JAWA TIMUR JUGA PUNYA GILI LHO, GILI KETAPANG NAMANYA

JAWA TIMUR JUGA PUNYA GILI LHO, GILI KETAPANG NAMANYA

Monday, 22-10-2018 | 23:11

 

Nama Gili Trawangan memang sudah sangat tenar. Wajar, karena Gili Trawangan memang menyajikan pesona bahari yang paling mumpuni dibanding gili-gili lain di Lombok. Tapi pernahkah kalian mendengar gili yang ada di Pulau Jawa? Di Jawa Timur ada lho satu gili yang sangat fenomenal, namanya Gili Ketapang.

 

Gili Ketapang merupakan sebuah desa sekaligus pulau kecil yang berada di Selat Madura atau sekitar 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif Gili Ketapang masuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sebagian besar masyarakat Gili Ketapang adalah suku Madura yang setiap harinya bermata pencaharian sebagai nelayan.

 

 

Gili Ketapang merupakan pulau berpasir putih dengan pemandangan air laut yang biru. Di sana kalian bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan menyusuri pantai dari ujung ke ujung, bersantai di gazebo, berenang di tepi pantai dan tentu saja snorkeling.

 

Gili Ketapang memiliki kekayaan bawah laut yang sangat menawan. Tercatat ada 3 lokasi snorkeling yang bisa kalian nikmati, di antaranya 1 spot di sisi selatan dan 2 spot di barat daya pulau atau masing-masing hanya berada sekitar 100 m dari pantai.

 

 

Dengan airnya yang begitu jernih dan memiliki banyak koleksi terumbu karang, dipastikan kalian akan puas dengan suguhan Gili Ketapang. Selain terumbu karang yang super cantik, di lokasi ini kalian akan menemukan banyak sekali ikan nemo (ikan badut/ clownfish) yang berseliweran ke sana ke mari.

 

Baca juga: "Kalau ke Probolinggo Mampirlah ke Gereja Merah Made In Belanda Ini"

 

Setelah puas snorkeling, para ibu penjual di Gili Ketapang telah menyiapkan hidangan makan siang dengan menu ikan laut. Biasanya ikan yang dipilih adalah ikan kembung lengkap dengan lalapan beserta sambalnya. Sangat menyenangkan menikmati makan siang di tepi pantai, belum lagi ditambah dengan segarnya es kelapa muda yang banyak dijual di sekitaran pantai.

 

 

Buat kalian yang ingin memanjakan mata di pulau kecil ini, ambilah penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Juanda Sidoarjo Surabaya. Sesampainya di sana, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, menggunakan kendaraan sewaan dengan jarak kurang lebih 110 km atau butuh waktu sekitar 3 jam.

 

Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Tembaga, parkirkan kendaraan kalian untuk melanjutkan perjalanan menggunakan perahu motor dengan tarif Rp10.000/ penumpang sekali jalan dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Sementara untuk menikmati aktivitas seperti snorkeling, ada baiknya kalian menggunakan jasa paket wisata dengan tarif Rp100.000/ orang lengkap dengan fasilitas penyeberangan PP, life jacket, snorkeling set, dokumentasi underwater, pemandu dan makan siang.

 

 

Untuk urusan fasilitas umum di Gili Ketapang sudah bisa dibilang lengkap, telah disediakan kamar mandi umum untuk bilas atau ganti pakaian, warung dan juga mushola.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


438

Back to Top