AIR TERJUN DLUNDUNG, TEMPAT WISATA KELUARGA DI LERENG GUNUNG WELIRANG

AIR TERJUN DLUNDUNG, TEMPAT WISATA KELUARGA DI LERENG GUNUNG WELIRANG

Monday, 28-01-2019 | 00:55

 

Air Terjun Dlundung yang terletak di lereng Gunung Welirang tepatnya di Dusun Ketapang Desa Kemloko Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur merupakan wisata alam yang sangat ramah bagi siapa pun termasuk anak-anak. Tak heran, Air Terjun Dlundung sering menjadi alternatif wisata keluarga yang berkunjung ke Mojokerto terutama ke dataran tinggi Trawas.

 

Air Terjun Dlundung memiliki ketinggian 60 m dan menempati lahan seluas kurang lebih 4,5 ha. Kawasan ini didominasi perbukitan serta jajaran pepohonan pinus yang mengapit jalan utama dari pintu masuk tempat wisata hingga lokasi air terjun. Jalan dari pintu masuk hingga lokasi air terjun sudah berupa jalan permanen yang cukup lebar, sehingga sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk tetap menggunakan kendaaraannya baik roda 2 maupun roda 4. Setibanya di lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 100 m hingga akhirnya tiba di lokasi air terjun.

 

 

Keelokan air terjun yang berada di lereng Gunung Welirang ini memang tak terbantahkan. Airnya selalu jernih meskipun saat hujan deras mengguyur, sebab aliran air langsung muncul dari sumber mata air dan bukan dari aliran deras kiriman Gunung Welirang. Nuansa alam pegunungan di tempat ini pun begitu terasa, berhawa sejuk dan teduh dengan dikelilingi pepohonan besar. Pengunjung bisa pula berbasah-basahan di kolam alami dengan kesegaran airnya tepat di bawah air terjun dengan aman, sebab debit airnya tidak begitu deras. Sementara bagi pengunjung yang ingin berkemah, tersedia pula camping ground di kawasan ini.

 

 

Tempat wisata indah ini mudah dicapai baik dari Surabaya maupun Malang. Jaraknya tak terlalu berbeda, yakni dari Bandara Abdulrachman Saleh Malang berkisar 55 km dan dari Bandara Juanda Surabaya berkisar 50 km atau kurang lebih sama-sama membutuhkan waktu 1,5 jam berkendara.

 

Tersedia fasilitas umum yang lengkap seperti tempat makan yang berlokasi di dekat lokasi parkir, kamar mandi umum dan mushola. Untuk tiket masuk ke air terjun saja dikenakan biaya Rp12.500 per orang, sementara jika ingin berkemah dikenai biaya tambahan sebesar Rp10.000 per orang dengan membawa tenda pribadi. Biaya parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 dan kendaraan roda 4 sebesar Rp5.000.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


724

Back to Top