MENJADI NDORO SAAT BERKULINER RAJUNGAN DI TUBAN

MENJADI NDORO SAAT BERKULINER RAJUNGAN DI TUBAN

Thursday, 31-01-2019 | 21:34

 

Buat kalian yang merencanakan liburan ke Tuban Jawa Timur, rasanya wajib deh memasukkan tempat kuliner yang satu ini ke dalam daftar kunjung. Namanya Rajungan Ndoro Bei. Terutama buat yang doyan banget sama seafood karena rumah makan tempo dulu ini menyajikan menu utama rajungan masak bumbu pepeg. Bumbu rahasia tradisional warisan leluhur ini jika dirasakan hampir mirip dengan kare, begitu gurih, berkuah kental dan sedikit pedas, sangat tepat jika menikmatinya di siang hari ditemani segelas minuman dingin.

 

Baca juga: "Ngaku Cinta Soto? Udah Pernah ke Sini Belum?"

 

Rajungan racikan bumbu pepeg disajikan dalam sebuah piring besar berisi satu ekor rajungan besar, dilengkapi beberapa potongan cumi, udang dan juga kerang simping. Selain menu olahan rajungan terdapat pula menu-menu lain seperti menu berbahan utama cumi, udang, kerang simping, ikan gurame dan juga ayam. Harga per porsi rajungan bumbu pepeg ini Rp115.000, belum termasuk nasi dan minum, sementara menu-menu lain harganya berkisar antara Rp50.000-an sampai Rp90.000-an.

 

 

Rumah Makan Rajungan Ndoro Bei dikemas secara unik tanpa meninggalkan kesan zaman dulu. Berbentuk seperti rumah joglo terbuka, dengan bangku serta meja kayu serta beberapa aksesoris penghias dinding seperti foto-foto kuno berpigura dan juga satu set seperangkat alat musik akustik yang biasa dimainkan saat event-event tertentu. Keunikan tak hanya nampak dalam hal bangunan, namun juga pada pramusaji. Di rumah makan ini semua yang berkaitan dengan makanan akan dilayani oleh beberapa wanita muda dengan busana khas Jawa.

 

 

Menariknya lagi, mereka akan menyebut sang pembeli dengan sebutan Ndoro. Misalnya saat pembeli memasuki rumah makan, mereka akan menyambut hangat sambil berucap, "Monggo pinarak, Ndoro" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Mari silakan, Tuan." Dari sini terlihat sepertinya sang pemilik rumah makan ingin melekatkan nuansa santap bersama seperti zaman kerajaan di Nusantara, di mana para pembeli diposisikan seperti ndoro atau tuan yang harus benar-benar mendapatkan pelayanan terbaik.

 

 

Penasaran sama Rajungan Ndoro Bei? Langsung saja meluncur ke lokasi di Jalan Dr. Soetomo No. 007 Desa Ronggomulyo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Tempat ini buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00 dan letaknya yang strategis sangat mudah untuk diakses dari Bandara Juanda Surabaya, dengan jarak berkisar 120 km atu kurang lebih 3 jam berkendara.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


347

Back to Top