SERUNYA MENGUJI ADRENALIN DI QUEENSTOWN NEW ZEALAND

SERUNYA MENGUJI ADRENALIN DI QUEENSTOWN NEW ZEALAND

Sunday, 12-05-2019 | 21:30

Luge track dengan background Lake Wakatipu

 

Penggila outdoor activities dan adrenaline junkies pasti jatuh cinta dengan Queenstown di South Island New Zealand. Karena banyak permainan menantang seperti bridge bungy jumping dan shotover jet ditawarkan di sini. Pemandangan alamnya juga mencengangkan mata karena lokasinya yang berada di sekitar Lake Wakatipu, danau terbesar ketiga di New Zealand. Di danau ini kita bisa mencoba berbagai olah raga air, seperti SUP boarding, kayak, jet ski dan jet boating.

 

CARA KE QUEENSTOWN

- Naik Air New Zealand atau Jetstar dari beberapa kota lain di New Zealand yakni Auckland, Wellington atau Christchurch.

- Dari beberapa kota di Australia seperti Adelaide, Perth, Melbourne dengan Air New Zealand dan Jetstar.

- Menyetir dari Lake Tekapo +/-3 jam.

- Naik Intercity Bus dari Lake Tekapo +/-4 jam.

 

Cara ke New Zealand dari Jakarta baca di sini.

 

CARA KELILING QUEENSTOWN

- Beli 1 Day Travel Pass untuk Hop On Hop Off Connectabus. Tiket ini bisa dibeli langsung dari supir bus.

- Sewa mobil, mulai NZD 60-an per hari.

- Ikut Million Dollar Cruise selama 90 menit.

- Sewa sepeda.

- Untuk yang suka hiking dan walking tour, bisa ikut tur. Kunjungi situs www.infotrack.co.nz untuk info lebih lanjut.

 

Baca juga: "5 Alasan Pelesir ke New Zealand Tahun 2019"

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

LAKE WAKATIPU

 

Lake Wakatipu yang berbentuk seperti huruf S memiliki backdrop yaitu The Remarkables yang merupakan barisan pegunungan dan ski resort di daerah Otago yang berada di bagian selatan New Zealand. Di tengah danau terdapat Hidden Island. Dan pemandangan yang paling terkenal adalah Double Cone, yaitu Cecile Peak dan Walter Peak yang juga ditutupi salju. 

 

SKYLINE GONDOLA & RESTAURANT

Skyline Gondola

 

Gondola di Queenstown sangat diminati terutama oleh para pecinta sepeda gunung yang mengangkut sepedanya menuju Bob’s Peak dengan gondola lalu turun gunung dengan sepedanya. Bob’s Peak juga memiliki berbagai atraksi turistik lainnya yang menarik, seperti Luge Rides (semacam gokart dengan setir seperti sepeda tapi nggak perlu digenjot karena track-nya menurun). Permainan balapan ini sangat disukai anak-anak. Selain itu, kita juga bisa mencoba flying fox di Ziptrek (www.ziptrek.co.nz) yang memiliki 4 lines dan bisa pilih untuk ‘terbang’ siang atau malam.

 

Lintasan Luge Rides

 

Kalau lapar, kita bisa makan di Stratosfare Restaurant dengan menu buffet all you can eat sambil memandang keindahan danau, pegunungan dan Kota Queenstown. Kalau mau sekadar minum kopi dan bir, bisa pilih Skyline Café.

 

Atraksi pertunjukan budaya Suku M?ori bisa kita nikmati di Kiwi Haka. Selain itu ada juga Skyline Stargazing Tour untuk mengamati bintang di Bob’s Peak.

Jam buka: Setiap hari, pkl.09.00-23.00

 

NOMAD SAFARIS 4WD

Skippers Canyon

 

Cara paling tepat untuk mengeksplor liarnya alam Queenstown adalah dengan naik 4WD bersama Nomad Safaris dengan guide mereka yang seru dan informatif. Cobalah ambil paket Essential Queenstown yang sudah termasuk Shotover Jet. Kita akan dibawa ke Arrowtown, melihat pemukiman penambang Cina di Macetown, merasakan off road track dan gold panning di Arrow River, melihat karang Elephant Upside Down di Skippers Canyon yang terjal dan sempit, menuju ke view point di Glenorchy dan Wakatipu Basin yang menjadi tempat syuting LoTR sampai akhirnya naik Shotover Jet. Tur ini juga sudah temasuk penjemputan dan drop off di penginapan kita lho

Jam buka: Setiap hari, pkl.07.00-21.00

Website: http://nomadsafaris.co.nz

 

SHOTOVER JET

Wahana adrenalin ini mesti kita coba! Warga lokal aja nggak pernah bosan. Sebelum naik kita akan diberi semacam penutup muka, jubah anti air dan jaket pelampung. Di atas jet boat dengan kapasitas maksimal 15 orang ini kita hanya bisa berpegangan, nggak ada seat belt. Boat akan menyusuri Sungai Shotover yang dangkal dan dikelilingi tebing curam berbatu selama 45 menit.

 

Shotover Jet

 

Pengemudinya sudah dilatih selama 3 tahun sehingga jago banget bikin kita ketar-ketir di atas jet boat yang dilarikan dengan kecepatan rata-rata 200 km/jam dengan jarak tinggal beberapa senti dari tebing di kanan dan kiri sungai. Paling asyik kalau driver sudah memberikan isyarat memutar tangan yang artinya kita harus bersiap melakukan putaran 360°. Kalau mau lebih seru duduklah di sebelah supir yang hanya cukup untuk 2 penumpang. Oh ya, kita juga bisa membeli foto dan videonya. Atau jika punya outdoor camera, kita bisa menyewa helm untuk dokumentasi pribadi.

