BINGUNG MAU FOTO PREWED DI MANA? MUNGKIN BRUGES DI BELGIA BISA JADI PILIHAN

BINGUNG MAU FOTO PREWED DI MANA? MUNGKIN BRUGES DI BELGIA BISA JADI PILIHAN

Saturday, 23-02-2019 | 21:58

Grote Markt

 

Siapa pun pasti akan terpesona dengan kecantikan Kota Bruges di Belgia yang memiliki banyak sudut Instagenic! Nggak salah jika banyak yang datang ke sini nggak hanya untuk berlibur, tetapi juga untuk pre-wedding photo session atau honeymoon karena suasana romantis begitu terasa. Tidak salah juga UNESCO menobatkan seluruh pusat kota sebagai Situs Warisan Dunia.

 

Cara ke Bruges baca di sini.

 

BRUGES CITY CARD & CARA BERKELILING BRUGES

Salah satu kanal yang dilalui boat trip

 

Belilah Bruges City Card yang bisa menghemat kunjungan kita ke lebih dari 27 museum dan tempat wisata di Bruges. Selain itu, kita juga bisa naik transportasi umum selama masa berlaku kartu dan mendapatkan boat trip satu kali. Keindahan Bruges yang dilihat dari kanalnya memang tidak diragukan. Nggak heran satu perahu hampir selalu penuh hingga maksimal 20 turis.

 

Bus dan tram di Bruges disediakan oleh De Lijn dengan harga yang sama seperti di Ghent. Namun berkeliling Bruges sangat mudah dan bisa dengan berjalan kaki. Ada beberapa free walking tour yang tersedia seperti Can You Handle It Tours (http://cyhitours.com) dan Legends of Bruges (http://legendsofbruges.be). Selain itu, ada juga Quasimundo bike tours (www.quasimundo.com) dan Segway Brugge (www.segwaybrugge.be).

 

HIGHLIGHT BRUGES

Grote Markt

 

Cobalah mulai berkeliling dari Grote Markt (Market Square) di mana terdapat Belfry of Bruges, Waterhalle (Water House) yang sekarang menjadi Historium Museum di sekitar balai kota. Di tengah balai kota kita bisa melewati jalan kecil menuju Chocolate Street yang berisi puluhan toko cokelat. Kita akan melewati kanal di mana kita bisa ikut boat tour, berjalan menuju Church of Our Lady, Princely Béguinage Ten Wijngaerde hingga Minnewaterpark Lake.

 

Berkunjung ke beguinage di Bruges terasa berkesan karena banyaknya Almshouses, yaitu rumah yang diperuntukkan khusus bagi para wanita yang kesulitan keuangan atau menginginkan suasana tenang. Princely Béguinage Ten Wijngaerde masih memiliki Monastery De Wijngaard yang aktif sehingga kita bisa melihat biarawati berusia di atas 70 tahun yang berlalu-lalang. Beguinage ini terbuka untuk para wanita yang ingin tinggal selama beberapa bulan mengurangi rasa stres.

 

MINNEWATER LAKE ATAU LAKE OF LOVE

 

Ada beberapa kisah mengapa tempat ini juga disebut Lake of Love --salah satunya mengenai gadis bernama Minna dengan cinta terlarangnya pada Prajurit Stromberg. Minna kabur ke dalam hutan dan kemudian ditemukan dalam keadaan sekarat dan akhirnya mati dalam pelukan Stromberg. Maka Stromberg membangun tempat tersebut dan sebuah jembatan yang dipercaya jika kita berjalan dengan orang yang kita cintai, maka cinta kita akan abadi.  Di sini kita juga bisa menemukan banyak angsa yang membuat suasana lebih romantis.

 

CHURCH OF OUR LADY

 

Cathedral of Bruges dihancurkan pada abad ke-18 saat Bruges di bawah kekuasaan Prancis yang menentang keuskupan pada masa itu. Lokasinya di seberang balai kota dan sekarang menjadi taman. Barulah di awal abad ke-19, setelah kemerdekaan Belgia, Sint Salvator Church dipilih sebagai katedral di Bruges.

