SERUNYA BERBURU SEAFOOD DI PANTAI DEPOK

SERUNYA BERBURU SEAFOOD DI PANTAI DEPOK

Sunday, 23-12-2018 | 18:09

 

Liburan ke pantai rasanya kurang lengkap kalau belum nyicip kuliner seafoodnya. Cuma masalahnya, tidak semua pantai mampu menyajikan makanan khas laut ini. Nah, kalau Trippers ada rencana liburan ke Yogya, sempatkan deh mampir ke Pantai Depok, Bantul. Pantainya sih biasa-biasa saja, warna air lautnya tak sebiru pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Tapi ada yang istimewa dari Pantai Depok ini, kuliner seafood segarnya yang murah.

 

Baca juga: "Sudah ke Pantai Wediombo di Gunungkidul? Pernah ke Lagunanya?"

 

Pantai Depok selalu menjadi incaran para pemburu seafood. Di sana terdapat pasar seafood segar dengan harga sangat terjangkau. Mulai dari ikan bawal, ikan cakalang, ikan kakap, cumi, udang tambak, kepiting biasa, kepiting kalimantan, kerang dara, kerang hijau, kerang batik dan kerang simping.

 

 

Sementara harga per kg yang dipatok penjual untuk ikan bawal Rp70.000, ikan cakalang Rp25.000, ikan kakap Rp70.000, cumi Rp60.000, udang tambak Rp65.000, kepiting biasa Rp90.000, kepiting kalimantan Rp140 000, kerang dara, kerang hijau dan kerang batik masing-masing Rp20.000 serta kerang simping Rp40.000. Harga-harga di atas masih bisa ditawar lagi lho, apalagi kalau belinya banyak.

 

Trus kalau pingin makan seafood yang sudah dibeli itu di tepi pantai caranya gimana ya? Tenang, di Pantai Depok banyak sekali warung-warung yang membuka jasa memasak dengan harga murah, yakni hanya Rp15.000 per kg-nya. Ada beberapa jenis pilihan rasa, seperti bumbu saus padang, asam manis, bumbu mentega, goreng biasa, rebus biasa dan masih banyak lagi. Sementara untuk tambahan nasi, lalapan, sambal dan minuman dingin biayanya tergantung berapa jumlah rombongan.

 

 

Mengingat banyak sekali warung jasa memasak, pastinya Trippers bakal kebingungan mau pilih warung mana yang paling enak masakannya. Ada satu rekomendasi warung jasa memasak, warung ini letaknya persis di tepi Pantai Depok, namanya Warung AI. Selain hasil masakannya yang lezat, warung ini juga menyediakan tempat yang luas dan bersih, pegawai yang ramah dan pelayanannya yang tergolong cepat. Jadi Trippers nggak perlu nunggu lama-lama sampai masakan siap dinikmati.

 

 

Yummy, enak banget santap seafood di tepi pantai. Sesekali terdengar deburan ombak pantai selatan menghantam hamparan pasir putih yang luas ditambah embusan angin khas laut selatan. Setelah puas dengan kuliner seafood, Trippers bisa lanjut menghabiskan waktu di sekitaran pantai, seperti bersantai di bawah payung warna-warni atau menyusuri panjangnya garis Pantai Depok dengan menyewa ATV seharga Rp30.000 dalam waktu 20 menit. Oh ya, sangat penting untuk diingat, jangan berenang karena ombaknya sangat berbahaya.

 

Baca juga: "Demi Telur Dadar Krispi Itu Banyak Orang Rela Mengantre Panjang"

 

Pantai Depok terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Pantai ini bisa diakses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta sekitar 39 km atau butuh waktu kurang lebih 1 jam berkendara. Sementara biaya tiket masuknya Rp10.000 per orang, biaya parkir kendaraan roda dua Rp2.000 dan kendaraan roda empat Rp5.000. Pantai Depok merupakan tempat wisata yang sangat cocok dinikmati bersama keluarga, tapi anak-anak harus tetap diawasi.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


414

Back to Top