WISATA KOMPLET DI ROTTERDAM

WISATA KOMPLET DI ROTTERDAM

Wednesday, 02-01-2019 | 23:03

Jembatan Erasmus

 

Kota Rotterdam terkenal sebagai kota pelabuhan paling sibuk di dunia. Namun di balik itu, kota ini juga memiliki ikon wisata yang sangat terkenal. Mulai dari Markthal yang jadi pusat wisata kuliner, Jembatan Erasmus, gedung bergaya modern seperti Rumah Kubik hingga museum. Dan tak jauh dari Rotterdam ada satu desa yang terkenal akan kincir anginnya. Komplet deh!

 

Panduan ke Belanda baca dulu di sini.

 

CARA KE ROTTERDAM

Sangat mudah diakses dari berbagai kota, baik dari Amsterdam maupun Den Haag. Yang paling gampang dan nyaman tentu dengan kereta.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

MARKTHAL (MARKET HALL)

Alamat: Dominee Jan Scharpstraat 298, Rottterdam

Jam buka: 10.00-20.00 (Senin-Kamis, Sabtu), 10.00-21.00 (Jumat), 12.00-18.00 (Minggu)

 

 

Gedung berbentuk persegi ini di dalamnya adalah pasar yang menjanjikan kuliner nikmat. Ya, di dalam gedung ini terdapat 15 toko makanan serta 8 restoran dengan luas hampir sama dengan lapangan bola. Toko makanannya kebanyakan menjajakan keju, aneka cokelat, serta daging. Restorannya kebanyakan menu Eropa. Kalau kangen makanan negeri sendiri mendingan melangkahkah kaki sekitar 500 m ke arah depan kiri Markthal, karena di sana terdapat Restoran Anugerah yang menyajikan menu seperti nasi campur, nasi kuning, gado-gado dan sebagainnya. Harga berkisar EUR 5-12,50. Restoran masakan Indonesia ini tepatnya berada  di Botersloot 54A, 3011 HJ, Rotterdam.

 

Nasi campur Restoran Anugerah

 

Di pelataran sekitar Markthal ada juga pasar terbuka atau pasar tenda yang menjual berbagai macam mulai dari baju, perlengkapan sepeda, dsb. Cuma, pasar tenda itu hanya buka hingga pkl 17.00.

 

RUMAH KUBIK

Alamat: Overblaak Street, Rotterdam

 

 

Tidak jauh dari Markthal terdapat komplek Rumah Kubik (Cubic House atau Kubuswoningen). Bentuk rumahnya memang kotak seperti kubus. Rumah Kubik mulai muncul tahun 1970-an yang salah satunya dibangun pengembang Piet Blom. Ada sekitar 10 rumah kubus yang bentuknya menyatu sehingga terkesan indah. Di sini wisatawan biasanya hanya berfoto ria atau keliling pelatarannya aja, karena rumah-rumah itu biasanya dijadikan kantor atau tempat tinggal, nggak bisa dimasuki.

 

MUSEUM BOIJMANS VAN BEUNINGEN

Alamat: Museumpark 19-20, Rotterdam

Jam buka: pkl.11.00-17.00 (setiap hari kecuali Senin).

Tiket masuk: EUR 20 untuk dewasa (selama ada pameran “Pure Rubens” 8 September 2018-13 Januari 2019), <18 tahun gratis

 

 

Museum ini merupakan salah satu museum tertua di Belanda, dibuka tahun 1935. Museum yang  dirancang oleh arsitek l Van der Steur ini menyimpan koleksi lebih dari 140.000 karya seni seperti lukisan, patung dan benda sehari-hari. Di dalam ruangan museum kita bisa melihat beberapa karya indah pelukis ternama seperti Salvador Dali, Rembrandt, Monet, Van Gogh ataupun Mondriaan. Di luar ruangan atau di tamannya kita bisa mengagumi patung-patung.

 

DESA KINDERDIJK, LEKKERLAND

Desa Kinderdijk di Kota Lekkerland, Provinsi Holland Selatan, terkenal dengan ikon kincir anginnya yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997. Desa ini memiliki 17 kincir angin yang sudah berdiri sejak abad ke-18, dan saat ini ada beberapa kincir angin yang masih difungsikan untuk menjaga ketinggian air. Sebenarnya saat ini untuk menjaga level air di desa itu sudah digunakan cara yang modern, karena posisi desa ini hampir 7 m di bawah permukaan air laut.

 

 

Cara ke sini: Dari Kota Rotterdam diawali dari Stasiun Rotterdam Centraal naik metro menuju stasiun metro Rotterdam Zuidplein, kemudian pindah naik bus 90 jurusan Utrecht, turun di Alblasserdam. Atau dari Stasiun Utrecht Centraal naik bus 90 ke Rotterdam Zuidplein, berhenti di Alblasserdam. Bus 90 satu-satunya bus yang rutenya berhenti di area pintu masuk The World Heritage Kinderdijk.

 

Jam buka: 10.00–16.30 (Januari-Februari, November-Desember), 09.00-17.30 (Maret-Oktober),

Tiket masuk:

- Khusus Januari 2019 selama masa maintenance rutin: EUR 4,50 (dewasa), EUR 2,50 (anak-anak 4-12 tahun), gratis untuk anak-anak <4 tahun.

- Harga tiket normal: EUR 8 (dewasa; beli online dapat diskon EUR 1), EUR 4,50 (anak-anak 4-12 tahun).

Tips:

- Lebih disarankan jalan kaki, selain gratis, menyehatkan dan jaraknya nggak jauh (+/-1 km dari pintu masuk utama).

- Disarankan beli tiket lewat online karena dapat diskon.
 

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


799

Back to Top