FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG CESKY KRUMLOV, DESA TERINDAH DI DUNIA 2016-11-12 00:00

 

Desa terindah di dunia bukan hanya Desa Pariangan di Sumatera Barat, tetapi juga ada Cesky Krulov di Republik Ceko. Kota kecil yang bisa dicapai dengan bus dari ibu kota Praha selama 3 jam ini menawarkan suasana bak negeri dongeng Abad Pertengahan. Anda bakal jatuh cinta begitu menginjakkan kaki di kota ini. Apalagi kota ini menyimpan banyak fakta unik. Apa saja?

 

ASAL MULA FLEA MARKET DARI SINI

Fresco di fasad gedung

 

Banyak bangunan di Cesky Krumlov yang memiliki fresco (lukisan mural) dari zaman Barok yang masih asli. MyTrip menemukan gambar monyet di salah satu rumah seorang saudagar di abad tersebut. Banyak cerita tersebar mengenai gambar itu. Salah satunya asal mula flea market. Konon, monyet di zaman itu diperlukan untuk mencari kutu yang banyak menyebar di kawasan pasar, tempat saudagar mencari nafkah. Haha, baru tahu ya?

 

HANTU KASTIL BERGAUN PUTIH

Legenda yang paling sering diceritakan dari mulut ke mulut di Cesky Krumlov Castle adalah cerita horor White Lady von Rosenberg. Hantu ini jelmaan Perchta von Rosenberg yang tak mau memaafkan suami yang dinikahinya tanpa cinta, lalu dikutuk karena hal itu. Hantu berpakaian serba putih ini mendatangi setiap kastil milik Keluarga Rosenberg dan kadang memberikan pertanda. Jika dia terlihat memakai gaun merah, maka itu pertanda bahaya atau perang. Sedangkan jika dia terlihat memakai baju hitam, maka ada seseorang di dalam kastil yang akan meninggal. Benar atau nggak, who knows?

 

REKOR KUNJUNGAN WISATA

Namanya kota keil atau desa, jumlah penduduknya ya sedikit. Penduduk Cesky Krumlov itu cuma  13.000 jiwa. Tapi tahukah Anda, dalam setahun turis yang datang ke sini mencapai 1,5 juta orang! Wow banget ‘kan?

 

BERUANG DI CESKY KRUMLOV CASTLE

Di Cesky Krumlov Castle hidup dua beruang (diberi nama Katerina dan Vok) yang tinggal di parit. Dua beruang ini hadiah dari keluarga Italia Orsini karena nama keluarga mereka yang mirip dengan beruang (ursa dalam Bahasa Latin).

 

EVENT PENTING DI CESKY KRUMLOV

  • Kecantikan lansekap Bohemia Selatan membawa para pembalap rally dari daratan Eropa bertarung di ajang Rallye Ceský Krumlov yang biasanya berlangsung akhir Mei.
  • Seluruh kota menjadi tempat diselenggarakannya International Music Festival Cesky Krumlov yang biasa dilaksanakan pertengahan Juli–Agustus. Berbagai artis lokal dan internasional dengan genre musik mulai dari abad ke-15 sampai kontemporer hadir.

 

Lebih detil tentang Cesky Krumlov, silakan baca “CESKY KRUMLOV: SALAH SATU DESA TERINDAH DI DUNIA

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock
Comment