13 LANDMARK DUNIA YANG PALING SERING BUAT SELFIE

13 LANDMARK DUNIA YANG PALING SERING BUAT SELFIE

Sunday, 09-07-2017 | 22:19

Patung Liberty di New York

 

Selfie pastinya bisa di mana saja. Tapi kalau bisa selfie dengan latar bangunan tertentu yang begitu dipajang di akun media sosial Anda, lantas semua orang tahu itu di mana tanpa Anda sebutkan, pastilah membanggakan ya...  Inilah 13 landmark dunia yang sangat populer dan sering dipakai sebagai latar selfie.

 

1. Taj Mahal, Agra, India

 

Bangunan anggun serba putih ini didirikan atas perintah Raja Shah Jahan dari Kerajaan Mughal tahun 1632 dan didedikasikan untuk mendiang istri tercintanya Mumtaz Mahal. Bentuknya seperti masjid, padahal ini adalah makam Mumtaz Mahal. Siapa pun yang berkesempatan mengunjunginya akan terpana. Seluruh temboknya dari marmer putih, dan interior bagian dalamnya dipenuhi permata dan batu mulia lainnya. Jangan lupa ber-selfie ala Lady Diana di dekat gerbang dengan latar Taj Mahal.

 

2. Menara Eiffel, Paris, Prancis

 

Ke Paris pastinya nggak sah kalau nggak selfie di depan Menara Eiffel. Dibangun tahun 1887-1889 oleh Gustave Eiffel, menara ini merupakan lambang kebanggaan Prancis khususnya Kota Paris. Ada beberapa spot yang bisa dikunjungi. Tingkat pertama dan kedua dapat dicapai dengan tangga, sedangkan untuk ke tingkat ketiga perlu naik lift berbayar. Dengan tinggi 325 m, memang agak susah selfie dan mendapatkan menaranya utuh. Tapi tenang saja, bagaimanapun hasilnya, selfie kamu pastilah bikin sirik banyak orang.

 

3. Menara Pisa, Pisa, Italia

 

Kondisinya yang miringlah yang membuat menara lonceng gereja setinggi 56,7 meter ini menjadi terkenal. Padahal awal dibangun tahun 1173 tidak diniatkan untuk miring. Hanya saja karena kondisi tanahnya tidak stabil, menara yang memiliki 294 anak tangga ini makin lama makin miring, dan usaha menegakkannya kembali pun gagal. Pose paling populer di sini adalah bergaya seolah-olah kita menahan menara ini agar tak jatuh. Supaya nggak mainstream cobalah “menahannya” dengan kaki, bukan tangan.

 

4. Blue Mosque, Istanbul, Turki

 

Nama aslinya Masjid Sultan Ahmed karena yang membangunnya Sultan Ahmed I dari Kekaisaran Ottoman. Masjid yang memiliki 6 menara ini mulai dibangun tahun 1609. Bagian luar masjid sama sekali tak berwarna biru. Namun nama populernya itu berasal dari warna biru pada bagian dalam kubah dan lantainya. Siapa pun boleh masuk ke masjid tapi harus mengikuti aturan (pakai baju sopan, lepas alas kaki, dan berkerudung bagi wanita). Di dalam masjid kita juga boleh ber-selfie, asal tetap menjaga ketenangan dan tidak melewati pembatas. Selfie paling OK di sini: ambil dari angle bawah supaya kubah birunya yang cantik itu terlihat.

 

5. Golden Gate Bridge, San Francisco, USA

 

Boleh dibilang inilah jembatan yang paling banyak difoto dan paling sering ditiru. Jembatan berwarna oranye sepanjang 2.727 meter yang dibangun tahun 1937 ini menghubungkan Kota San Francisco dan Distrik Marin. Pokoknya nggak sah kalau ke San Francisco tapi nggak selfie dengan background Golden Gate Bridge.

