45 OBJEK WISATA DI BENGKULU. WOWW TERNYATA BANYAK JUGA YANG MENARIK YAA…. (Bagian 2-Tamat) 2020-10-20 00:00

Pantai Sungai Suci

 

Memangnya Bengkulu menarik ya buat dikunjungi? Provinsi yang berada di pantai barat Pulau Sumatera dengan garis pantai sepanjang 525 km ini memang bukanlah destinasi favorit liburan. Tapi bukan karena kurang menarik, melainkan karena memang negeri kita ini punya begitu banyak objek-objek wisata menarik di tiap provinsi. Jadi Bengkulu masih kurang dilirik. Padahal kalau saja wisata berburu puspa langka Rafflesia arnoldii diseriusi, bukan tak mungkin Bengkulu diserbu banyak wisatawan yang ingin melihat bunga terbesar di dunia ini. Makanya Bengkulu dikenal sebagai Bumi Rafflesia karena puspa langka ini banyak tumbuh di seantero wilayah yang pernah lama diduduki Inggris ini. Nah sejarahnya yang lama dikuasai Inggris, bukan Belanda seperti wilayah lain di Indonesia inilah yang juga membuat Bengkulu menarik. Tambahan lagi di Bengkulu ada Rumah Pengasingan Bung Karno dan Rumah Ibu Fatmawati Soekarno.

 

Kalau Trippers ke Bengkulu, tentunya jangan cuma mengeksplor kota dan sekitarnya saja, karena ada 9 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menawarkan banyak kejutan menarik yaitu Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kaur, Seluma, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Lebong.

 

Berikut ulasan singkat tentang 45 objek wisata di Bengkulu yang dipilihkan MyTrip. Di luar ini tentu masih banyak lagi yang tidak bisa semua dibahas dalam kesempatan kali ini.

 

Baca tulisan bagian 1 di sini.

 

KABUPATEN BENGKULU TENGAH:

17. Pantai Sungai Suci

Berada di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa. Dari pusat kota Bengkulu hanya 25 menit berkendara. Namanya Sungai Suci, tetapi tempat ini bukan sungai, melainkan pantai. Sungai Suci memang nama sungai yang bermuara ke laut di lokasi tersebut. Pengertian sucinya bukan keramat, melainkan sungai untuk menyucikan diri alias membersihkan diri.

 

Pantai Sungai Suci, tampak pulau kecil dan jembatan gantung penghubungnya

 

Ciri khas pantai ini adalah adanya pulau kecil seperti Tanah Lot tak jauh dari bibir pantai. Untuk ke pulau itu kita harus melewati jembatan gantung. Di pulau mungil itu disediakan kursi-kursi, juga beberapa spot foto. Pagar juga dibangun untuk menjaga keselamatan pengunjung.

 

18. Tanjung Bidadari

 

Tanjung kecil ini sebenarnya masih satu area dengan Pantai Sungai Suci. Ada di sebelah kiri pulau. Dinamai Tanjung Bidadari karena konon pada zaman dulu tempat ini pernah disinggahi bidadari-bidadari yang turun dari langit dan mandi di sini.

 

19. Cagar Alam Taba Penanjung

Merupakan habitat Rafflesia arnoldii yang paling populer di Bengkulu. Perlu diketahui, puspa langka ini tumbuh di hutan hujan tropis yang lembab. Jadi memang butuh usaha untuk mencapai lokasinya.

 

20. Taman Hutan Raya Rajo Lelo

Lokasinya di Desa Bentiring, tak terlalu jauh dari Kota Bengkulu. Di THR ini banyak tumbuh tanaman langka dan sudah dibangun beberapa fasilitas, menjadikannya area favorit bagi kegiatan jelajah hutan maupun outbound.

 

Baca juga: “Bengkulu, Menarikkah Buat Dikunjungi?

 

KABUPATEN BENGKULU SELATAN:

21. Pantai Duayu Sekundang (Pantai Pasar Bawah)

Pantai ini berada di Kota Manna (ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan). Pasir pantainya dipercaya bisa menyembuhkan aneka jenis penyakit. Pantai di pesisir barat Sumatera ini juga lokasi favorit untuk menanti sunset. Sudah ada fasilitas wisata termasuk sarana bermain anak di area pantai ini.