 

Di Church of Our Lady terdapat Madonna of Bruges yang merupakan patung asli buatan Michael Angelo yang berupa Bunda Maria yang sedang menggendong Yesus.

 

HISTORIUM BRUGES

Museum sejarah kota yang satu ini membuat siapa pun akan jatuh cinta kepada sejarah Kota Bruges yang indah melalui film berlatar cerita cinta yang mengantarkan kita dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk menguak misteri dari lukisan “Virgin and Child with Canon van der Paele” karya Jan Van Eyck. Melalui beberapa ruangan, kita bisa merasakan, mencium dan melihat bagaimana keadaan Bruges di Abad Pertengahan, terutama saat kanal-kanal masih menjadi jalur perdagangan.

 

Salah satu ruangan yang memadukan sinematografi dan pameran

 

Di ruangan terakhir kita akan diajak untuk mengasah otak dengan menjawab kuis dengan pertanyaan tentang sejarah Bruges yang tidak hanya disukai pengunjung dewasa, tetapi juga anak-anak. Dan jangan lupa mengambil foto keindahan Grote Markt dari salah satu balkon.

 

Setelah itu cobalah VR (Virtual Reality) Experience di mana kita akan memakai alat yang mempertontonkan 3D animation dengan sensasi seperti berada di dalam film tersebut.

Tiket masuk: EUR 13,50

Jam buka: 10.00-18.00 (setiap hari)

 

BELFRY OF BRUGES

 

Pengunjung hanya dibatasi sebanyak 20 orang sekali waktu karena alasan keselamatan dan menara yang cukup sempit. Di lantai pertama kita akan melihat koleksi bel dan evolusi dari bagian atas belfry. Di lantai kedua terdapat mesin pemutar musik yang memainkan lagu setiap 15 menit. Dan dari puncaknya kita bisa melihat panorama seluruh penjuru Kota Bruges. 

Tiket masuk: EUR 12

Jam buka: 09.30-18.00 (setiap hari)

 

FRIETMUSEUM

 

Di Museum Kentang Goreng ini kita bisa mencari tahu dari mana asal kentang goreng ala Belgia, mengapa dinamakan “frites”. Awalnya frites sengaja dipotong agak besar dan memanjang supaya rasanya mirip filet ikan goreng karena pada musim dingin warga yang tinggal di pinggir Sungai Mosane yang beku di Belgia tidak mendapatkan ikan sehingga menggantinya dengan kentang. Akhirnya, cara membuat kentang ini menyebar ke seluruh negeri.

 

Pada Perang Dunia I serdadu Amerika yang bertugas ke Belgia mencobanya dan mengira kentang goreng tersebut dari Prancis karena warga Belgia juga berbahasa Prancis. Mereka membawanya ke negeri Paman Sam dan menyebutnya french fries.

Tiket masuk: EUR 7

Jam buka: 10.00-17.00 (setiap hari)

 

LACE CENTER (KANTCENTRUM)

Merenda menggunakan bobbins merupakan tradisi yang dipertahankan di Bruges. Dulu kerajinan ini banyak dikerjakan para wanita dan anak yatim piatu untuk menghasilkan uang. Selain menjadi museum renda, tempat ini juga membuka kursus untuk orang dewasa dan anak-anak yang datang dari Amerika, Kanada bahkan Asia. MyTrip bertemu peserta pria dan seorang nenek berusia lebih dari 80 tahun. Hasil karya para murid juga dijual di tempat ini.

 

Nenek 80 tahunan jadi murid di Lace Center

 

Tiket masuk: EUR 6

Jam buka: 09.30-17.00 (Senin-Sabtu)

 

GROENINGE MUSEUM

Lukisan “Virgin and Child with Canon van der Paele

 

Sebagai salah satu museum fine arts terbaik di Bruges, museum ini mesti dikunjungi. Apalagi jika kita ingin melihat salah satu lukisan Flemish yang paling terkenal di seluruh dunia, “Virgin and Child with Canon van der Paele” karya Jan Van Eyck. Lukisan ini terkenal karena ilusionisme dan simbolisme yang kompleks yang dianggap sebagai lukisan Renaissance terbaik di zamannya. Lukisan ini dipesan oleh Joris Van der Paele, seorang dermawan kaya yang ada di dalam lukisan tersebut.