Jam buka: Setiap hari, pkl.08.00-18.00

 

AJ HACKETT BUNGY JUMPING

Bungy jumping di Kawarau Bridge

 

Terinsipirasi dari olah raga ekstrim di Oxford, Inggris, AJ Hacket mengajak rekannya Henry van Asch yang memang mencintai olah raga ekstrim untuk menciptakan atraksi turistik bungy jumping dari atas Jembatan Kawarau. Dalam perencanaannya, mereka mengajak para peneliti dari Auckland University untuk menciptakan tali bungy dan mengembangkan olah raga ini. Sebelum lompat dari Jembatan Kawarau, AJ mencoba melakukan bungy jumping pertama di Menara Eiffel, dan berhasil!

 

Dan olah raga ini akhirnya terus berkembang dari lompat di pinggir tebing sampai adanya swing bungy. Jadi kalau ke Queenstown, tinggal pilih mau lompat dari mana dan mau bungy biasa atau swing. Mereka juga menyediakan kamera dari berbagai sisi untuk mendokumentasikannya.

Jam buka: Setiap hari, pkl.08.00-20.00

Website: www.bungy.co.nz

 

WINE TRAIL

Industri wine di Queenstown nggak terlalu besar, tapi orang lokal sangat bangga dengan wine mereka. Mereka memiliki keistimewaan di jenis pinot noir. Dalam tur ini kita akan dijemput dengan minibus, melewati Kawarau Gorge yang indah dan jembatan bungy-nya sampai ke Gibbston Valley. Dalam perjalanan kita akan diminta memilih menu untuk makan siang.

 

Di Gibbston Valley kita ke kebun anggur, diajak ke gua tempat penyimpanan anggur dan merasakan empat macam wine. Kita juga akan diajak ke toko dan pabrik keju. Namun kita hanya akan menonton video tentang pembuatan kejunya saja. Kemudian kita akan diberikan tasting sample dari 5 macam keju dengan rasa standar sampai yang sangat kuat, termasuk keju mereka yang paling spesial seperti Maasdam, Wakatipu White dan Balfour.

 

Wine tasting

 

Lanjut makan siang di restoran mereka. Diberikan waktu untuk beli oleh-oleh dan menuju ke kebun anggur lainnya, yaitu Central Otago untuk satu sesi wine tour sebelum diantar kembali ke penginapan masing-masing.  

Jam buka: Setiap hari berangkat pkl.12.30

 

FOOD, SHOPPING & HANGOUT PLACES

Shotover Street merupakan salah satu pusat keramaian di Queenstown. Di sini kita bisa belanja di berbagai toko baju lokal dan alat olah raga. Jalan ini juga penuh anak muda dan turis yang ingin merasakan lezatnya Fergburger yang menyediakan berbagai macam burger seperti Sweet Lamby (burger dengan steak domba dan saus plum), The Bullseye (burger dengan 200 gr ribeye steak) dan The Codfather (burger ikan kod dengan saus tartar). Burger-nya dua kali lebih besar dari burger yang dijual di fast food franchise pada umumnya. Makanya burger disajikan dengan dibelah dua. Kalau mau dessert, tinggal ke sebelah yaitu Mrs Ferg Gelateria yang menjual berbagai rasa gelato dan pastry yang enak banget!

 

Baca juga: "10 Hal yang Harus Dilakukan di Queenstown"

 

Untuk pilihan fine dining, bisa coba Rata Dining di Ballarat Street yang merupakan restoran pertama Josh Emett di New Zealand. Ini salah satu restoran fine dining terbaik di New Zealand. Dekorasi restoran ini juga sangat khas alam New Zealand.

 

Untuk yang mengoleksi merchandise LoTR, Hobbit, Twilight dan Star Wars, di Beach Street ada Toko Reel Collectibles yang menjual berbagai suvenir limited edition dari film-film ini dan beberapa film blockbuster lainnya. Nggak jauh dari Beach Street, ada Below Zero Ice Bar yang unik karena semua interior bar terbuat dari es, termasuk shot glass. Sebelum masuk, kita akan dipinjamkan jaket tebal.

 

PENGINAPAN DI QUEENSTOWN

Di Beach Street terdapat budget accommodation dengan pemandangan Lake Wakatipu, yaitu Absoloot Value Accommodation yang menawarkan harga dorm room mulai NZD 30-an/orang/malam sudah termasuk Wi-Fi. Nggak jauh dari Shotover Street, ada Sir Cedrics Bungi Accmmodation dan Sir Cedrics Southern Laughter Accommodation dengan harga mulai NZD 30-an/malam/orang sudah termasuk Wi-Fi, sup dan bubble pool.

 

Bangunan Sherwood

 

Kalau pergi sekeluarga dan ingin suasana yang jauh dari hiruk-pikuk kota, menginaplah di Sherwood yang memiliki konsep pondok kayu minimalis. Di setiap kamar terdapat dua tempat tidur besar, kamar mandi dan dapur yang lengkap. Dan paling penting, kita akan langsung memandang Danau Wakatipu.

 

Kamar di Sherwood

 

Baca lebih lengkap tentang Queenstown dan New Zealand di Majalah MyTrip vol 25/Des 2015-Jan 2016. Untuk pembelian edisi tersebut hubungi WhatsApp 0811821006. 

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


621

Back to Top