PANDUAN CERDAS EKSPLOR LITHUANIA & LATVIA

PANDUAN CERDAS EKSPLOR LITHUANIA & LATVIA

Monday, 12-03-2018 | 11:10

Pemandangan Riga, ibu kota Latvia

 

Lithuani dan Latvia memang bukanlah tujuan utama pelancong Indonesia yang ke Eropa. Tapi kalau dikasih tahu bahwa low-cost flights dari negara-negara seperti Belgia, Italia, Jerman, Prancis banyak punya rute ke kedua Negara Baltik ini, Trippers pasti tergoda deh. Lumayan ‘kan jalan-jalan out of mainstreams dengan biaya terjangkau. Suasananya jauh beda dari negara-negara Eropa pada umumnya. Tempat-tempat wisatanya unik, dan beberapa merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Sebelum memutuskan berangkat, ada baiknya baca dulu panduannya.

 

CARA KE SANA

Ke Brussels dulu:

- Dari Jakarta: naik Emirates, Turkish Airlines atau Qatar Airways. Lama penerbangan minimum 18 jam, termasuk sekali transit.

- Dari Singapura: naik Emirates, Turkish Airlines atau Qatar Airways. Lama penerbangan minimum 16 jam, termasuk sekali transit.

 

Lanjut ke Vilnius (ibu kota Lithuania):

Ryan Air dan Wizz Air melayani direct flights Charleroi (Brussels) ke Vilnius dan Riga (ibu kota Latvia) ke Charleroi lebih dari 3 kali seminggu. Durasi terbang 1,5 jam.

 

VISA

Lithuania dan Latvia termasuk negara Schengen. Kalau lebih lama tinggal di Lithuania, apply Visa Schengen-nya di Kedutaan Hungaria yang mewakili Lithuania dalam mengeluarkan Visa Schengen. Alamatnya:

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X/3, Kuningan, Jakarta 12950
Telp: 021-520-3459 atau 021-520-3460

Faks: 021-520-3461

Website: www.mfa.gov.hu/emb/jakarta

 

ZONA WAKTU

GMT+2 (5 jam lebih lambat dari WIB).

 

IKLIM

Musim dingin sampai semi suhu -25°C sampai 18°C. Sedangkan musim panas bisa sampai 38°C.

 

BAHASA

Berasal dari akar Bahasa Baltik. Tapi anak muda dan petugas tourist information centre-nya udah banyak yang berbicara Bahasa Inggris dan Jerman. Kedua bahasa ini digunakan dalam penjelasan seperti di museum, restoran dan tempat wisata lainnya.

 

MATA UANG

Baik Lithuania maupun Latvia sudah menggunakan Euro (EUR) sebagai mata uang.

 

KOTA-KOTANYA

Ibu kota Lithuania: Vilnius

Kota-kota wisata lainnya di Lithuania: Trakai, Kaunas, Siaulai, Klaipeda

Ibu kota Latvia: Riga

Kota-kota wisata lainnya di Latvia: Jurmala, Sigulda

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

Gediminas 

 

Lithuania: Cathedral Belfy, The Gate of Dawn, Vilnius University, Presidential Palace, Mindaugas Castle, Vilnius Cathedral, Vilnius Old Town, Museum Nasional Lithuania, Gediminas Castle, Trakai Island Castle, Danau Galve, Laisves Aleja (Liberty Avenue), Pazaisis Monastery, Devil’s Museum, Old Town, Town Hall, Kaunas Castle, Kaunas Funiculars, Christ’s Resurrection Church, Kaunas Fortress, Masjid Kaunas, Hill of Crosses.

 

Trakai island Castle

 

Latvia: Riga Old Town, Riga Town Hall, Hall of Blackheads, Latvian National Opera, Vermanes Park, Freedom Monument (Brivibas Piemineklis), Psaiho, Majori, Sungai Daugava, Bru?urupucis, Taman Hutan Dzintari, Observation Tower, Ventas Rumba, Sigulda Castle, Istana Rundale.

 

TEMPAT MAKAN DAN KULINER

Kepta duona (camilan khas Lithuania)

 

Masakan Eropa Timur memang beda banget dengan Indonesia, namun bukan berarti kita nggak akan ketagihan dengan enaknya kepta duona (camilan khas Lithuania yang terdiri dari roti hitam goreng dengan rasa bawang putih dan dicocol dengan saus keju mayones), cepelinai (dumpling kentang rebus/goreng Lithuania dengan isi daging babi cincang atau dadih susu dengan saus krim asam), Saltibarsciai atau pink soup (sup bit asam berwarna pink), Rupjmaizes kartojums (pencuci mulut Latvia yang sehat, terbuat dari krim asam, remah-remah roti hitam dan gandum utuh). Ini restoran yang mesti dikunjungi:

  1. Berneli? Uzeiga di belakang Soboras Church –tepatnya M. Valanciaus gatve 9, Kaunas 44275. Restoran khas yang menyajikan makanan dan suasana tradisional Lithuania.
  2. Cili Kaimas bisa ditemukan di berbagai kota di Lithuania. Jangan lupa coba kepta duona-nya, dijamin nagih!
  3. Lido yang merupakan restoran buffet yang menyediakan berbagai masakan khas Latvia. Harganya juga terjangkau.
  4. Mad House, tepat di depan Burlesque, di Kalku iela 11, Riga. Cocok banget untuk nongkrong bareng teman sambil menikmati hidangan lokal dan internasional.

 

SECONDHAND SHOP DI RIGA

Otra Elpa

 

  1. Otra Elpa, yang pusatnya di Marijas iela 13, Riga, LV-1050 menawarkan berbagai barang bekas mulai dari baju, aksesoris, buku dan masih banyak lagi. Toko bekas yang menjelma menjadi concept store ini, selain menjadi tempat favorit berbelanja anak muda Latvia, juga menjadi wadah kreativitas mereka yang ingin mengadakan fashion show, bazar, dan event lainnya.
  2. Humana Latvia sudah memiliki lebih dari 26 toko di seluruh Latvia. Salah satu toko terbesarnya di leksandra Caka iela 70, Riga, LV-1011. Kita bisa menemukan berbagai barang bekas dengan kualitas bagus untuk semua umur.

 

REKOMENDASI PENGINAPAN MURAH

Ada cukup banyak youth hostel atau bed and breakfast dan kebanyakan menyediakan Wi-Fi serta peta kota gratis. Rekomendasi areanya di antaranya: Old Town Vilnius, City Centre Kaunas, Old Town and City Centre di Riga.

 

TRANSPORTASI:

Bisa dengan bus umum dalam kota maupun antarkota, ataupun kereta dari bandara ke pusat kota atau antarkota. Kalau pergi ber-4, taksi pun bisa jadi pilihan yang lebih murah untuk dari atau ke bandara. Moda lainnya yaitu kapal ferry dan funicular.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Harerani, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


368

Back to Top