Tiket masuk: EUR 12

Jam buka: 09.30–17.00 (Selasa-Minggu)

 

HALVE MAAN BREWERY

 

Pada 2017 Halve Maan Brewery mungkin satu-satunya pabrik bir yang memiliki pipa yang mengalirkan birnya melalui bawah tanah pusat kota Bruges hingga ke daerah pinggiran di mana mereka melakukan pengepakan. Keunikan lainnya adalah bentuk pabrik yang bertingkat, sehingga sepanjang tur kita akan diajak naik ke setiap tingkat untuk melihat setiap proses pembuatan bir, termasuk ke rooftop tempat kita bisa melihat keindahan Kota Bruges. Brewery ini memiliki dua jenis bir, yaitu Halve Maan yang merupakan merek untuk dark beer dan Brugse Zot untuk larger beer yang bisa kita pilih dan coba pada akhir tur. Jika lapar, pabrik bir ini juga memiliki restoran yang menghidangkan menu khas Flemish, yaitu Flemish Beefstew yang dibuat dari dark beer Halve Maan yang rasanya mirip seperti semur.

Tiket masuk: EUR 12

Jam buka: 11.00–16.00 (Minggu-Jumat)

             11.00–17.00 (Sabtu)

 

 

MENIKMATI BRUGES DI MALAM HARI

Suasana yang tenang di Bruges membuat diskotek dan night club di sini tidak terlalu hidup. Tapi terdapat cukup banyak bar dan lounge untuk menikmati bir, terutama di sepanjang Kuipersstraat dan Zilverstraat, sekitar 5-10 menit dari Grote Markt. Kita bisa bersantai di De Garre Bar yang menyediakan bir De Garre yang sangat kuat dengan suasana Abad Pertengahan yang cozy atau Brugs Beertje yang menyediakan lebih dari 300 bir. Tapi kalau mau melihat live DJ’s performance, De Coulissen bisa menjadi pilihan.

 

PENGINAPAN DI BRUGES

Hotel *4 sangat mudah ditemukan di sekitar Historical Centre, seperti Grand Hotel Casselbergh dan Crowne Plaza yang berada di bangunan tua. Untuk menginap di sini kita harus merogoh kocek mulai EUR 150/kamar, belum termasuk sarapan. Tentunya harga ini sepadan bagi yang sedang merayakan anniversary atau honeymoon.

 

Grand Hotel Casselbergh

 

Namun untuk yang berbujet lebih rendah, ada beberapa hostel yang menawarkan private room mulai EUR 45 di sekitar Historical Center, seperti Snuffel Hostel dan Charlie Rockets Youth Hostel, sudah termasuk sarapan. Sedangkan untuk solo traveler cukup membayar EUR 18/ranjang/ malam, sudah termasuk sarapan.

 

TEMPAT MAKAN & BELANJA DI BRUGES

Zand Square yang terletak dekat Sint Salvator Cathedral memiliki berbagai pilihan kafe dan restoran dengan suasana santai. Salah satunya Nomad yang menyediakan burger dengan salad dan frites seharga EUR 18 yang menjadi salah satu rekomendasi MyTrip.

 

Saat jalan ke sana kita akan melewati Zuidzandstraat yang merupakan salah satu jalanan favorit shopaholic, yang menyambung dengan Steenstraat dan Zilverstraat jika kita masih merasa belum cukup belanjanya. Tidak jauh dari situ, juga terdapat banyak tempat makan di sekitar Oude Burg, atau paling banyak di sekitar Grote Markt tentunya. Friterie yang menyediakan burger atau kebab dengan frites yang melimpah bisa dinikmati hanya dengan EUR 7,50.

 

Tips: Di Wollestraat terdapat 2 Be Shop yang menjual cokelat, pernak-pernik Tintin dan tokoh kartun Belgia lainnya, lebih dari 400 merek bir dari seluruh Belgia, T-shirt, goodie bag dan banyak lagi.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Shutterstock, Visit Brussels, Visit Flanders

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


522

Back to Top