga gerbong dibagi untuk 2 tujuan itu. Jadi nggak perlu panik kalau pas berhenti di satu stasiun, gerbong tiba-tiba dipisah dan bergerak ke arah berlawanan.

- Perhatikan tanda kelas yang ada di gerbong, kelas 1 atau 2. Pilih gerbong sesuai tiket. Kelas 1 tempat duduk dan ruang antarkursinya lebih luas.

- Kalau bawa sepeda, cari gerbong yang ada lambang sepedanya.

- Kalau kebetulan terlanjur naik “gerbong hening” (ada tandanya), jangan berisik sama sekali ya! Karena penumpang di gerbong ini semuanya kalau nggak tidur ya buka laptop, nggak ada yang ngobrol.

- Untuk transfer ke kota-kota besar, kita harus melakukan reservasi. Juga untuk naik kereta panoramik.

- Beberapa kereta menyediakan gerbong resto.

- Last but not least, lebih baik punya jam tangan digital yang ketepatan waktunya sudah dicocokkan dengan jam di stasiun. Karena saking tepat waktunya, kalau disebut pkl.12.01, ya bener-bener jam segitu! Takjub ya? Jadi kalau kita harus ganti kereta dengan selisih waktu hanya 4 menit misalnya, harus turun kereta buru-buru dan segera pindah peron sesuai jurusan selanjutnya kalau nggak mau ketinggalan. 

 

 

ADA FASILITAS APA AJA DI STASIUN?

- Kantor informasi turis. Kita bisa menanyakan apa aja yang berhubungan dengan perjalanan kita. Petugasnya akan menjelaskan dengan detil. Jangan lupa beritahu jumlah orang yang pergi bersama kita, karena biasanya ada harga khusus untuk grup dan keluarga.

- Papan info hotel, lengkap dengan alamat, harga, ketersediaan kamar, dll.

- Money changer. Di stasiun-stasiun besar bahkan buka hingga malam dan saat wiken.

- Telepon umum.

- Peta kota.

- Toilet umum berbayar.

- Troli dengan sistem sewa (memasukkan koin).

- Penyewaan sepeda.

 

Baca juga: "Check in-nya di Stasiun Kereta, Bagasi Kita Bisa Terbang Langsung ke Jakarta"

 

 

Teks: Mayawati NH Foto: Swiss Travel System
Comment