40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 1)

40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 1)

Monday, 06-06-2016 | 15:14

 

Liburan panjang segera tiba. Sudahkah keluarga Indonesia memilih lokasi liburan? Kalau belum boleh simak nih. MyTrip kali ini mengulas tempat-tempat yang seru, menarik dan bahkan menantang untuk dikunjungi bersama anak-anak, keponakan, atau bahkan keluarga besar. Silakan pilih sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, topi, sunglasses dan yang paling wajib: kamera! Just pack & go and have a happy holiday!

 

  1. DUNIA FANTASI

 

 

Tempat bermain penuh wahana ini menjadi favorit untuk dikunjungi. Terbagi ke dalam 8 tema kawasan: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Jenis permainannya sangat beragam mulai dari Istana Boneka dan Carousel (yang cocok untuk anak usia di bawah 3 tahun), Bom Bom Car, arena permainan ketangkasan, rumah kaca, hingga yang menguji nyali seperti Niagara dan Roller Coaster. Ada juga permainan yang bikin Anda basah-basahan. Lihat juga atraksi dan karnaval di waktu-waktu tertentu.

Tips:

  • Kawasan ini sangat luas, disarankan bawa stroller untuk anak di bawah 5 tahun.
  • Ekstra pengawasan terhadap anak-anak karena arena yang sangat luas, jangan sampai mereka tersesat.
  • Luangkan waktu seharian dan datanglah sepagi mungkin supaya puas main di semua wahana.

Lokasi: Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Pasir Putih Raya Blok E5, Jakarta Utara 14430. Telp: (021) 64710000

Cocok untuk: segala usia

 

  1. SEA WORLD

Inilah tempat wisata yang dapat sekaligus mengenalkan kepada anak-anak Anda bahwa Indonesia adalah negara maritim dengan hamparan laut yang sangat luas dan punya banyak jenis ikan. Sea World punya koleksi biota alam, mulai dari perairan tawar hingga air laut. Lebih dari 120 jenis ikan, 5 jenis reptil, hingga mamalia ada di sana. Suasananya cukup nyaman, apalagi saat masuk ke lorong eskalator berjalan.Tinggal berdiri dan etravelator akan otomatis membawa Anda menyusuri lorong sambil melihat ikan-ikan di atas kepala.

Tips:

  • Nggak perlu bawa makanan dan minuman karena nggak boleh dibawa masuk ke dalam area.
  • Cek jadwal atraksi agar tidak terlewatkan.

Lokasi: Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Pasir Putih Raya Blok E5, Jakarta Utara 14430. Telp: (021) 6410080

Cocok untuk: >2 tahun

 

  1. KIDZANIA

 

 

Yuk, ajak anak-anak untuk mengenal dan mencoba menjadi berbagai profesi orang dewasa yang selama ini dilihatnya! Kidzania dibangun dengan replika sebuah kota, lengkap dengan sarana transportasi dan infrastruktur. Tentu berdimensi sesuai untuk anak-anak. Di sini mereka bisa memainkan peran sebagai dokter, pilot,  pekerja konstruksi, arkeolog, hingga  pembalap mobil. Tak perlu khawatir, karena saat bermain anak-anak Anda dipandu para pengawas.

Tips:

Perhatikan waktu kunjungan. Kalau musim liburan bisa ditutup sementara karena terlalu penuh. Untuk memastikan sebaiknya telepon dulu sebelum datang, karena tempat ini bisa di-booking buat grup atau rombongan.

Lokasi: Pacific Place Mall Lantai 6, SCBD, Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Jakarta. Telp. (021) 5154888

Cocok untuk: 4-16 tahun

 

  1. LOLLIPOP PLAYLAND

 

 

Tak bisa dipungkiri mal memang tetap menjadi destinasi banyak warga Jakarta di akhir pekan. Di beberapa mal di Jakarta terdapat Lollipop Playland --sebuah arena bermain anak yang dapat disewakan juga untuk acara seperti ulang tahun dan gathering. Arena bermainnya cukup luas, menyediakan mulai dari Trampoline, Giant Inflatable Slide, Fun Ball Battle, Tree House, Fish Pond, hingga Flying Fox. Berbagai jenis permainan disediakan untuk meningkatkan fungsi motorik, kemandirian dan kepercayaan anak-anak. Lollipop hadir juga di Bali (Jl. Sunset Road No. 902 Seminyak) dengan konsep yang sedikit berbeda, karena di sini tersedia area waterplay

Tips:

  • Nggak perlu membawa makanan dari luar, karena nggak boleh makan di arena bermain.
  • Untuk alasan kesehatan, bawa kaos kaki sendiri baik untuk anak-anak ataupun penjaga anak.
  • Datanglah sedini mungkin supaya anak-anak lebih leluasa bermain.

