FREMANTLE, DI MANA PENJARA BISA MENJADI ATRAKSI WISATA

FREMANTLE, DI MANA PENJARA BISA MENJADI ATRAKSI WISATA

Sunday, 19-02-2017 | 17:23

Fremantle Harbour

 

Fremantle adalah kota pelabuhan di Australia Barat, tepatnya berada di muara Swan River, sungai yang membelah Kota Perth. Ke kota ini dari Perth dan berkeliling di sana bisa dilakukan dalam waktu seharian. Berangkat pagi dan pulang sore.

 

TRANSPORTASI DARI PERTH KE FREMANTLE

•       Kereta Transperth dengan biaya AUD 4 sekali jalan. Stasiun kereta di Perth berlokasi di stasiun Cat Bus blue No 13 Horseshoe Bridge Station. Perjalanan dengan kereta dari Perth ke Fremantle nggak sampai 30 menit.

•       Bus Transperth No 106, 111 dan 160. Naik dari Esplanate Bus Port Perth (dari tengah kota bisa menggunakan Cat Bus warna biru untuk ke Esplanate Bus Port Station) dan turun di Fremantle Bus Terminal yang terletak di seberang Fremantle Station, dengan biaya AUD 4.

•       Kapal Captain Cook Cruise dari Barrack Street Jetty (dari tengah kota bisa menggunakan Cat Bus warna biru dan turun di Barrack Square Station) dan berhenti di Dermaga C-Shed. Jadwal keberangkatan pkl. 09.45, 11.15 dan 14.15; sebaliknya dari Fremantle ke Perth pkl.11.15, 12.45, 15.45. Biaya sekali jalan AUD 30.

 

(Semua jadwal dan harga bisa berubah sewaktu-waktu).

 

Mengelilingi Fremantle bisa menggunakan Cat Bus gratis (namun beberapa rute tidak berhenti tepat di lokasi wisata) ataupun tram. Ini bukan tram sesungguhnya tapi tram yang sudah dimodifikasi menjadi mobil tur seperti bus wisata sehingga tidak hanya mengantar ke lokasi tapi supir juga bertindak sebagai pemandu wisata yang menceritakan lokasi-lokasi wisata yang dilalui. Tram asli pernah beroperasi di Fremantle tahun 1905-1952.

Harga tur menggunakan tram ini AUD 28. Kita bisa memanfaatkan diskon di brosur Hello Perth berupa kupon sebesar AUD 5 untuk tur ini. Lumayan ‘kan?

Jika dari Perth menggunakan bus maupun keretaTransperth, bisa naik tram ini dari Fremantle Train Station (halte tram sama dengan halte Cat Bus yang di depan stasiun). Sedangkan jika naik cruise dari Perth, bisa naik tram di Victoria Quay (halte tram ada di tempat parkir mobil tidak jauh dari dermaga cruise).

Rute tram ini adalah Prison, Esplanate Hotel, Fishing Boat Harbour (Round House, Seafood Restaurant), Town Hall, Victoria Quay (Museum Maritime, E Shed Market).

 

FREMANTLE PRISON

 

Jam buka: Pkl. 10.00-17.00

Tiket: Gratis masuk sampai halaman depan.

Untuk mengeksplor lokasi ini kita perlu mengikuti tur. Ada Day Tour seharga AUD 20, tur keliling penjara; Tunnels Tour dengan biaya AUD 60, tur menjelajahi terowongan penjara (perlu fisik prima; anak <12 tahun nggak boleh); Torchlight Tour seharga AUD 26, hanya ada Rabu dan Jumat sore dan tidak diperbolehkan untuk anak <10 tahun. Tur ini seperti Day Tour tapi dilakukan di malam hari, pukul 18.30, dan katanya bakal ada kejutan-kejutan selama tur. Bisa juga beli All Tour Pass AUD 100 untuk mengikuti semua tur.

Buat yang ke Fremantle seharian saja, direkomendasikan ikut Day Tour. Durasinya 1 jam 15 menit. Pengunjung juga diberi kesempatan melihat tempat yang dulunya lokasi penggantungan  bagi tahanan hukuman mati. Penjara ini dibangun tahun 1852-1860 dan digunakan sampai tahun 1991.

 

ROUND HOUSE

 

Jam buka: Pkl.10.30-15.30

Tiket: gratis, hanya ada kotak sumbangan.  Ada beberapa volunteer yang bersedia bercerita tentang tempat ini.

Round House adalah bangunan tertua di Australia Barat yang dibangun tahun 1830-1831.

Awalnya bangunan bundar ini digunakan sebagai penjara umum. Kemudian menjadi penjara bagi narapidana Aborigin tahun 1865 sebelum mereka dipindahkan ke Rottnest Island. Pada tahun 1866 -1990 digunakan oleh pihak kepolisian untuk pengawasan. Saat ini, tak jauh dari Round House terdapat deretan seafood restaurant, salah satunya Cicerello yang terkenal dengan fish & chips-nya.

 

TOWN HALL

 

Hall serba guna ini dibuka jika ada acara saja. Tapi nggak apa-apa kalau pas datang nggak ada acara dan nggak bisa masuk karena kita bisa berfoto di bagian depan gedung yang cantik ini. Town Hall dibangun tahun 1887 dengan jam yang diimpor langsung dari London. Di sekitar lokasi terdapat pertokoan yang menjual baju dan suvenir.

 

VICTORIA QUAY

 

Jam buka:  Pkl. 09.30-17.00

Tiket: AUD 10

 

Dermaga ini berada di tepi selatan dari Swan River. Di sini terdapat E Shed Market di mana pengunjung bisa belanja aneka barang termasuk suvenir dan mampir ke resto-restonya, dan Museum Maritim dengan koleksi kapal-kapal dagang yang dulu digunakan untuk berlayar.

 

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Perth" dan "Siapa Mau Keliling Perth dengan Bus Gratsi?"

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


490

Back to Top