YANG BERZODIAK CAPRICORN WAJIB KE SINI NIH!

YANG BERZODIAK CAPRICORN WAJIB KE SINI NIH!

Tuesday, 19-07-2016 | 15:53

Jika ingin mencari ketenangan dengan dikelilingi pemandangan padang rumput luas dan teras-teras bebatuan karst datanglah ke Entlebuch. Dikenal sebagai wild west-nya Luzern, Entlebuch adalah cagar biosfer pertama dan satu-satunya di Swiss seperti yang telah ditetapkan UNESCO tahun 2011. Di area lebih dari 400 km2, Entlebuch menjanjikan kedamaian dan relaksasi total. Di sini kita juga bisa bertemu binatang lucu yang menjadi simbol zodiak Capricorn, steinbock –si kambing gunung bertanduk!

 

Teras-teras bebatuan karst, kontur yang disukai steinbock

 

CARA KE SWISS

Dari Jakarta terbang ke Zurich atau Genewa dengan maskapai SWISS International Air Lines (disingkat SWISS), transit hanya sekali di Singapura. Total perjalanan termasuk transit yang paling singkat +/-17 jam. Emirates juga ada rute Jakarta-Zurich, tentu dengan transit di Dubai.

 

CARA KE ENTLEBUCH

-          Tujulah dulu Kota Luzern (cara ke Luzern dari bandara di Zurich atau Genewa bisa dibaca di sini). Lalu dari Luzern naik kereta ke Schupfheim selama 30 menit; kemudian sambung bus ke Sorenberg (ini sudah masuk kawasan Entlebuch).

-          Atau ke Interlaken dulu (cara ke Interlaken dari bandara di Zurich atau Genewa bisa dibaca di sini). Lalu dari Stasiun Interlaken Ost naik kereta turun di Stasiun Brienz selama 20 menit.

 

MATA UANG

Swiss Franc (CHF). CHF 1= +/-Rp 13.700.

 

ADA APA SAJA DI ENTLEBUCH?

BRIENZER ROTHORN

Namanya memang masih asing di telinga kita. Tapi kalau sudah tahu, niscaya tempat yang satu ini bakal berada di daftar teratas obyek wisata yang harus dikunjungi kalau ke Swiss. Berada di ketinggian 2.350 m, puncak Brienzer Rothorn memungkinkan kita melihat panorama Kota Entlebuch. Bukan cuma itu, ada banyak alasan puncak tertinggi di kanton Luzern ini wajib dikunjungi ketika di Swiss:

  • Seperti melihat pisau bergerigi, dari puncak Brienzer Rothorn kita bisa melihat 690 puncak dari deretan pegunungan salju (termasuk, Titlis, Jungfrau, Eiger dan Monch). Plus, hamparan hijau toska dari Danau Brienz!

 

Pemandangan dari puncak Brienzer Rothorn

 

  • Bisa jadi sarana relaksasi karena lebih tenang dan nggak seramai di Titlis atau Jungfraujoch serta lebih murah juga biaya yang dikeluarkan untuk ke sini.
  • Untuk sampai puncaknya, kita nggak perlu susah-payah mendaki karena sudah tersedia gondola sama seperti di Titlis dan Jungfraujoch. Tapi setelah turun dari gondola kita harus jalan kaki sedikit sekitar 20 menit di jalur yang gampang banget. Nah saat naik gondola tengok-tengoklah ke bawah, ke teras-teras pegunungan karst. Di sana kalau beruntung kita akan melihat steinbock, kambing gagah yang merupakan lambang zodiak Capricorn.

 

Steinbock

 

  • Kawasan puncaknya berupa alam terbuka, bukan kompleks gedung bertingkat.
  • Di area puncak ada tonggak yang merupakan tanda perbatasan 3 kanton yaitu Bern, Oberwald, dan Luzern.
  • Ada yang harus banget dicoba sehabis turun dari puncak: Entlebucher Coffee, kopi khas yang rasanya mirip bir!

 

Entlebucher Coffee, kopi rasa bir

 

Cara Ke Sini:

  • Dari stasiun Brienz naik kereta uap ke Rothorn. Durasinya 1 jam. Harga tiket CHF 54 (sekali jalan), dan CHF 84 (PP). Dari Brienz, kereta paling awal berangkat pukul 07.30 dan terakhir pukul 16.36.
  • Dari Sorenberg naik gondola dengan harga CHF 22 (sekali jalan) atau CHF 34 (PP).

 

KNEIPP PATH FLUHLI

Selain santai-santai dan bersahabat dengan alam, kita bisa mengikuti terapi sehat di kawasan Kneipp Facility. Di sini kita bisa mencoba rangkaian terapi yang telah disediakan. Pertama-tama berjalan telanjang kaki dengan mengangkat kaki satu per satu seperti bangau di kolam bersuhu 5 derajat Celcius. Dingin sih, tapi bisa membantu melancarkan peredaran darah. Kemudian lanjut dengan merendam tangan sambil diputar-putar di sebuah bak air yang juga bersuhu 5 derajat Celcius. Yang terakhir, berjalan di atas jalur berbatuan, kerikil, potongan kayu, dll dengan bertelanjang kaki. Serasa seperti direfleksi!

 

Cara Ke Sini: Dari Sorenberg naik bus No.241

Tiket masuk: CHF 5 (dewasa), CHF 3 (anak-anak)

 

Kolam bersuhu 5 derajat Celcius

 

Selain ke 2 tempat di atas, ada aktivitas lain yang bisa kita lakukan di Entlebuch, seperti:

  • Tinggal di salah satu rumah penduduk sambil mengikuti aktivitas yang dilakukan warga sekitar yaitu memotong rumput dan menggulungnya untuk dijadikan makanan ternak.
  • Belanja bahan-bahan organik di toko di desa sekitar. Barang-barang yang dijual di toko berhak ditempeli label Echt Entlebuch bila 80%-nya mengandung produk asli dari sana. Ada beberapa produk yang terkenal seperti anggur, teh, keju, daging, dan minuman dari stroberi.
  • Berkeliling kota sambil menikmati keindahan alam, salah satunya Naked Mountain yaitu sebuah pegunungan yang tanahnya tidak mengandung humus, jadi tidak ada tanaman yang tumbuh. Itulah mengapa disebut “naked” karena terlihat seperti “tidak berpakaian”.
  • Paralayang, dengan biaya +/-CHF 150 di Marbachegg. Setelah paralayang kita bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan spektakuler di bawahnya. Atau kalau musim dingin, kita bisa main ski dan toboggan.

 

Suasana asri Entlebuch

 

REKOMENDASI PENGINAPAN

Cobalah menginap di B&B Rothus. Suasananya serasa di rumah sendiri dan asri sekali. Penginapan ini cuma punya 3 double rooms. Harganya mulai CHF 100 per malam.

 

Suasana homey di B&B Rothus

 

Tempat sarapan di B&B Rothus

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


862

Back to Top