Lokasi: Senayan City, Lantai 6, Jl. Asia Afrika Jakarta Selatan 10270, Telp. (021) 72781648. Gandaria City, Lantai 2, Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, Telp. (021) 29053341. Mal Kelapa Gading 3, Lantai 2, Jl. Boulevar Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telp. (021) 45845060. Living World, Alam Sutera Boulevard Kav. 21, Alam Sutera, Tangerang. Telp. (021) 29211916

Cocok untuk: 2-15 tahun

 

  1. KEBUN BINATANG RAGUNAN

 

 

Salah satu tempat wisata favorit warga Jakarta ini adalah perpaduan antara kebun binatang dan taman. Sambil jalan santai, anak-anak bisa melihat lebih dari 3.000 binatang (dari 260 jenis binatang), termasuk yang dilindungi. Sebut saja gajah, komodo, harimau Sumatera, harimau putih, jerapah, ular piton, rusa, orang utan, simpanse, berbagai jenis burung, dll.  Anda mau piknik sambil gelar tikar di area taman? Tinggal pilih spot dengan pohon-pohon yang rindang. Jangan lupa kunjungi Schmutzer Primate Centre, tempat pelestarian primata seperti gorila, simpanse, orang utan dan jenis lainnya. Anak-anak dapat melihat langsung kehidupan primata di tempat yang menyerupai alam liar.

Tips:

Berkunjunglah dari pagi. Selain udara masih sejuk, juga belum terlalu ramai. Saat weekend area sekitar kebun binatang sering juga digunakan sebagai track lari pagi.

Lokasi: Jl. RM. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan, 12550. Telp. (021) 7806975.

Harga tiket: Setiap hari: Mobil Rp 6.500; Dewasa Rp 4.000; 3 - 12 tahun Rp 3.500, Schmutzer Primate Centre Rp 5.000; Delman Rp 15.000; Sepeda Tandem Rp 10.000; Kereta Rp 6.500.

Jam buka: Setiap hari 07.30–18.00 WIB (loket tutup pukul 16.00 WIB).

Sarana lain: Restoran, Area Piknik, Delman, Sepeda, Tempat Bermain Anak.

Cocok untuk: >3 tahun

 

  1. TEATER IMAX KEONG EMAS

 

 

Anak-anak bisa mengenali kekayaan alam dan budaya bangsa Indonesia melalui tayangan film pada layar raksasa dengan menggunakan teknologi sinematografi modern Proyektor IMAX. Yang diputar adalah film-film yang tentu bertemakan kekayaan negeri ini dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Namun Teater IMAX Keong Emas memutar juga beberapa film impor yang masih memiliki nilai pendidikan dengan tema hiburan, lingkungan hidup, teknologi, dll.

Tips:

Untuk mengetahui jadwal film yang akan diputar, sebaiknya Anda mengunduh jadwalnya di situs resmi atau menelepon terlebih dahulu.

Lokasi:  Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Cipayung, Jakarta Timur 13820. Telp. (021) 8401021

Cocok untuk: >5 tahun

 

  1. KEMANG LASER GAME & LASER GOLF

 

 

Selain untuk seseruan, tempat ini sekaligus juga bisa untuk melatih mental dan strategi anak Anda. Di tempat ini anak-anak  bakal main perang-perangan ala antariksa di ruangan  ber-AC yang sangat nyaman. Cara mainnya memang mirip airsoft gun dan paintball, namun di sini menggunakan teknologi laser dan infrared, dan berada di ruangan glow in the dark. Jadi, Anda nggak akan khawatir anak-anak akan sakit kena peluru ataupun bajunya akan kotor. Seluruh hasil permainan pun dicetak secara computerized.

Tips:

Agar suasana “perang” lebih terasa, datanglah beramai-ramai. Jadi lawan Anda bukan dari rombongan lain.

Lokasi: Jl. Kemang Raya no. 16A - Kemang, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7181921

Cocok untuk: >6 tahun

 

(Bersambung)

Teks: Diona Ratrixia K, Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Dendy Indra, Ganang Arfiardi, Hartadi, Dok.MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


424

Back to Top