MENCICIPI 3 JENIS BIR HINGGA BERFOTO DENGAN 2 PRIA MABUK DI ANTWERP

MENCICIPI 3 JENIS BIR HINGGA BERFOTO DENGAN 2 PRIA MABUK DI ANTWERP

Thursday, 21-02-2019 | 18:20

Steen Castle dan Patung Lange Wapper dengan 2 pria mabuk

 

Selain dikenal dengan Antwerp Central Station yang berlantai empat dan sangat wah, salah satu kota pariwisata utama di Belgia ini pantas mendapatkan acungan jempol atas beberapa museumnya yang atraktif dan interaktif dengan konsep “5 senses” yang membuat kita bisa melihat, mendengar, meraba, mencium dan mencicip. Nah kalau masuk ke museum-museum di Antwerp, kita akan menemukan banyak lukisan karya Peter Paul Rubens, pelukis Barok Flemish yang sangat dihargai di sini. Ada objek wisata apa lagi yang menarik di Antwerp? Yuk ikuti ulasannya.

 

STEEN CASTLE

Di pinggir Sungai Scheldt kita bisa berfoto di sebelah Steen Castle yang dulunya benteng pertahanan. Di pintu masuk kastil ini terdapat Patung Raksasa Lange Wapper dengan dua orang pria mabuk memegang genevieve (gin). Konon, para pria zaman dahulu suka menjadikan Lange Wapper sebagai alasan tidak pulang ke rumah. Para pria yang sebenarnya mabuk ini berdalih tersesat karena ketakutan saat bertemu Lange Wapper.

 

THE RUBENS’ HOUSE

Bagian dalam Ruben’s House

 

Kita diajak untuk mengenal Peter Paul Rubens yang terkenal dengan lukisan Barok dan detil bagian tubuh yang berisi dan berotot ini di rumahnya sehingga kita juga bisa melihat berbagai perabotan yang dulu pernah digunakannya. Rubens dikenal sebagai pelukis yang sangat cerdas, sekaligus businessman serta diplomat sehingga dia menjadi salah satu pelukis yang paling kaya pada abad ke-17. Di bagian belakang kita bisa bersantai di taman bergaya Gotik.

Tiket masuk: EUR 10

Jam buka: 10.00–17.00 (Selasa-Minggu)

 

PLANTIN-MORETUS MUSEUM

 

Museum ini didedikasikan untuk revolusioner Christophe Plantin dan menantunya Jan Moretus yang membuat pabrik percetakan buku yang pertama di dunia yang menjadikannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Dekorasi museum ditata secara menarik sehingga pengunjung seperti berada di suasana 440 tahun yang lalu di mana para pekerja mencetak lembaran kertas untuk dijadikan buku.

Tiket masuk: EUR 8

Jam buka: 10.00 – 17.00 (Selasa-Minggu)

Info Tambahan:

Tak jauh dari Plantin-Moretus Museum kita bisa mampir ke De Vagant Café yang menyediakan lebih dari 200 jenis genevieve (gin) yang dipercaya berasal dari Brabant yang dulunya masih menjadi wilayah Antwerp. Namun karena dijual melalui Belanda yang dulunya juga menguasai Low Countries, banyak orang mengira minuman ini berasal dari sana.

 

ST. PAUL’S CHURCH

The Calvary di St.Paul’s Church

 

Mampirlah sejenak ke St.Paul’s Church yang nggak jauh dari Platin-Moretus Museum karena memiliki taman yang berhiaskan The Calvary, yaitu patung berbagai malaikat dengan arsitektur khas Dominica, yang memperlihatkan hiasan berupa tulang belulang yang kontras untuk menggambarkan surga dan neraka.

