PANDUAN BELANJA MURAH DI HONG KONG, SUPER LENGKAP!

PANDUAN BELANJA MURAH DI HONG KONG, SUPER LENGKAP!

Wednesday, 21-06-2017 | 13:28

Causeway Bay

 

Hong Kong adalah surga belanja di dunia. Tak terbantahkan. Dari barang bermerek dengan harga lebih murah dari yang dijual di Jakarta, sampai barang-barang tak bermerek tapi berkualitas baik dengan harga super murah! Ada tempat yang Anda harus jago nawar, ada juga tempat yang nggak perlu nawar karena diskonnya sudah 70%! Semua ada di Hong Kong. Jangan bingung, MyTrip berikan panduannya lengkap untuk Anda.

 

Mata uang: Hong Kong Dollar (HKD). HKD 1= +/-Rp 1.700

 

LADIES MARKET, MONGKOK, KOWLOON, HONG KONG

 

Cara ke sana: Lokasinya di Tung Choi Street. Naik MTR (Tuen Wan Line), turun di Mong Kok Station, exit D3.

Kondisi: Berupa jalan yang ditutup dari kendaraan bermotor dan didirikan tenda atau bangunan semi permanen untuk menampung para penjual.

Barang yang dijual: Kebanyakan produk fashion, sepatu, tas, aksesoris, kosmetik, pernak-pernik, suvenir.

Harga: Murah abis kalau jago nawar. Gantungan kunci HKD 10/buah (Rp 17.000), atau kalau satu set (isi 4) bisa dapat HKD 30. T-shirt kalau beli lebih dari satu, per potongnya HKD 20. Magnet kulkas HKD 10-15. Tas tangan wanita HKD 150 (Rp 255.000).

Tempat makan: Di area pasarnya nggak ada tempat makan. Kedai-kedai makanan atau resto adanya di luar area.

Jam buka: Pkl.11.00-23.30, setiap hari, kecuali Tahun Baru Imlek.

Tips & trik:

-          Ada beberapa penjual di sini yang agresif, jadi sebelum nawar lihat-lihat sikon dulu. Nawar di Hong Kong nggak bisa sekejam nawar di China pada umumnya ya.

-          Periksa kondisi barang yang dibeli sebelum bayar dan pergi.

 

CAUSEWAY BAY, HONG KONG ISLAND, HONG KONG

 

Cara ke sana: Lokasinya di bagian utara Hong Kong Island. Naik MTR Island Line (biru), turun di Causeway Bay (Tung Lo Wan) Station. Exit A untuk ke Times Square. Exit D3-D4 untuk ke Sogo.

Kondisi: Merupakan satu area yang memiliki banyak ruas jalan yang isinya melulu toko dan department store. Mencakup: King’s Road, Causeway, Gloucester, Canal, Hennessy, dan Yee Woo Street. Pusat keramaian ada di sekitar penyeberangan jalan di Yee Woo Street. Saat wiken beberapa ruas jalan ditutup bagi kendaraan bermotor untuk memberi akses total bagi pejalan kaki.

Barang yang dijual: Beragam banget, karena pusat belanja maupun department store yang berdiri di sini banyak: Sogo (13 lantai), Times Square (16 lantai), World Trade Centre, Windsor House, Hang Lung Centre, Fashion Island, Fashion Walk, Lee Gardens. Belum lagi toko-toko yang membawa nama merek dunia. Toko merek lokal juga nggak ketinggalan ikut berjejalan. IKEA juga membuka toko di sini. Kalau mau nemu toko-toko yang barangnya bisa ditawar, meluncur aja ke Jardine’s Crescent dan Lee Garden Road.

Harga: Lumayan mahal karena harga sewa lahan di sini termasuk termahal di dunia. Tapi kalau Giordano, Bossini, Baleno, Esprit lagi diskon, harganya lebih murah dibanding di Jakarta. Celana jins Giordano HKD 99 (Rp 168.300). Kaos Bossini lengan panjang HKD 50. Beberapa toko di Times Square juga menawarkan harga menengah yang nggak bikin dompet menjerit.

Tempat makan: Restoran banyak berada di lantai atas sebuah gedung saking nggak kuat bayar sewa di lantai satu/dasar. Gedung-gedung yang disebutkan di atas hampir semua memiliki restoran di dalamnya. Ragam makanannya membuat kita sulit memilih. Selera apa aja ada.

Jam buka: Pkl.10.00-22.00, bahkan ada yang buka sampai tengah malam.

Tips & trik:

-          Kalau rombongan Anda lebih dari 2 orang sebaiknya bikin janji dulu sebelum jalan keliling, mau selesai belanja jam berapa, ketemu di mana, karena kemungkinan bakal terpisah saking padat dan tentunya beda minat pula.

-          Beberapa restoran nggak punya daftar menu dalam Bahasa Inggris. Jadi lihat meja sebelah aja, ada yang Anda suka, langsung pesan. Ini cara “primitif” yang biasanya sukses :-D

 

CITYGATE OUTLETS, TUNG CHUNG, LANTAU ISLAND, HONG KONG

 

Cara ke sana: Naik bus S1 atau S64 dari Hong Kong International Airport cuma 10 menit. Kalau dari dalam kota, naik MTR dan turun di Tung Chung Station, exit C.

Kondisi: Gedung bergaya futuristik dengan 3 lantai (GF, L1, L2) plus basement 1 dan 2 yang terdiri dari banyak outlet. Tiap outlet punya ruang ganti. Total luasnya 46.000 m2.

Barang yang dijual: Toko-toko di sini mewakili satu merek tertentu. Ada lebih dari 80 merek internasional (baju karya desainer, perlengkapan olah raga, aksesoris, jam tangan, sepatu, tas, kosmetik, baju anak-anak, perabot rumah tangga, dll) buka outlet di sini.

 

 

Harga: Ada diskon sepanjang tahun sebesar 30-70%, tergantung kebijakan masing-masing toko. Celana pantai Quick Silver misalnya, dari harga standar  Rp 500.000-an, bisa dijual HKD 190 (Rp 323.000). Barang fashion Esprit bisa dapat mulai HKD 119. Tapi namanya barang obral besar, jarang ada banyak pilihan ukuran dan warna.

Tempat makan: Layaknya gedung perbelanjaan, pasti diramaikan oleh restoran dan kafe. Banyak pilihan, makanan Barat maupun lokal. Food court-nya di lantai 2 (paling atas) luas dan banyak banget pilihannya, juga murah. Makan berdua nggak lebih dari HKD 70. Kafe-kafe atau toko es krim yang bersofa nyaman juga ada, cocok buat tempat menunggu para pendamping yang nggak tahan belanja lama-lama.

Jam buka: Pkl.10.00-22.00, setiap hari. Tapi ada yang beda juga, terutama pas hari libur.

Tips & trik: Karena letaknya selemparan batu dari bandara, jadwalkan belanja di sini sesaat setelah mendarat atau sebelum kembali pulang ke Jakarta.

 

Baca juga "Hong Kong A to Z (bagian 1)"

 

Teks: Mayawati NH Foto: als.hku.hk, Dok. MyTrip, eatscape.com, hong-kong-hotels.ws

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


212

Back to Top