BEGINI CARA MENGHABISKAN WAKTU 4 HARI DI LOMBOK SUPER LENGKAP 2020-03-05 00:00

Teras Bintang di Bukit Selong

 

Trippers cuma punya waktu 4 hari tapi ingin liburan ke Lombok dan eksplor wisata-wisata andalan Lombok, dari Gunung Rinjani, air terjun, rumah adat, kawasan Mandalika, sampai Gili? Bisa kok. Tenang saja. Tinggal ikuti saja itinerary berikut yang bukan cuma di atas kertas tapi pernah dijalankan oleh rombongan MyTrip beberapa waktu lalu. Dapat banyak tapi nggak kayak dikejar setan deh!

 

HARI 1. JAKARTA-LOMBOK-SEMBALUN (VIEW RINJANI)

- Terbang dari Jakarta langsung ke Lombok dengan penerbangan paling pagi yang tiba di Lombok sekitar pukul 9 pagi.

- Dengan mobil sewaan langsung cuss menuju Desa Sembalun, mampir dulu di Taman Wisata Pusuk Sembalun. Dari spot ini kita bisa menikmati pemandangan bukit-bukit Sembalun yang curam dan menikmati petak sawah yang terlihat seperti kotak yang berwarna hijau.

- Lanjut ke hotel di Desa Sembalun, check in. Makan siang ayam taliwang di restoran hotel sambil menikmati pemandangan ke arah Gunung Rinjani yang indah permai.

 

Pemandangan ke arah Gunung Rinjani

 

- Sekitar pukul 3 siang menuju desa adat lombok Rumah Beleq. Kita akan melewati Taman Bambu dan berfoto-foto di bawah rimbun bambu, seperti di Arashiyama Jepang lho! Dari Rumah Beleq kita jalan kaki ke arah belakang, ke Bukit Selong untuk melihat pemandangan petak-petak sawah warna-warni dari Teras Bintang. Pemandangan yang kita lihat adalah ke arah Bukit Pergasingan.

 

Taman Bambu

 

- Makan malam di restoran hotel.

 

HARI 2. SEMBALUN-SENARU (AIR TERJUN)-GILI AIR
- Sarapan & check out hotel.

- Sekitar pukul 9 berangkat dengan mobil menuju Desa Senaru (sekitar 1 jam) untuk trekking ke Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

 

Air Terjun Tiu Kelep

 

- Makan siang di restoran salah satu hotel di Desa Senaru. Sebelumnya yang basah karena main air terjun bisa bilas dan ganti baju dulu di kamar bilas yang ada di restoran.

- Sekitar pukul 14.00 kita naik mobil menuju Pelabuhan Teluk Kodek (+/-1,5 jam).

- Sekitar pukul 15.30 begitu sampai di Teluk Kodek langsung menyeberang ke Gili Air dengan private speedboat (perjalanan laut +/-10 menit).

- Check in hotel di Gili Air. Istirahat dan acara bebas. Bisa sewa sepeda untuk berkeliling pulau, atau leyeh-leyeh saja di kafe atau resto tepi pantai yang menyediakan kursi atau bean bag, atau berenang di kolam renang milik hotel.

- Makan malam di resto hotel.

- Acara bebas malam hari di Gili Air. Kalau masih belum lelah nikmati kehidupan malamnya.

 

HARI 3. GILI AIR-SENGGIGI
- Usai sarapan di hotel, aktivitas bebas lagi di Gili Air. Pilihannya: bersepeda, snorkeling atau sekadar duduk dan jalan kaki menikmati indahnya pantai.

 

Snorkeling di Gili Air

 

- Check out hotel pukul 10. Koper bisa dititipkan di hotel, dan kita bisa melanjutkan jalan-jalan atau beraktivitas di Gili Air sampai tiba waktunya makan siang di resto hotel.

- Sekitar pukul 13.00 naik speedboat untuk menyeberang kembali ke Pelabuhan Teluk Kodek.

- Di Pelabuhan Teluk Kodek mobil sudah siap menjemput, menuju ke area Senggigi, tapi di perjalanan mampir dulu berfoto di Bukit Malaka atau bisa juga di Bukit Malimbu.

- Lalu lanjut ke pusat oleh-oleh di Senggigi.

- Ke Sate Rembiga di daerah Rembiga, ngemil sate sore-sore, sekalian pesan sate untuk dibawa pulang bagi yang berminat (ambilnya keesokan harinya sebelum ke bandara).

- Meluncur bali ke arah Senggigi, mampir dulu di Pura Batu Bolong. Baru kemudian ke hotel di Senggigi. Check in.

- Makan malam jalan kaki dari hotel ke resto di Senggigi, dan lanjut aktivitas bebas di sekitar keramaian Senggigi. Kehidupan malam di Senggigi juga menarik.

 

Baca juga: "10 Tempat Terbaik Menikmati Liburan di Lombok Utara"

 

HARI 4. KUTA/SASAK TOUR-BANDARA LOMBOK-JAKARTA
- Sarapan di hotel & check out maksimal pukul 8. Mampir ambil sate rembiga dulu.

- Kuta/ Sasak Tour: Desa Banyumulek (kerajinan keramik/gerabah tradisional), Desa Sukarara (desa penghasil tenun tradisional), Pantai Kuta (kawasan Mandalika). Makan siang di resto di Pantai Kuta.  

 

Rombongan MyTrip di Kuta Mandalika

 

- Lanjut ke Bukit Merese dan Tanjung Aan.

- Menuju bandara Lombok untuk terbang kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore sekitar pukul18.00

Jadi dalam 4 hari dapat lengkap 4 kabupaten di Lombok yakni: Lombok Timur (Sembalun), Lombok Utara (Senaru dan Gili), Lombok Barat (Senggigi), Lombok Tengah (Kuta Mandalika). Langsung khatam Lombok dalam satu trip.

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment
Ernest

I am hoping to give one thing back and aid others like you aided me. https://www.ernest.ca

2020-07-11
Rhoda

I really like it whenever people get together and share ideas. Great site, continue the good work! https://bardoufleuriste.ca

2020-03-26
Robin

I could not refrain from commenting. Very well written! I could not resist commenting. Perfectly written! Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this write-up and the rest of the website is very good. http://nissan.com/

2020-03-15