MENYELAM HANYA DENGAN KAOS OBLONG & SENDAL JEPIT DI OSAKA. MAU?

MENYELAM HANYA DENGAN KAOS OBLONG & SENDAL JEPIT DI OSAKA. MAU?

Sunday, 27-03-2016 | 17:00

Teater 4D

 

Apa yang menarik di Osaka? Banyaaak....  Dan dengan kostum kaos oblong dan sendal jepit pun Anda sudah bisa “menyelam” di Osaka. Mau tahu?

 

Cara Ke Sini:

Untuk ke Osaka lebih dekat mendarat di Kansai International Airport (KIX). Tiket pesawat dari Jakartta Rp 5,5-12 juta (kombinasi maskapai) dan rata-rata transit di Singapura, Kuala Lumpur atau Hong Kong. Direct flight seperti Garuda sudah pasti  harganya melambung hingga Rp 14 juta ke atas. Lama penerbangan langsung 6-7 jam.

 

Selepas dari bandara menuju Osaka ada 2 pilihan yaitu bus dan kereta.

  • Bus Airport Limousin dengan tiket 2.050 yen, atau PP 3.900 yen (harus digunakan dalam 14 hari). Lama perjalanan 90 menit. Nggak usah takut ketinggalan karena setiap jam ada bus yang berangkat dari pkl.07.30 dan yang terakhir pkl.21.00.
  • Naik kereta lebih banyak pilihannya:
  1. JR Limited Express Haruka, tiketnya 2.800 yen dengan durasi 50 menit, jadwal keberangkatan setiap 30 menit.
  2. JR Kansai Airport Rapid, tiketnya 1.200 yen dengan durasi 70 menit, jadwal keberangkatan setiap 15 menit.
  3. Nankai Airport Express, tiketnya 900 yen dengan durasi 45 menit, jadwal keberangkatan setiap 30 menit.

Tips Transportasi:

  • Bagi yang nggak suka dengan keribetan pembelian tiket, boleh beli JR Pass (bisa milih untuk 1-3 minggu).  Tiket ini bisa berlaku di seluruh jalur, jadi nggak usah takut salah beli tiket, namun kekurangannya: mahal!  Contohnya untuk JP Pass tipe Ordinary selama 7 hari dibandrol 28.300 yen dan tipe Green 37.800 yen.
  • Makanya harus pastikan dulu itinerary kita, lalu hitung berapa total biaya transportasi, kalau lebih besar baru putuskan beli JR Pass. Atau kalau cuma akan eksplor wilayah tertentu, belilah JR Pass yang hanya untuk wilayah tsb. Tiket JR Pass ini khusus turis dan hanya bisa dibeli di luar Jepang. 

 

Kota Apa Saja yang Dekat dengan Osaka?

Hiroshima (1,5 jam), Okayama (1 jam), Nara (1 jam), Kobe (30 menit), Kyoto (30 menit).

 

Apa Saja yang Bisa Dikunjungi?

Universal Studios Osaka

Apabila memang cukup waktu dan tenaga masih OK, setelah turun pesawat di Kansai (KIX), langsung aja menuju Universal Studio. Nggak usah buat rencana ke tempat lain karena bisa dipastikan butuh 1 hari penuh. Masalah koper dan barang bawaan bagaimana?  Ada 2 cara supaya nggak repot, yaitu:

  1. Hampir di setiap stasiun KA ada loker penitipan barang. Untuk loker yang besar tarifnya 300-600 yen seharian. Juga ada pilihan pakai gembok atau loker brankas yang dimasukkan koin.
  2. Takuhaibin, layanan para turis untuk membawa barang bawaannya ke hotel tujuan. Kalau dari Airport Kansai ke Osaka tarifnya +/-2.000 yen/koper/maksimal 25kg. Emang mahal banget kalo pakai cara ini, tapi koper Anda langsung sampai di hotel deh.

 

Salah satu wahana di USJ

 

Ke USJ Dengan bus :

Jadwal keberangkatan bus dari KIX ada setiap jam dengan biaya 1.500 yen, durasi 1 jam.

Dengan kapal feri:

Transportasi air ini bernama Captain Line dengan tiket 700 yen, durasi 70 menit.

 

Seluruh transportasi ini diatur sedemikian rupa sehingga setelah keluar (turun) tinggal jalan kaki saja sekitar 10 menit sudah sampai di gerbang masuk Universal Studios. Jam buka pkl.09.00–21.00.

 

Dengan kereta:

Kalau dengan kereta kita harus ke pusat kota Osaka dulu, setelah itu baru naik JR Yumesaki Line yang berangkat setiap jam menuju Universal Studios dengan tiket 170 yen dan durasi 15 menit.  Ada beberapa pilihan kereta lainnya, hanya saja kereta jalur ini yang paling murah dan nyaman.

 

Tiket masuk 1-Day Pass:

  • Anak-anak (4-11): 4.980 yen
  • Dewasa: 7.400 yen
  • Lansia (<65): 6.650 yen

 

Kastil Harry Potter

Ada banyak sekali wahana permainan di Universal Studios yang terbagi dalam beberapa mode yaitu Universal Wonderland (lebih banyak permainan untuk anak-anak <12 tahun), Ride Attractions (untuk para pemacu adrenalin) dan Show Attractions (sifatnya lebih ke pertunjukan, baik studio 4 dimensi, karnaval berjalan, juga panggung hiburan.

Tips:

Apabila pergi saat liburan (high season), antrean untuk naik 1 wahana saja bisa sangat panjang, menunggu hingga 1,5 jam. Solusinya, Anda bisa beli Universal Express Pass dengan harga fluktuatif. Silakan cek di https://www.usj.co.jp/e/ticket/ . Anda bisa mengefisiensikan waktu dengan tiket ini.

 

Kaiyukan (Osaka Aquarium)

Jam bukanya pkl.10.00–20.00 dan tiket masuknya 2.300 yen.  Akuarium super raksasa ini adalah yang terbesar di Jepang, dan pasti membuat takjub. Di sini Anda bisa menyentuh anak-anak hiu dan ikan pari. Dan banyak biota laut yang bisa kita lihat di sini, seperti aneka macam ikan, kepiting, ubur-ubur, bahkan penguin pun ada. Ada air terjun dan hutan tropisnya juga lho di lantai paling atas. Dan setelah melewati 2 hal ini sampailah Anda pada pertunjukan puncak yaitu akuarium berukuran raksasa. Nikmatilah sambil berjalan turun mengelilingi tangga berputar yang di tengahnya banyak sekali ikan laut. Kita serasa seperti menyelam di sini, tanpa perlu pakai wetsuit, masker dan peralatan selam lainnya, apalagi sertifikat menyelam. Cukup kaos oblong dan sendal jepit!  

 

Masih banyak destinasi menarik lain di Osaka seperti Osaka Castle yang menjadi ikon Osaka, Namba Area (termasuk Namba Park dan Namba Walk), Umeda Sky Building setinggi 173 m tempat orang memasang gembok cinta, SPA World untuk yang capek keliling Osaka, The Instant Ramen Museum buat para pecinta mie instan, MINO Park buat yang suka dengan alam dan kesunyian --ada air terjunnya juga lho, dan Dotonbori yaitu lokasi belanja dan kuliner.

Teks & Foto: Fransiskus Ipang K

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


953

Back to Top