 

22. Sungai Air Manna

Di sungai ini Trippers bisa melakukan arung jeram dengan level 3, yang berarti cukup fun dan aman bagi siapa saja tapi tetap seru. Start di Dusun Air Tenam Desa Batu Aji, dan finish di Desa Kayu Ajaran. Pemandangan sepanjang sungai masih sangat alami.

 

23. Gua Suruman Kedurang

Berada di hulu Sungai Kedurang di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang. Untuk bisa menikmati guanya nggak perlu melakukan susur gua yang ekstrem, bahkan anak-anak pun bisa ikut.

 

KABUPATEN SELUMA:

24. Pantai Seluma

Pantai yang berada di Desa Pasar Seluma Kecamatan Sukaraja ini sangat landai, panjang dan berpasir putih. Cocok buat santai bersama keluarga.

 

25. Desa Lubuk Resam

Desa Lubuk Resam di Kecamatan Puguk ini cocok buat yang suka wisata alam yang masih off-beaten-track. Andalannya tentu suasana pedesaan yang masih alami serta hutan lindung dan perkebunan, dengan objek antara lain pemandian air panas alami, air terjun, dan gua. Serunya, kita bisa menginap di rumah penduduk yang ramah menyambut wisatawan.

 

26. Bendungan Air Seluma

Bendungan ini dibangun di atas Sungai Seluma dengan tujuan irigasi, mengairi persawahan warga. Karena lokasinya di dekat pusat Kota Tais (ibu kota Kabupaten Seluma), dan suasananya rindang, jadi berkembang menjadi lokasi wisata. Sudah ada rumah makan dan penginapan di dekatnya.

 

Baca juga: “Panduan Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Bengkulu

 

KABUPATEN KAUR:

27. Pantai Way Hawang

Pantai yang berupa teluk ini terkenal dengan pasir putih dan “Batu Jung”-nya. Batu unik ini berbentuk jung atau perahu, dan ada legenda di baliknya. Berada di Desa Way Hawang Kecamatan Maje, tak terlalu jauh dari Kota Bintuhan (ibu kota Kabupaten Kaur).

 

28. Pantai Linau

Pantai yang berada di Desa Linau Kecamatan Maje ini didominasi pasir putih dan air laut yang biru jernih. Lokasi ini juga cocok buat snorkeling. Katanya, kalau ke sini jangan lupa menyantap sate guritanya.

 

29. Pantai Laguna

Berada di Desa Merpas Kecamatan Nasal. Pantai berpasir putih berair jernih ini favorit buat warga sekitar berlibur karena fasilitasnya sudah cukup lengkap. Ombaknya pun bersahabat, jadi aman buat direnangi. Sama dengan Pantai Linau, sate gurita di sini juga terkenal enak.

 

30. Arung jeram di Sungai Padang Guci

Sungai-sungai di Bengkulu salah satunya Sungai Padang Guci ini memang sangat potensial untuk wisata arung jeram. Cuma sayang memang belum semua dikelola dengan baik. Selama ini yang menikmati arung jeram di sini baru penggiat rafting lokal.

 

31. Habitat Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldii

 

Seperti disebutkan di pengantar, lokasi tumbuhnya Rafflesia arnoldii di Provinsi Bengkulu tidak berpusat di satu tempat saja. Kabupaten Kaur misalnya, mempunyai beberapa lokasi di antaranya di Kecamatan Kaur Selatan, Kecamatan Kelam Tengah, dan Kecamata Maje.

 

KABUPATEN LEBONG:

32. Arung Jeram Sungai Ketahun

Selain memacu adrenaline dengan mengarungi jeram-jeramnya, Trippers juga bisa sambil menikmati tebing-tebing cantik di tepi Sungai Ketahun ini.

 

33. Danau Tes

Inilah danau terbesar di Provinsi Bengkulu yang berada di dua dusun yakni Dusun Adat Kutei Donok Desa Tengah dan Dusun Adat Tes Kecamatan Lebong Selatan. Posisinya di lereng pegunungan Bukit Barisan, dikelilingi area hutan TN Kerinci Seblat, di ketinggian 500 mdpl. Luas permukaannya sekitar 5 km2. Danau ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas wisata di antaranya gardu pandang, penyewaan perahu untuk keliling danau, maupun vila di sekitar danau.

