24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 2)

24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 2)

Saturday, 28-05-2016 | 18:25

Ternyata tidak hanya orang saja yang mempunyai nama lain atau alias (a.k.a), negara pun memiliki julukan tersendiri. Entah karena mitos, sejarah, budaya, seni, cinderamata, desain, bangunan dan masih banyak alasan lain yang menjadikan negara tersebut mempunyai julukan tersendiri. Coba simak 30 negara yang tersebar di seluruh muka bumi ini mendapat julukan karena apa?

9. INDIA = ANAK BENUA

Sebagian wilayah Asia Selatan di mana India berada memiliki lempeng tektonik sendiri yang disebut Lempeng India, terpisah dari lempeng-lempeng di sekitarnya. India sendiri sebenarnya adalah benua kecil yang kemudian bertubrukan dengan Lempeng Eurasia yang hingga sampai saat ini masih terus bergerak ke arah utara dan mengakibatkan Pegunungan Himalaya semakin tinggi dalam beberapa dasawarsa. Ini juga yang mengakibatkan India menjadi daratan yang lebih luas dari masa ke masa, dan karenanya disebut Anak Benua.

 

10. INDONESIA = NEGARA MARITIM DAN ZAMRUD KATULISTIWA

Negeri kita yang indah telah menjadi rebutan sejak dulu kala. Berbagai negara berusaha memiliki Indonesia karena potensi dan keindahan alamnya. Belasan ribu pulau membentang yang terpisahkan oleh laut dan selat, juga jajaran gunung berapi, telah menjadi harta karun terpendam dan mata pencaharian bagi sebagian masyarakat Indonesia. Itulah kenapa Indonesia disebut Negara Maritim. Namun bila ditinjau dari sisi geografisnya, seluruh wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan membujur dari Sangir Talaud sampai Rote ini dilalui garis katulistiwa. Didukung oleh iklim tropis, membuat tingkat kesuburan seluruh tanah di Indonesia sangat luar biasa. Nilai dan potensi Indonesia yang tak dimiliki negara lain ini yang menjadikan Indonesia diibaratkan sebagai zamrud yang tak ternilai harganya yaitu Zamrud Katulistiwa.

  

11. INGGRIS = BLACK COUNTRY

Inggris sejak zaman dahulu telah unggul dalam perekonomian, dan yang menjadi kebanggaan mereka adalah banyaknya industri di mana-mana dengan mesin-mesin besarnya. Pusat industri Inggris saat itu berada di Birmingham dan Sheffield. Begitu banyaknya pabrik yang mengeluarkan asap polusi dari cerobong besar menjadikan langit tertutup warna hitam. Sejak saat itulah Inggris disebut Black Country.

 

12. IRAK = NEGERI 1001 MALAM

Kisah ini terjadi pada masa Irak masih menjadi bagian dari  kawasan Persia. Perjuangan seorang istri selama 1001 malam agar terhindar dari hukuman mati Sang Sultan (Raja) yang merasa sakit hati dan dendam pada dirinya sebagai istri pertama yang tertangkap basah selingkuh. Wanita ini menceritakan tentang Aladin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Alibaba dan lainnya, namun cerita dibuatnya selalu berakhir “menggantung” sehingga membuat penasaran Sang Sultan. Alhasil hukuman mati selalu ditunda setiap harinya. Kisah ini berakhir happy ending karena Sang Sultan dapat kembali mencintai istrinya serta melupakan dendam dan sakit hatinya.

 

13. JEPANG = NEGERI SAKURA DAN MATAHARI TERBIT

Kata “Nihon” yang digunakan pada masa kekaisaran China Dinasti Sui (589-618) untuk menyebut Jepang, maksudnya Jepang berada di sisi timur Negara China. Sisi itu merupakan sudut di mana matahari terbit. Atau bila kita berada di China seolah matahari terbit dari Negara Jepang. “Nihon” sendiri berarti “Asalnya Matahari”.  Sedangkan sakura adalah bunga yang konon hanya bisa tumbuh di Jepang (kenyataannya tidak) dan di awal musim semi selalu digelar perayaan “Hanami” sebagai simbol kebahagiaan karena bunga sakura mulai bermekaran.

 

14. KOREA = NEGERI GINSENG

Korea di masa awalnya dihuni imigran dari China Utara dan Manchuria. Bentuk pengobatannya pun pada akhirnya berkembang mirip-mirip dengan China yang menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasarnya, salah satunya ginseng. Namun belakangan diketahui tanaman ginseng di Korea jauh lebih banyak dari China, baik yang tumbuh liar maupun ditanam secara sengaja.  Korea pun menjadi pengekspor ginseng terbesar ke Jepang, Asia dan Eropa karena manfaat kesehatan dan pengobatannya.

 

15. KUBA = NEGERI CERUTU

Cerutu yang diambil dari bahasa Tamil berarti “gulungan”, pada awalnya merupakan gulungan utuh daun tembakau yang dikeringkan dan difermentasikan. Sedangkan tembakau kering yang hancur dimasukkan ke dalam “rokok”.  Ada beberapa negara penghasil tembakau namun Kuba adalah yang terbaik karena tanaman di Kuba (Havana) ini tumbuh di daerah berangin kencang yang berakibat tanaman ini lebih kuat dan tebal.  Masa kini teknologi rokok dan cerutu semakin canggih, tersedia berbagai macam ukuran dan rasa. Namun tetap saja seluruh dunia mengakui bahwa cerutu dari Kuba tetap yang terbaik.

 

16. MESIR = NEGERI FIRAUN DAN PIRAMIDA

Firaun diyakini berasal dari kata Ibrani Paroh.  Awalnya ini adalah istilah untuk istana kerajaan yang lama-lama berarti penghuni istana yaitu Sang Raja dengan kekuatan dan kekuasaan yang menyeluruh di Negeri Mesir. Setelah meninggal raja-raja di Mesir pada umumnya dimakamkan dengan membawa seluruh kekayaannya. Namun karena maraknya penjarahan makam, dibuatlah piramida untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Makam Raja Mesir Kuno yaitu Firaun yang diletakkan di piramida tidak dibuat sembarangan. Para insinyur menghitung begitu detilnya sampai perhitungan ke matahari yang pada masa itu sangat didewakan, sehingga sampai detik ini piramida di Mesir adalah piramida terbaik melebihi piramida Bangsa Maya di Meksiko.

 

(Bersambung)

Teks: Fransiskus Ipang K Foto: Istimewa, Mayawati NH, Shutterstock

1 COMMENTS


Yati Pratondo May 29, 2016 Reply

Di dafar ini cuma Irak yg blum sy kunjungi. Smg suatu saat nanti bisa kesana.


800

Back to Top