SVALBARD NORWEGIA, TEMPAT DI MANA POLAR BEAR LEBIH BANYAK DARI MANUSIA

SVALBARD NORWEGIA, TEMPAT DI MANA POLAR BEAR LEBIH BANYAK DARI MANUSIA

Sunday, 12-02-2017 | 14:45

Polar bear, jumlahnya sangat banyak di Svalbard

 

Mengeksplor Lingkar Artik atau Lingkar Kutub Utara di mana bisa terlihat Aurora Borealis kurang lengkap kalau nggak sampai ke Svalbard di Norwegia yang dikenal juga dengan sebutan Spitsbergen. Beribu kota di Longyearbyen, Svalbard merupakan kepulauan yang terletak di bagian utara Eropa, berjarak 1.309 km ke Kutub Utara. Longyearbyen merupakan satu-satunya kota gerbang masuk ke Svalbard.

Saat musim dingin 60% dari Svalbard tertutup salju dan dikelilingi oleh glacier. Jumlah populasi polar bear di sini melebihi jumlah penduduknya. Jadi nggak heran polar bear pun menjadi ikon atau simbol Svalbard. Saking banyaknya jumlah polar bear, turis tidak diperbolehkan mengeksplor sendiri sampai batas tertentu, tapi harus ambil paket tur setempat yang akan didampingi pemandu lokal bersenjata. Karena sewaktu-waktu kita bisa saja bertemu si polar bear. Tapi di dalam kotanya kita boleh kok jalan-jalan sendiri.

Informasi umum dan cara ke Norwegia silakan baca di sini.

 

Keluar dari Bandara Longyear, jangan lupa berfoto di sini

 

CARA KE SVALBARD

  • Dengan pesawat

Dari Tromsø (baca tentang Tromsø  di sini) ada 1X penerbangan oleh maskapai Scandinavian Airlines setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu. Harga mulai NKR 788.

  • Dengan kapal

Hanya kapal-kapal yang mengadakan tur ekspedisi yang bisa bersandar di Svalbard.

 

CARA MENGEKSPLOR DALAM KOTA

  • Shuttle dari Bandara Longyear, namanya Flybussen, dari bandara bisa mengantar ke seluruh hotel dan sebaliknya dengan tarif NKR 70/orang.
  • Taksi di Longyearbyen tarifnya NKR 100 untuk dalam kota dan NKR 150 untuk ke bandara.
  • Sepeda dapat disewa saat musim panas dengan tarif NKR 150- 300/hari di Basecamp Spitsbergen.
  • Untuk ke kota lainnya seperti Brentsburg, Pyramiden, Ny-Ålesund dll pada musim dingin hanya bisa dengan trip snowmobile safari. Dan saat musim panas bisa dicapai dengan boat trip 9-10 jam dengan harga NKR 1.250/orang.

 

Snowmobille

 

TIGA HAL PALING MENARIK DI SVALBARD

  • Polar Night

Fenomena ini biasa terjadi dari 26 Oktober sampai 16 Februari. Disebut Polar Night ketika terjadi gelap gulita di seluruh Svalbard saat siang maupun malam. Fenomena ini terjadi karena matahari berada 6 derajat di bawah horizon.

 

  • Midnight Sun

Kebalikan dari Polar Night, fenomena ini terjadi di mana matahari bersinar 24 jam dari periode 15 April sampai 26 Agustus.

 

  • Northern Light (Aurora Borealis)

Fenomena alam yang sangat indah ini bahkan bisa dilihat pada siang hari saat Polar Night. Hal ini membuat Svalbard menjadi tempat yang tepat untuk riset Aurora. Aurora bisa dilihat di Svalbard September–April. 

 

 

OBYEK-OBYEK YANG MENARIK DIKUNJUNGI

  • Svalbard Kirke

 

 

Gereja ini berada di Kota Longyearbyen. Merupakan gereja paling utara di dunia. Di dalam gereja juga terdapat kafe di mana pengunjung boleh datang kapan saja dan biasanya di sore hari mereka menyajikan teh dan pancake secara gratis.

 

  • Svalbard Museum

Museum yang berisi tentang alam, budaya, landscape,aktivitas, kehidupan, teknologi serta lingkungan di Artik ini lokasinya di Svalbard Science Centre.

Jam buka: 10.00–17.00 (1 Mar–30 Sept), 12.00–17.00 (1 Okt–28 Feb)

Tiket masuk: NKR 75 (dewasa), NKR 15 (anak-anak >7 tahun), NKR 50 (pelajar dan pensiunan)

 

  • 78 Grader Tax Free Shop

Banyak dijual suvenir khas Svalbard.

 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  • Pesanlah tur untuk semua aktivitas outdoor. Pilih operator tur lokal profesional yang ada link-nya di web resmi www.visitsvalbard.com
  • Kenakanlah pakaian winter lengkap berbahan wol dan juga windbreaker karena cuaca sangat ekstrem dan angin cukup kencang di musim dingin. Pilihlah sepatu boot yang anti licin karena seluruh jalanan di sana bersalju.
  • Penduduk setempat punya kebiasaan melepaskan sepatu ketika memasuki suatu tempat, jadi jangan heran ketika ke hotel atau resto bahkan gereja, di depan pintu masuknya disediakan rak sepatu. Silakan buka sepatu, selayaknya kita sedang bertamu.
  • Belanjalah sepuasnya di Longyearbyen karena bebas pajak.

 

REKOMENDASI TUR

  • Svalbard Booking  (Svalbardbooking.com)

Operator ini punya banyak pilihan aktivitas untuk musim dingin terutama snowmobile. Tempat yang populer antara lain Von Post, Isfjord Radio, Pyramiden dan Barentsburg.

Harga paket snowmobile: NKR 620–1.750 per orang (Nov-Jan), NKR 680–2.350 per orang (Feb), NKR 680–2.950 per orang (Mar-Mei)

 

  • Green Dog Svalbard (Greendog.no)

 

Merupakan bisnis keluarga yang berlokasi 10 km dari kota Longyearbyen. Spesialisasi mereka adalah dog sledding.

Harga paket dog sledding: NKR 890–1.390 per orang (3-4 jam), NKR 5.900 per orang (2 hari), NKR 10.700 per orang (3 hari)

 

PENGINAPAN

  • Guesthouse102 

Berlokasi di Nybyen, sekitar 2 km dari pusat kota. Tarif kamar: NKR 340–950 (7 Mei–1 Okt), NKR 320–850 (1 Okt–31 Mar), NKR 350–960 (1 Apr–7 Mei). 

 

  • Radisson Blu Polar Hotell

Berada di tengah Kota Longyearbyen. Harga mulai NKR 1.510/malam.

 

 

TEMPAT MAKAN

  • Barentz Pub & Spiseri

Tapas dan pizza di sini enak dan banyak pilihan jenis bir. Buka setiap hari pkl.11.00–02.00. Harga main course mulai NKR 100.

 

  • Huset Restaurant

Interiornya sangat keren, di dindingnya dipajang kulit polar bear yang ditembak tahun 1982. Menu yang disajikan khas Artik. Buka pkl.19.00–22.00 setiap hari. Harga paket 3-5 menu NKR 465–795. Untuk makan di sini dianjurkan reservasi dulu melalui telepon di +47 79025002.

 

 

Semua harga dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Baca juga tentang Lofoten, pulau lain di Norwegia untuk melihat Aurora Borealis di sini 

Teks: Jetty Mardona Foto: Jetty Mardona, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


152

Back to Top