 

CATHEDRAL OF OUR LADY ANTWERP

Alasan utama mengapa katedral ini menjadi tempat yang mesti dikunjungi adalah karena koleksi lukisannya yang berasal dari The Royal Museum Antwerp yang masih direnovasi hingga 2019. Maka kita masih bisa menikmati koleksi lukisan masterpieces “REUNION” dari Quinten Metsijs hingga Peter Paul Rubens. Katedral ini menjadi satu-satunya gereja yang memiliki koleksi patung temporer, yaitu “The Man Who Bares The Cross” karya Jan Fabre yang terkesan nyentrik, dibandingkan ornamen lainnya.

Tiket masuk: EUR 6

Jam buka: 10.00–17.00 (Senin-Jumat), 10.00–15.00 (Sabtu), 13.00–16.00 (Minggu dan hari libur nasional)

               

Fakta Unik

- Karena tidak memiliki belfry (menara pengawas), Kota Antwerp menjadikan Cathedral of Our Lady sebagai belfry karena merupakan bangunan tertinggi di kota.

Cathedral of Our Lady dijadikan belfry karena paling tinggi

 

- Masterpiece terbaik kedua di altar Cathedral of Our Lady Antwerp adalah “The Descent from the Cross” yang merupakan lukisan yang menggambarkan beberapa kisah hidup Yesus.

Altar utama di Cathedral of Our Lady

 

- Di pusat kota Antwerp kita akan banyak melihat patung Bunda Maria di pojokan bangunan. Dulunya, apabila warga memasang patung Bunda Maria dan memfasilitasinya dengan lampu jalanan, pajaknya akan dikurangi. Bunda Maria memang dianggap sebagai pelindung Kota Antwerp. Maka katedralnya pun dibangun untuk menghormati Bunda Maria.

 

MUSEUM AAN DE STROOM

Salah satu ruang pamer di Museum Aan de Stroom

 

Untuk mengenal Kota Antwerp, sejarah dan warganya dalam waktu singkat, kita hanya perlu menghabiskan 2 jam di museum kota yang modern ini. Pameran ditata secara menarik dengan panduan multimedia. Kita tidak perlu membaca penjelasan panjang, melainkan cukup menonton film atau mendengar rekaman melalui headphone. Di puncaknya, kita bisa melihat keindahan Kota Antwerp, terutama keadaan sekitar pelabuhan kota. Untuk ke puncak panorama ini tidak dikenakan biaya tambahan.

Tiket masuk: EUR 10 (atau EUR 5 tanpa temporary exhibition)

Jam buka museum: 10.00–17.00 (Selasa-Jumat), 10.00–18.00 (Sabtu-Minggu)

Jam buka puncak panorama: 09.30– 24.00 (Selasa-Minggu)

 

DE KONINCK BEER BREWERY

Walaupun letaknya yang sedikit di luar pusat kota, MyTrip sangat merekomendasikan beer brewery berkonsep Willy Wonka Chocolate Factory ini. Kita bukan lagi mendengarkan penjelasan dari tour guide, melainkan berasa seperti masuk ke dalam wahana yang membuat kita terpesona dengan seni pembuatan bir melalui film komedi, perangkat interaktif dan simulator. Pengunjung dewasa maupun anak-anak akan terpingkal, kaget serta terkagum-kagum sepanjang tur yang memakan waktu +/-1 jam ini. Di akhir tur pengunjung dewasa bisa mencoba 3 bir terbaik khas De Koninck.

 

Mencicipi 3 jenis De Koninck Beer

 

Ke sini: Dari Antwerp Central Station, kita hanya perlu naik bus No. 17 dan turun di Antwerp Harmonie. Dari situ cukup jalan kaki +/-5 menit saja.

Tiket masuk: EUR 14

Jam buka: 10.00–18.00 (Selasa-Minggu)

 

Artikel lengkap tentang Antwerp pernah dimuat di MyTrip vol 28/2016, untuk pembelian edisi tersebut silakan hubungi mytrp_idm@yahoo.com atau WhatsApp 0811821006.

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Shutterstock, Visit Brussels, Visit Flanders

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


911

Back to Top