WAIHEKE ISLAND, HANYA 40 MENIT DARI AUCKLAND. KE SINI DEH!

WAIHEKE ISLAND, HANYA 40 MENIT DARI AUCKLAND. KE SINI DEH!

Friday, 14-06-2019 | 08:03

 

Jika Trippers berkesempatan jalan-jalan ke Auckland di New Zealand, cobalah luangkan waktu menyeberang dan menginap minimal satu malam di Waiheke Island yang merupakan bagian dari Hauraki Gulf & Islands yang berada di sekitar Auckland. Pulau-pulau lainnya seperti Great Barrier Island, Rangitoto and Motutapu, Tiritiri Matangi Island, Kawau Island, Rotoroa Island juga menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara untuk one day trip dari Auckland dan menjadi tempat liburan favorit penduduk Auckland selama musim semi dan musim panas. Waiheke Island paling dekat dari Auckland, dengan kapal feri hanya 40 menit.

 

Di Waiheke kita nggak cuma bisa leyeh-leyeh di pantai-pantainya dan berolah raga air, tapi juga bisa icip-icip wine karena pulau ini juga terkenal akan wine-nya. Jadi nggak heran berbagai local vineyard menyajikan tour dan tasting session. Siapa kira kalau di pulau ini juga ada kebun zaitun yang menghasilkan salah satu minyak zaitun terbaik di dunia. Untuk mereka yang suka hiking dan flying fox, pulau ini memiliki hutan tropis yang menarik dijelajahi.

 

CARA KE WAIHEKE

- Naik kapal feri dari Downtown atau Devonport, Auckland.

- Selain dari Auckland, ada beberapa kapal feri yang berlayar dari Half Moon Bay, Wynyard Quarter dan Pine Harbor.

 

Cara ke Auckland baca di sini.

 

CARA KELILING WAIHEKE

- Naik bus yang masih tercakup dalam AT HOP Card atau pilih All Day Bus Pass yang bisa dibeli di konter tiket di pelabuhan.

- Sewa sepeda.

- Sewa mobil.

- Sewa scooter

- Ikut Vineyard Hopper, semacam Hop On Hop Off yang berhenti di berbagai kebun anggur terkenal di Waiheke.

- Ikut open tour yang sudah termasuk transport PP Auckland–Waiheke yang ditawarkan Fullers.

- Jika pergi sekeluarga pilih aja private tour bertemakan Fine Arts, Food and Wine, seperti dengan Ananda Tours (www.ananda.co.nz).  

Tips: Untuk yang bepergian dengan koper dan berniat sewa sepeda atau jalan kaki keliling pulau, bisa naik taksi, seperti Executive Taxi untuk mengantar ke penginapan dari pelabuhan.

 

Baca juga: "Mencicipi Auckland dari Museum Sampai Menara"

 

FULLERS FERRY & TOUR

Wine tour

 

Selain menyediakan layanan kapal feri, Fullers juga menawarkan ticket pass yang sudah termasuk beberapa day tour dan atraksi turistik di Waiheke sehingga harganya lebih ekonomis. Ada Waiheke Explorer Tour, Taste of Waiheke, Wine on Waiheke, Zip-Wine-Dine, Zip & Ferry.

 

PANTAI ONEROA, PALM DAN ONETANGI

Palm Beach

 

Ketiga pantai berpasir putih ini menjadi tujuan utama para pelancong yang ke Waiheke. Baik Oneroa, Palm dan Onetangi, semuanya memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk bermain Stand Up Paddle boarding (SUP boarding), kayak atau sekadar berenang.

 

Paddle boarding di Oneroa Beach

 

Untuk yang baru mencoba SUP boarding, terdapat penyewaan papan dan dayung beserta instrukturnya seperti Waiheke Board Riders. MyTrip mencoba SUP boarding ini dan ternyata nggak terlalu sulit menjaga keseimbangan dan mengatur arah karena ombak yang tenang. Jadi bisa juga dicoba oleh anak-anak. Namun terkadang angin menjadi kendala!

 

Penyewaan alat-alat olah raga air di pantai-pantai di Waiheke buka sepanjang musim. Uniknya mereka juga memiliki SUP Boarding Winter Tour mengelilingi teluk-teluk di sepanjang pulau. Nggak ada biaya untuk masuk ke pantai ini, tetapi harap jaga kebersihan ya!