 

34. Telaga Puteri Tujuh Warna

Telaga yang berada di Kecamatan Rimbo Pengadang ini masih sulit dijangkau karena berada di tengah hutan. Tujuh telaga yang beda-beda warnanya ini nggak berada di satu tempat, jadi harus jalan kaki lagi. Dan semuanya nggak bisa direnangi karena mengandung belerang atau zat lain yang berbahaya.

 

35. TN Kerinci Seblat

Gunung Kerinci

 

TN Kerinci Seblat merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan dan menduduki area 4 provinsi yaitu Jambi (terbanyak), Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Salah satu kota gerbang masuknya: Bengkulu. Andalan utamanya tentu saja Gunung Kerinci (3.805 mdpl). Selain puncaknya yang dituju, kaki Kerinci juga menjadi favorit bagi penikmat bird watching. Yang istimewa, di kawasan ini terdapat juga bunga raksasa Rafflesia arnoldii dan suweg raksasa. Di sini juga terdapat Pusat Pelatihan Gajah Seblat.

 

KABUPATEN REJANG LEBONG:

36. Bukit Kaba

Berjarak 18 km dari Kota Curup (ibu kota Kabupaten Rejang Lebong), bukit ini termasuk dalam kawasan Bukit Barisan. Tingginya mencapai 1.964 mdpl, dan merupakan gunung berapi aktif. Gunung/bukit ini dikelilingi hutan lindung yang memiliki satwa dan tumbuhan langka, termasuk Rafflesia arnoldii. Di sini ada 3 kawah besar dan 12 kawah kecil serta sumber air panas alami.

 

37. Air Terjun Kepala Curup

Air terjunnya mengalir gagah di dinding tebing batu yang cukup tinggi. Di salah satu bagian tebing terdapat juga gua kelelawar.

 

38. Danau Mas Harun Bastari

Danau ini sudah dikelola menjadi lokasi wisata digital alias dilengkapi spot-spot buat berfoto yang kekinian. Generasi milenial pasti suka ke sini.

 

39. Suban Air Panas

Seperti sumber air panas alami lainnya, air panas di Suban pun dipercaya punya khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit. Makanya jadi favorit bagi warga lokal untuk berendam, apalagi di sekitar lokasi ada air terjunnya juga.

 

Baca juga: “Ke Bengkulu, Eksplor Juga Kabupaten-Kabupatennya Ya…

 

KABUPATEN BENGKULU UTARA:

40. Air Terjun Kemumu

Berada di Desa Kemumu Kecamatan Arma Jaya. Akses untuk mobil maupun jalur trek untuk mencapai air terjunnya sudah cukup baik. Fasilitas juga sudah ada. Suasananya sejuk asri. Kolam alami di bawahnya bisa direnangi.

 

41. Pulau Enggano

Berada di Samudera Hindia, dan merupakan salah satu pulau terluar wilayah Indonesia di pesisir barat. Pulau karang yang berpenghuni ini cocok untuk wisata bahari dan berburu.

 

42. Pantai Lais

Berada di pinggir jalan raya, pantai indah ini menjadi favorit bagi warga lokal untuk menghabiskan waktu liburan atau sekadar bersantai.

 

KABUPATEN MUKOMUKO:

43. Pantai Indah Mukomuko

Terletak di Kota Mukomuko (ibu kota Kabupaten Mukomuko), tak jauh dari Benteng Anna. Di pantai ini Trippers bisa menyaksikan aktivitas sehari-hari para nelayan.

 

44. Danau Nibung

Danaunya mudah dijangkau karena terhitung masih berada di pusat Kota Mukomuko. Di sekelilingnya terdapat perbukitan hutan tropis yang membuat suasana teduh. Danau yang bisa dikelilingi dengan perahu ini favorit juga buat memancing.

 

45. Benteng Anna

Peninggalan Inggris tak hanya ada di Kota Bengkulu, tapi juga di Mukomuko. Inilah benteng ketiga yang dibangun Inggris di Bengkulu tahun 1898. Dibangun di tepi Sungai Selagan, dekat Pantai Indah Mukomuko.

 

Cara Ke Bengkulu:

Penerbangan dari Jakarta ke Bengkulu (Bandara Fatmawati Soekarno) ditempuh sekitar 1 jam 15 menit. Maskapai yang melayani Garuda, Lion Air, Batik Air, Citilink. Ada yang langsung, ada yang transit dulu di Padang.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Aliancompost, Herry Tjiang, Zuriah Saibun
Comment