9 TRADISI UNIK TAHUN BARU DI EROPA

9 TRADISI UNIK TAHUN BARU DI EROPA

Thursday, 29-12-2016 | 16:05

 

Di artikel kemarin telah diceritakan 8 tradisi unik tahun baru di Amerika Latin (baca di sini). Kali ini dipaparkan beberapa tradisi unik perayaan malam pergantian tahun di Eropa yang dikumpulkan MyTrip dari berbagai sumber. Sama seperti tradisi tahun baru lainnya, fokus tujuan tradisi nggak jauh-jauh dari harapan akan nasib yang lebih baik di tahun-tahun mendatang. Harapan kita semua tentunya. Selamat Tahun Baru 2017!

 

1. BELARUS: WANITA SINGLE & AYAM JANTAN

 

Boleh jadi ini tradisi tahun baru yang unik banget, dan khusus bagi para wanita jomblo. Selebrasinya namanya Kaliady. Para wanita yang belum menikah akan meletakkan setumpuk biji jagung di dekat mereka, kemudian ada seekor ayam jantan yang dilepas. Nah tumpukan jagung yang pertama didekati si ayam jantan, menandakan wanita si pemilik tumpukan jagung itulah yang akan menikah duluan di tahun mendatang. Mau dicoba bareng kawan-kawan jomblo Anda? Hehe...

 

2. SPANYOL: 12 ANGGUR & CINCIN TOAST

 

Masyarakat Spanyol punya tradisi makan 12 butir anggur tepat sebelum detik pergantian tahun. Tiap butir anggur melambangkan tiap bulan dalam setahun. Ada juga yang mengatakan, makan anggurnya harus 1 butir tiap 1 dentangan jam yang berbunyi 12 kali saat tengah malam pergantian tahun. Selain itu juga ada tradisi mencemplungkan cincin emas ke dalam gelas minuman yang dipakai untuk toast.

 

3. DENMARK: PECAHAN PIRING & RUMAH TETANGGA

 

Ini tradisi juga nggak kalah unik. Masyarakat Denmark akan memecahkan barang pecah belah yang sudah cacat atau tak diinginkan lagi tepat di depan pintu rumah teman atau tetangga saat malam tahun baru. Ini bukan menunjukkan kemarahan kok, tapi perhatian. Justru orang yang makin banyak dapat pecahan piring di depan rumahnya itu dianggap orang yang paling populer dan paling disayang. Dan tentunya juga paling beruntung. Anda perlu cemas kalau nggak menemukan pecahan di depan rumah malah!

 

4. YUNANI: GANTUNG BAWANG

 

Menggantung bawang di depan pintu rumah saat malam tahun baru dianggap sebagai simbol datangnya atau lahirnya kembali tahun yang baru. Bawang ini akan diusapkan di kepala anak-anak untuk membangunkannya di pagi esoknya, saat hari pertama di tahun baru.

 

5. ESTONIA: MAKAN 7, 9, 12 KALI

 

Saat malam pergantian tahun laki-laki Estonia makan 7, 9, atau 12 kali dalam sehari karena angka-angka itu dipercaya sebagai angka keberuntungan. Makan berkali-kali ini dimaksudkan juga agar orang tersebut mendapat kekuatan untuk menghadapi tahun yang akan datang. Dan tak lupa, mereka menyisakan sedikit setiap kali makan yang diperuntukkan bagi arwah leluhur yang mengunjungi mereka malam itu.

 

6. AUSTRIA: LUCKY CHARMS & WALTZ DANCE

 

Setelah malam tahun baru, orang Austria punya kebiasaan memberikan lucky charms (jimat keberuntungan) kepada teman maupun keluarga. Jimat yang favorit antara lain yang berbentuk four-leaf clover, tapal kuda, atau babi. Jimat nggak selalu dalam bentuk benda, tapi kebanyakan justru yang bisa dimakan, dibuat dari cokelat ataupun marzipan.

Secara Austria negerinya para komposer dan merupakan asalnya Viennese Waltz, tentu saja mereka merayakan tahun baru dengan dansa waltz. Setelah countdown, para warga pun berbaur dan berdansa waltz diiringi lagu The Blue Danube. Lagu ini diputar melalui radio dan televisi.

 

7. IRLANDIA: WANITA SINGLE & MISTLETOE

 

Lagi-lagi tradisi untuk wanita jomblo. Di Irlandia para wanita lajang menunggu datangnya malam tahun baru dengan penuh harap karena inilah malam yang akan membawa cinta dalam kehidupan mereka. Mereka akan menempatkan daun-daun mistletoe di bawah bantal sambil berharap datangnya laki-laki yang potensial untuk dijadikan suami.

 

8. SKOTLANDIA: HOGMANAY & BOLA API

 

Skotlandia terkenal dengan Festival Hogmanay-nya yang diadakan tepat pada 31 Desember tiap tahun. Festival yang digelar di jalan-jalan utama Kota Edinburgh, ibu kota Skotlandia, ini menampilkan parade yang amat meriah. Salah satu acara yang mentradisi adalah adanya sekelompok laki-laki yang mengayun-ayunkan bola api yang berkobar di atas kepala mereka. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, bola api itu berfungsi sebagai alat purifikasi dan mendatangkan matahari terbit. Tradisi ini telah dimulai sejak zaman Viking.

 

9. RUSIA: SPARKLING WINE & ROAST DUCK

 

Masyarakat Rusia punya tradisi panjang dalam hal perayaan pergantian tahun. Dua hal yang menjadi tradisi dan tak pernah ketinggalan dalam malam perayaan adalah sparkling wine yang akan dibuka tepat saat genta Kremlin berdentang pada tengah malam; juga roast duck dengan apel yang merupakan menu khas tahun baru di Rusia.

Teks: Maulana Alam, Mayawati NH, dari berbagai sumber Foto: Istimewa, dari berbagai sumber

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


559

Back to Top