BANGKITNYA PARIWISATA DI ASIA TENGGARA MEMBUKA PELUANG BAGI PELAKU PARIWISATA LOKAL 2023-04-27 16:50

Balian Tetreat, Bali

 

Hasil survei regional di Asia Tenggara yang dilakukan Airbnb mengenai tren wisata di tahun 2022, tahun di mana pandemi mulai teratasi, sungguh menggembirakan. Terlihat nyata industri pariwisata kembali bangkit dan berevolusi. Berdasarkan data internal terbaru dari platform Airbnb, jumlah reservasi melalui Airbnb di seluruh Asia Tenggara mengalami peningkatan dua kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2020. 

 

Namun sayangnya, bukan Indonesia, tapi Thailand-lah negara yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara pada tahun 2022. Kota-kota yang populer di kawasan Asia Tenggara antara lain: Kuala Lumpur (Malaysia), dan sisanya kota-kota di Thailand yakni Bangkok, Pattaya, Chiang Mai, Phuket.

 

Wisatawan dari mana saja yang paling banyak mengunjungi Asia Tenggara? Amerika Serikat menempati peringkat pertama negara asal tamu Airbnb internasional yang mengunjungi Asia Tenggara pada tahun 2022, diikuti Australia, Inggris, Jerman, dan Korea Selatan.

 

Dan tentu saja wisatawan yang saling berkunjung ke sesama negara Asia Tenggara juga turut meramaikan perjalanan intra-Asia Tenggara. Ada banyak warga Singapura yang menggunakan Airbnb untuk merencanakan liburan mereka. Biasanya Singapura-Malaysia muncul sebagai rute perjalanan intra-Asia Tenggara terpopuler di Airbnb, diikuti Singapura-Thailand dan Singapura-Indonesia.

 

The Resthouse, Perhentian Island, Malaysia

 

Nathan Blecharczyk, co-founder dan Chief Strategy Officer Airbnb mengatakan, “Kami sangat gembira dengan pemulihan pariwisata yang saat ini terjadi di seluruh Asia Tenggara. Kawasan ini selalu populer bagi para wisatawan di seluruh dunia karena iklimnya yang tropis, kuliner lokalnya yang lezat, pemandangannya yang spektakuler, dan kekayaan warisan budayanya. Airbnb berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat guna mendukung kebangkitan industri pariwisata di kawasan ini dengan cara yang memungkinkan masyarakat setempat memperoleh manfaat sosial-ekonomi dari sektor pariwisata. Kami juga fokus untuk selalu menghadirkan inovasi yang membantu penyebaran informasi perjalanan ke destinasi yang tidak biasa dan mendorong kembali geliat pariwisata, menciptakan hubungan sosial dalam komunitas, dan mendatangkan manfaat ekonomi bagi penduduk setempat.”

 

Fitur pencarian Airbnb, seperti “Tanggal Fleksibel”, sudah memberikan kemudahan dalam hal ini. Tamu yang menggunakan fitur ini melalui Airbnb untuk memesan reservasi di kota-kota utama, seperti Bangkok, Kuala Lumpur, dan Metro Manila lebih cenderung memesan penginapan di luar area populer di kota tersebut.

 

Vintage Airstream, Filipina

 

Beberapa perubahan tren perjalanan di kawasan Asia Tenggara yang dihimpun Airbnb antara lain:

- Momentum yang baik untuk perjalanan grup/kelompok

Fokus utama banyak wisatawan adalah untuk menjalin keakraban dengan orang-orang terkasih, maka perjalanan berkelompok (group travel) di Asia Tenggara meningkat lebih dari tiga kali lipat year-on-year pada tahun 2022. Hal ini dapat terlihat dari pemesanan perjalanan keluarga melalui platform Airbnb yang meningkat hingga 60 persen secara global pada tahun 2022 dibandingkan dengan masa pra-pandemi. Semakin banyak keluarga yang memesan penginapan Airbnb karena nilai dan tempatnya.

- Perjalanan solo kian meningkat

Perjalanan solo juga tumbuh lebih dari 2,6 kali lipat, naik dari tahun sebelumnya.

- Wisatawan kini menginap lebih lama

Banyak wisatawan di seluruh Asia Tenggara yang menginap lebih lama dan semakin tertarik dengan kegiatan masyarakat lokal. Pada tahun 2022, masa inap jangka panjang selama lebih dari 28 hari meningkat lebih dari 2,5 kali lipat year-on-year.

 

Balian Retreat, Bali

 

Perjalanan regional dan domestik juga mengalami peningkatan yang mengejutkan. Dalam survei baru YouGov, sesuai permintaan Airbnb di Indonesia, data menunjukkan bahwa:

- Lebih dari 90 persen orang Indonesia dalam survei tersebut optimis akan pulihnya industri

perjalanan di Asia Tenggara.

- 96 persen percaya bahwa pemulihan pariwisata akan menguntungkan masyarakat setempat dan ekonomi nasional, lebih dari setengahnya mengatakan masyarakat akan menikmati keuntungan yang signifikan.

- Sebanyak 35 persen responden mengatakan bahwa ke depannya mereka sangat tertarik untuk lebih sering berwisata di Asia Tenggara, setelah lama tidak bisa melakukannya.

- 60 persen mengatakan bahwa kemudahan aksesibilitas dan keramah-tamahan penduduk lokal yang kuat, yang membuat tamu merasa diterima, serta kesediaan penduduk lokal menunjukkan destinasi terbaik yang tidak banyak diketahui orang, menambah daya tarik tujuan lokal bagi wisatawan internasional.

 

Sekitar setengah dari orang Indonesia dalam survei tersebut juga percaya bahwa ada kebutuhan untuk:

- Penginapan unik yang beragam dengan harga terjangkau yang mendorong mereka memilih destinasi yang berbeda dari biasanya.

- Penginapan yang memudahkan dan terjangkau bagi keluarga dan grup yang lebih besar untuk

bepergian.

 

Menjelang liburan dan perayaan besar di Asia Tenggara, ada momentum berwisata yang kuat bagi para tamu Airbnb untuk bepergian, termasuk Indonesia. Contohnya pada bulan Ramadan 2023 ini, pencarian akomodasi meningkat lebih dari 500 persen di Indonesia dan hampir 600 persen di Malaysia. Pencarian akomodasi selama periode Songkran, Tahun Baru Thailand, meningkat lebih dari 310 persen year-on-year, dan pencarian tamu selama periode perjalanan musim panas Maret-April di Filipina melonjak hampir 400 persen.

 

Tentang Airbnb

Airbnb didirikan pada tahun 2007 ketika dua tuan rumah menyambut tiga tamu ke rumah mereka di San Francisco. Sejak saat itu, Airbnb telah berkembang menjadi empat juta tuan rumah yang telah menyambut 1,4 miliar kedatangan tamu di hampir semua negara di seluruh dunia. Setiap hari, tuan rumah menawarkan penginapan dan pengalaman unik yang memungkinkan tamu terhubung dengan komunitas dengan cara yang lebih otentik.

https://news.airbnb.com

 

Teks & Foto: Istimewa
Comment
Laura

payday loan

2023-05-13