KE SINI YUK, KE RAJA AMPATNYA BLITAR

KE SINI YUK, KE RAJA AMPATNYA BLITAR

Tuesday, 12-03-2019 | 22:59

Raja Ampatnya Blitar

 

Siapa sih yang tak kenal Raja Ampat, gugusan pulau-pulau cantik di Indonesia bagian paling timur. Raja Ampat memang selalu menjadi favorit para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Tapi seiring berjalannya waktu muncul ‘Raja Ampat’ lainnya di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Sebut saja di Provinsi Jawa Timur lewat Pantai Kasap di Kabupaten Pacitan yang mencuat namanya berkat panoramanya yang hampir serupa dengan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Selain Pantai Kasap, ternyata di provinsi yang sama masih ada satu lagi miniatur Raja Ampat. Namanya Pantai Peh Pulo yang terletak di Kabupaten Blitar.

 

Baca juga: “Yuk Berinteraksi Langsung dengan Kawanan Rusa di Blitar

 

Pantai Peh Pulo tepatnya berlokasi di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Inilah pantai yang digadang-gadang sebagai Raja Ampatnya Blitar dan diprioritaskan menjadi destinasi bahari unggulan. Namun tidak mudah untuk mendapatkan view terbaik di pantai yang berdampingan dengan Pantai Pasir Putih ini, sebab diperlukan usaha ekstra dengan menaiki perbukitan yang cukup terjal dan berkelok dengan jarak berkisar 400 m dari lokasi parkir kendaraan.

 

Trippers perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menempuh perjalanan menuju puncak bukit. Trekking pada 250 m pertama, Trippers nantinya akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan untuk menuruni bukit. Setelah menuruni bukit tersebut, sampalah Trippers di Pantai Peh Pulo. Dari pantai yang berpasir putih ini pemandangan gugusan pulau-pulau kecil sudah terlihat meski dari jarak yang jauh dan kurang sempurna.

 

Pantai Peh Pulo

 

Jangan berhenti di sini, tetaplah berjalan menyusuri pantai hingga menemukan jalan sempit yang dikelilingi akar pepohonan hingga bentuknya menyerupai gua. Panjang jalan gua berjarak sekitar 15 m saja sampai akhirnya menemukan sebuah kamar mandi umum. Dari kamar mandi umum teruslah naik sekitar 150 m dan tibalah di puncak bukit, lokasi yang biasa dipakai untuk melihat pulau-pulau kecil dengan lebih jelas.

 

Pantai Peh Pulo dilihat dari atas bukit

 

Pantai Peh Pulo memang bisa dinikmati dengan 2 cara di atas dan memiliki keunggulan masing-masing. Jika pengunjung ingin menikmati suasana pantai berpadu putihnya pasir, silakan menuju kawasan pada 250 m pertama tanpa mendapatkan pemandangan pulau-pulau dari jarak dekat. Sementara jika ingin mendapatkan panorama pulau-pulau lebih jelas, silakan menuju kawasan perbukitan di jarak 400 m tanpa bisa menikmati air pantai dan pasir putih.

 

Saat ini Pantai Peh Pulo masih dalam tahap pengembangan. Tiket masuk dan biaya parkir masih digratiskan. Sementara fasilitas umum yang tersedia baru warung makan dan kamar mandi. Bagi Trippers yang ingin menuju Pantai Peh Pulo, bisa mengaksesnya dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dengan jarak sekitar 90 km atau kurang lebih 3,5 jam berkendara.

 

Artikel lengkap tentang Blitar dimuat di majalah MyTrip vol 37/2019. Untuk pembelian edisi tersebut bisa hubungi mytrip_idm@yahoo.com atau WhatsApp 0811821006.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


483

Back to Top