 

6. Great Wall, Beijing, China

 

Tembok raksasa ini dibangun lebih dari 2.000 tahun lalu atas prakarsa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM). Tapi bagian tembok yang ada sekarang ini dibangun pada zaman Dinasti Ming, abad ke-14 sampai 17. Kalau mau selfie dan kelihatan temboknya mengular sih naik cable car saja dari Badaling. Area lainnya yang juga bisa dikunjungi turis adalah Mutianyu.

 

7. Burj Al Arab, Dubai, UAE

 

Meskipun Dubai punya banyak landmark, tetap saja hotel berbentuk unik dan sangat mewah yang berdiri di atas pulau buatan ini paling mewakili Dubai. Begitu melihat kamu berfoto di depannya, teman-temanmu pasti langsung tahu “You’re in Dubai!” Tak perlu menginap di sana kok untuk menikmati gemerlapnya, apalagi kalau cuma ber-selfie di depannya. Kalau mau lihat bagian dalamnya, ikut saja tur keliling hotel yang dibuka saat hotel tak penuh.

 

8. Patung Liberty, New York, USA

 

Siapa tak kenal patung ini coba? Kalau sudah bisa selfie di depannya, bangga banget pasti. Patung ini bukan saja dijadikan ikon Kota New York, tapi juga Amerika. Patung persembahan rakyat Prancis kepada Amerika ini berada di Liberty Island. Untuk ke sana harus naik kapal feri dari Battery Park sekitar 30 menit.

 

9. Sydney Opera House, Sydney, Australia

 

Bentuknya yang unik seperti cangkang bertumpuk membuat siapa pun mudah mengenalinya. Posisinya yang dekat Sydney Harbour Bridge juga membuatnya semakin Instagenic untuk difoto. Rancangan gedung pertunjukan seni ini didapat dari hasil kompetisi desain yang dimenangkan oleh arsitek Denmark bernama Jorn Utzon tahun 1955. Pantas saja kece badai ya!

 

10. Piramida Giza (The Great Pyramid), Giza, Mesir

 

Nama lainnya adalah Piramida Khufu. Merupakan bagian utama dari kompleks makam Firaun Khufu, dan merupakan piramida tertua di dunia (diperkirakan selesai dibangun tahun 2560 SM). Pose populer di sini yakni selah-olah mencungkupkan kelima jari tangan di pucuk piramida. Jangan lupa juga ber-selfie di The Great Sphinx.

 

11. Big Ben, London, Inggris

 

Meski sejak 2012 diubah namanya menjadi Elizabeth Tower, tetap saja orang lebih mengenalnya dengan sebutan Big Ben. Semua orang yang ke London pasti ingin foto di “Jam Gadangnya” London ini. Big Ben bersebelahan dengan Parliament House. Di seberang Big Ben ada London Eye yang dihubungkan dengan Jembatan Westminster. Jadi selfie di sini kalau pintar cari angle bisa dapat variasi yang super keren.

 

12. Patung Kristus Sang Penebus (Christ The Redeemer), Rio de Janeiro, Brasil

 

Letaknya yang di atas puncak Gunung Corcovado setinggi 700 meter (di Taman Nasional Tijuca) membuat monumen ini jadi tambah agung dan akbar, serta mudah dilihat dari mana pun di Kota Rio. Tinggi patung berikut landasannya 38 meter dengan lebar rentang tangan 28 meter. Untuk mencapai patung ini nggak perlu mendaki kok, tapi naik kereta. Tiruannya ada di Lisbon, Portugal, namanya Cristo Rei.

 

13. Colosseum, Roma, Italia

 

Di amfiteater inilah ribuan tahun lalu pertarungan gladiator digelar. Sekarang meskipun bentuknya sudah tidak utuh lagi tapi di tempat ini masih sering digelar konser musik. Peninggalan Kekaisaran Romawi (zaman Dinasti Flavianus) ini terdiri dari 4 lantai dengan luas total 6 hektar yang dibangun selama 10 tahun. Sebaiknya berkunjung dan ber-selfie di sini pada pagi hari.

 

Tulisan ini pernah dimuat di www.qubicle.id

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


366

Back to Top