 

ECOZIP ADVENTURES

Menikmati keindahan alam Waiheke memang paling seru sambil melakukan outbound activities, seperti flying fox. Terdapat tiga track flying fox yang memungkinkan kita melihat pemandangan 360° di sekeliling pulau. Setelah itu, kita akan diajak menyusuri hutan tropis sambil dijelaskan flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Banyak Pohon Silver Fern, Totara dan Manuka. Kegiatan ini cocok sekali dilakukan bersama anak-anak. Karena kegiatan ini sangat populer, ada baiknya buking dulu.  Cek di www.ecozipadventures.co.nz

 

Mencoba flying fox

 

WINE TASTING DAN VINEYARDS

Buat yang suka minum wine, MyTrip rekomendasikan Stonyridge dan Mudbrick. Kedua vineyard sekaligus restoran ini berada di atas perbukitan sehingga kita bisa melihat hamparan pemandangan alam Waiheke dari segala sisi. Kita bisa berkeliling kebun anggur, mencicipi 3 jenis anggur dan makan siang ala Spanyol dengan berbagai jenis ham atau smoked beef, seafood, avocado sauce, hummus, kacang-kacangan dan manisan.

 

Makan siang ala Spanyol di Stonyridge

 

Karena lokasinya yang indah, Mudbrick Restaurant juga sering digunakan untuk resepsi pernikahan. Pasangan pengantin biasanya datang menggunakan helikopter.

Jam buka: Stonyridge (setiap hari, pkl.11.30–17.00) dan Mudbrick (setiap hari, pkl.10.00–21.00)

 

OLIVE TASTING DI RANGIHOUA ESTATE

Untuk mencicipi berbagai produk di Rangihoua Estate gratis. Sedangkan tur di kebun dan pabrik biasanya sudah termasuk dalam paket private tour yang disediakan beberapa perusahaan tur di Waiheke. Kita juga bisa buking tur ini melalui contact us form di website mereka.

 

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) dari Rangihoua Estate selalu masuk ke dalam 20 minyak zaitun terbaik di dunia. Ada tiga varian yang bisa kita cicipi dengan potongan roti, yaitu Waiheke Blend (Gold), Frantoio Blend (Gold) dan Picual (Gold). Rasa minyaknya benar-benar alami, sedikit grassy, spicy dan nutty. Di sini juga dijual berbagai produk kecantikan berbahan dasar minyak zaitun, olesan untuk roti (semacam selai yang dibuat dari berbagai tumbuhan herbal seperti basil, mint, parsley dll), dan Madu Manuka.    

 

Beragam olive oil

 

Jam buka: Senin–Sabtu, pkl.11.00–14.00

Website: www.rangihoua.co.nz

 

FYI:

- Oleh-oleh khas Waiheke selain wine adalah Madu Manuka (dari lebah yang mengisap sari dari bunga Pohon Manuka yang banyak tumbuh di pulau ini). Harganya mulai NZD 40 untuk toples ukuran 200 ml.

- Cuaca di Waiheke terkadang bisa jauh berbeda dengan Auckland. Nggak terlalu berangin dan lebih hangat, serta mendapat sinar matahari lebih lama.

- Lucunya, orang-orang yang tinggal di Waiheke banyak yang sudah pernah ke Bali dan Lombok bahkan berkali-kali. Jadi mereka akan antusias begitu tahu kita dari Indonesia.

 

PENGINAPAN & HANG OUT PLACES

Oceanview Road merupakan pusat keramaian di Waiheke karena langsung berhadapan dengan Oneroa Beach. Di sepanjang jalan ini ada berbagai restoran, kafe, gelateria, galeri, toko pakaian dan suvenir.

 

MyTrip merekomen salah satu penginapan unik karena hanya ada 3 kamar dengan desain interior bertema pantai yang minimalis, yaitu Oyster Inn. Cocok sekali untuk yang sedang berbulan madu. Penginapan ini juga punya restoran yang menyajikan sarapan khusus untuk para tamu, sedangkan untuk makan siang dan malam bebas untuk umum. Mereka juga memiliki toko perlengkapan pantai dengan desain eksklusif.

 

Sarapan di Oyster Inn

 

Untuk backpacker budget, ada juga Hekerua Lodge yang menawarkan dorm room mulai NZD 31. Sedangkan untuk vila keluarga, namun agak jauh dari pantai, harganya mulai NZD 130/malam untuk satu keluarga, selama low season. Vila dilengkapi dapur sehingga bisa memasak untuk mengirit bujet.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Dok. MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


186

Back to Top